Saham

Ini Dia, Saham Terbaik Sektor Perbankan di Indonesia 2021

Salah satu sektor saham terbaik yang banyak diincar oleh para investor adalah di sektor perbankan, hal ini didukung dengan kinerja yang terus membaik dari perusahaan finansial yang ada di Indonesia.

Maka tak mengherankan jika sektor perbankan mempunyai daya tarik yang menggiurkan oleh para caon investor di pasar modal.

Karena sektor perbankan memiliki prospek paling menjanjikan di antara jajaran emiten yang lain dan termasuk dalam kategori saham terbaik di Indonesia saat ini.

Alasannya jika dibandingkan dengan sektor lain emiten perbankan mengalami diskon harga paling besar dibandingkan emiten lainnya sehingga valuasi emiten-emiten tersebut sangat menarik.

Hal ini mendorong banyak investor untuk membeli saham di sektor ini karena harganya yang lebih rasional jika dibandingkan dengan emitan lain yang jauh lebih mahal.

Meski kinerja sektor perbankan menurun akibat adanya pandemi covid namun para pakar mengatakan sektor perbankan masih sangat potensial untuk dikoleksi.

Dengan melihat keadaan sekarang maka asa optimistis sektor perbankan memiliki kans besar untuk bangkit lebih cepat saat ekonomi memasuki masa pemulihan.

Dikutip dari bisnis.com pada kuartal I/2020 emiten perbankan masih mencatatkan pertumbuhan, memang mungkin akan melambat tetapi dengan telah dibukanya kembali ekonomi akan mengurangi dampak penurunan ekonomi terhadap sektor perbankana.

Dengan demikian menetapkan sektor perbankan sebagai pilihan terbaik masih sangat rasional dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai merangkak perlahan dengan adanya kebijakan new normal.

Lalu sektor perbankan apa saja yang layak dikoleksi untuk para investor? Nah kali ini kami akan merangkum khusus buat sobat sahamtop semuanya tentang saham terbaik di sektor perbankan yang Anda bisa beli.

Baca juga: Inilah Saham Terbaik Subsektor Properti dan Real Estate di Indonesia: Pilihan Investor

Langsung saja yuk ke sektor perbankan yang pertama:

BBRI (PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk )

PT Bank Rakyat Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam sektor perbankan. Perusahaan ini beroperasi di bawah nama Bank BRI.

Produk-produknya meliputi rekening tabungan, giro, dan deposito.Perusahaan ini juga menawarkan beragam pinjaman, seperti pinjaman modal kerja dan pinjaman investasi.

Selain perbankan konvensional, perusahaan ini juga menawarkan layanan perbankan Syariah melalui anak perusahaannya, PT Bank BRI Syariah.

Anak perusahaan lainnya meliputi PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk, yang bergerak dalam sektor perbankan, dan BRI Remittance Co Ltd, yang menawarkan jasa pengiriman uang.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membukukan laba bersih secara konsolidasian mencapai Rp 14,12 triliun di kuartal III 2020. … Dari sisi kinerja, BRI telah menyalurkan kredit sebesar Rp 935,35 triliun secara konsolidasioan.

BBCA (PT Bank Central Asia Tbk)

PT Bank Central Asia Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam sektor perbankan.

Perusahaan ini mengoperasikan bank dengan nama Bank BCA atau BCA. Selain perbankan konvensional, Perusahaan juga menawarkan layanan perbankan Syariah, PT Bank BCA Syariah.

Anak perusahaan lainnya adalah PT BCA Finance, yang bergerak dalam bisnis pembiayaan; PT BCA Sekuritas, yang menyediakan layanan penjaminan dan perantara sekuritas; PT Asuransi Umum BCA, yang menyediakan asuransi umum, dan BCA Finance Ltd, yang bergerak dalam bisnis peminjaman uang.

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia BCA semakin mendominasi dari valuasi yang telah didapatkan dan sudah tak terhitung lagi penghargaan yang sudah diperoleh dari perusahaan ini.

Meski menurun, namun secara kuartalan, laba BBCA tumbuh signifikan 37,8% (qtq) menjadi Rp 7,79 triliun sepanjang kuartal III-2020. Sementara pada kuartal II-2020 laba bersih BBCA senilai Rp 5,65 triliun, dan Rp 6,58 triliun pada kuartal I-2020.

BBTN (PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk)

BTN Prioritas

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam sektor perbankan. Perusahaan ini mengoperasikan banknya dengan nama Bank BTN.

