Inilah Saham Terbaik Subsektor Properti dan Real Estate di Indonesia: Pilihan Investor

Properti dan real estate merupakan salah satu saham terbaik di Indonesia yang selalu dijadikan pilihan yang menarik oleh banyak investor, karena di sektor saham ini kerap menawarkan keuntungan yang menjanjikan lewat keuntungan yang dipaparkan oleh perusahaan.

Bisnis di bidang ini pun semakin bergeliat maju di Indonesia maka tak jarang banyak pengembang atau perusahaan yang memanfaatkan moment ini untuk meraup keuntungan.

Terlebih properti dan real estate merupakan suatu kebutuhan setiap orang dan dalam jangka panjang permintaan dalam bisnis ini semakin banyak karena setiap orang pasti memerlukan properti seperti rumah dan lain sebagainnya.

Dengan melihat kenyataan tersebut maka bisnis dalam sektor ini termasuk bisnis yang begitu menjanjikan terlebih pada keadaan sekarang dimana bisnis properti dan real estate laku keras bak kacang goreng di pasaran.

Banyak orang yang memang membutuhkan properti/real estate entah untuk keperluan tinggal atau juga sebagai alat investasi masa depan yang menguntungkan karena harga jual yang terbilang menjanjikan.

Di dalam pasar modal peruhasan-perusahaan yang bergelut pada bisnis ini pun semakain terus berkembang dalam mendapatkan valuasi dan keuntungan oleh karena itu saham dalam sektor ini termasuk dalam sektor saham terbaik dalam pasar modal.

Baca juga: Catat! Ini Saham Terbaik di Sektor Infrastruktur Utilitas & Transportasi

Lalu apa saja saham terbaik pada sektor properti yang layak untuk dijadikan investasi? Yuk langsung saja ke pembahasan yang pertama:

1. PWON (PT Pakuwon Jati Tbk)

PT Pakuwon Jati Tbk
PT Pakuwon Jati Tbk

PT Pakuwon Jati Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam pengembangan properti. Perusahaan memperoleh pendapatannya dari pendapatan pengembangan dan pendapatan berulang.

Pendapatan pengembangan mencakup pendapatan dari penjualan kondominium, gedung perkantoran, apartemen, kaveling tanah, dan rumah-rumah tapak yang dibangunnya.

Perusahaan telah mengembangkan sejumlah superblok dan kota mandiri di Indonesia, seperti Superblock Tunjungan City, Superblock Kota Kasablanka, Superblock Gandaria City, dan Pakuwon City.

Pendapatan berulang mencakup pendapatan dari penyewaan gedung komersial dan perkantoran serta hotel. Anak perusahaannya termasuk PT Artisan Wahyu, PT Pakuwon Regency, PT Elite Prima Hutama, PT Pakuwon Sentra Wisata, dan PT Grama Pramesi Siddhi.

2. CTRA (Saham PT Ciputra Development)

PT Ciputra