Produk-produknya meliputi tabungan, giro, dan deposito. Perusahaan ini juga menawarkan beragam pinjaman, seperti KPR, pinjaman investasi, dan pinjaman modal kerja.
Selain perbankan konvensional, perusahaan ini juga menawarkan layanan perbankan Syariah. Jaringan kantornya terdiri atas cabang dan cabang pembantu yang berada di seluruh Indonesia.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) di kuartal III 2020 mencatatkan laba bersih Rp 1,12 triliun atau tumbuh 39,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 801 miliar. Hingga akhir tahun, BTN menargetkan bisa mencapai laba bersih Rp 1,2 triliun.

BBNI (PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanua bergerak dalam sektor perbankan. Perusahaan beroperasi di bawah nama Bank BNI atau BNI.

Produk dan layanan utama Perusahaan mencakup kartu kredit, rekening simpanan, rekening giro dan deposito tetap, serta berbagai jenis pinjaman seperti pinjaman perumahan dan pinjaman konsumen lainnya.

Selain perbankan konvensional, Perusahaan juga menyediakan layanan perbankan Shariah melalui anak usahanya, PT Bank BBNI Syariah.

Anak usaha lainnya termasuk PT BNI Life Insurance, yang menyediakan asuransi jiwa; PT BNI Multifinance, yang bergerak dalam bidang pembiayaan bisnis; PT BNI Securites, yang menyediakan jasa penjamin emisi efek dan perantara pedagang efek, dan BNI Remittance Ltd, yang menyediakan jasa pengiriman uang.

Kinerja emiten perbankan berkode saham BBNI ini disebut masih cukup positif pada semester I/2020. Pada sisi pembentukan aset, totalnya tumbuh 4,4 persen (yoy) dari Rp843,21 triliun menjadi Rp880,12 triliun. Laju kenaikan aset tersebut masih relatif sama dibandingkan dengan tahun lalu yang tumbuh 4,6 persen (yoy).

Baca juga: Prospek Menjanjikan, Inilah 5 Saham Terbaik di Subsektor Kesehatan

BMRI (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk)

BMRI

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam sektor perbankan. Perusahaan ini beroperasi dengan nama Bank Mandiri.

Produk-produknya meliputi tabungan, giro, dan deposito. Perusahaan ini juga menawarkan beragam pinjaman, seperti KPR, pinjaman modal kerja, dan pinjaman investasi.

Selain perbankan konvensional, perusahaan ini juga menawarkan layanan perbankan Syariah melalui anak perusahaannya, PT Bank Syariah Mandiri.

Anak perusahaannya yang lain mencakup PT AXA Mandiri Financial Services dan PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia, yang menyediakan asuransi jiwa;

PT Mandiri AXA General Insurance, yang menyediakan asuransi umum; PT Mandiri Tunas Finance, yang bergerak dalam bisnis pembiayaan; PT Mandiri Sekuritas, yang menyediakan layanan penjaminan emisi sekuritas dan pialang (brokering).

Selain itu ada PT Bank Sinar Harapan Bali dan Bank Mandiri (Europe) Ltd, yang bergerak dalam sektor perbankan, dan Mandiri International Remittance Sdn Bhd, yang menawarkan jasa pengiriman uang.

Walau tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tetap optimistis kinerja masih bisa terjaga bahkan tumbuh. Di kuartal III-2020 realisasi kredit tumbuh 3,79% secara yoy dari Rp 841,85 triliun menjadi Rp 873,72 triliun.

BNII (PT Bank Maybank Indonesia)

PT Bank Maybank Indonesia merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam sektor perbankan.

Kegiatan usaha Perusahaan terbagi ke dalam tiga segmen usaha: Perbankan Global yang mencakup perbankan korporat, layanan transaksi dan pasar global.

Community Financial Services (CFS) yang merupakan integrasi fungsi perbankan ritel dan bisnis yang mencakup dana pihak ketiga, pinjaman bisnis, pinjaman usaha kecil dan menengah, kredit kepemelikan rumah dan lainnya, serta jasa Perbankan Syariah.

Jaringan kantor Perusahaan meliputi cabang, anak cabang dan kantor kas yang berlokasi di seluruh Indonesia.

Anak usaha Perusahaan adalah PT Maybank Finance, yang sebelumnya dikenali sebagai PT BII Finance Center, dan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk, kedua anak usaha bergerak dalam bidang pembiayaan, serta terdapat juga may bank sekuritas sebagai unit usaha lain.

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) berhasil menjaga kinerja yang positif selama pandemi. Sepanjang semester I-2020, Maybank meraih pertumbuhan laba 7% (yoy) menjadi Rp 809,7 miliar.

BDMN (PT Bank Danamon Indonesia Tbk )

Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk merupakan sebuah bank yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam bidang pelayanan perbankan.

Kegiatan utama Perusahaan terbagi ke dalam tiga segmen: Retail, Mid size dan Wholesale. Segmen usaha Retail meliputi jasa perbankan ritel yang mencakup pinjaman pribadi tanpa agunan, kredit perumahan/tempat tinggal, penerbitan kartu kredit, bisnis asuransi, pembiayaan konsumen dan jasa pengadaian.

Segmen usaha Mid size menyediakan jasa perbankan komersial untuk usaha kecil dan menengah, yang mencakup fasilitas Overdraft yaitu fasilitas pinjaman jangka pendek untuk modal kerja dengan opsi perpanjangan tenor.

Segmen usaha Wholesale fokus kepada penyediaan jasa perbankan korporasi, institusi keuangan dan tresuri, seperti pengelolan kas, kebutuhan modal kerja, kredit investasi, Trade Finance dan Financial Supply Chain.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengumumkan laporan keuangan untuk sembilan bulan pertama tahun 2020. Laba bersih setelah pajak (NPAT) Bank Danamon pada kuartal ketiga 2020 tumbuh menjadi Rp 632 miliar dibandingkan kuartal sebelumnya.

BNGA (PT Bank CIMB Niaga Tbk)

PT Bank CIMB Niaga Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam sektor perbankan. Selain perbankan konvensional, perusahaan ini juga menawarkan layanan perbankan Syariah.

Jaringan kantornya terdiri atas cabang, cabang pembantu, dan kantor pembayaran yang berada di seluruh Indonesia. Perusahaan ini juga bergerak dalam sektor pembiayaan melalui anak perusahaannya, PT CIMB Niaga Auto Finance dan PT Kencana Internusa Artha Finance.

Capital Adequacy Ratio (CAR) CIMB Niaga tercatat baik sebesar 20,88 persen per 30 September 2020. Dengan total aset mencapai Rp 281,7 triliun per 30 September 2020, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Baca juga: Layak Dikoleksi, Inilah Rekomendasi Saham Terbaik di Sektor Pertambangan

Itulah saham terbaik di sektor perbankan di Indonesia, dimana perusahaan perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang sudah mapan dan terpercaya di hati masyarkat.

Sektor perbankan merupakan sektor yang menjanjikan ketika Anda tertarik pada dunia investasi saham dan Anda bisa memilih dan menyeleksi bank bank yang sudah kami sajikan di atas tentunya dengan pertimbangan dan aspek yang lain disesuaikan dengan tujuan Anda berinvestasi.

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

Ada Varian Baru Covid-19, Seperti Ini Performa Emiten Saham Minyak

Tanpa terasa pandemi Covid-19 sudah hampir dua tahun melanda Indonesia. Tentu jika melihat apa yang…

3 hari ago

Kenalan dengan NFT, Aset Digital yang Viral di 2021

Dalam beberapa bulan terakhir, nama NFT (Non-Fungible Token) tengah ramai diperbincangkan. Tidak hanya mereka yang…

2 minggu ago

Diborong Konglomerat, Intip Kinerja Saham Emiten Rumah Sakit

Tanpa terasa pandemi Covid-19 sudah hampir dua tahun lamanya melanda seluruh dunia. Perubahan jelas terjadi…

2 minggu ago

Horor Krisis Evergrande, Ada Properti China Gagal Bayar Lagi?

Sepanjang bulan Oktober 2021 kemarin, perekonomian China memang jadi sorotan dunia. Tak lain dan tak…

2 minggu ago

First Jobber Mau Beli Saham? Simak Hal-Hal Berikut Ini!

Lulus kuliah atau sekolah, lalu memperoleh penghasilan dari pekerjaan pertama. Sangat menyenangkan, bukan? Kondisi inilah…

3 minggu ago

Mengenal Berbagai Musim Saham, Kapan Waktu Terbaik Berinvestasi?

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang beresiko tinggi. Namun bukan berarti kita tidak…

1 bulan ago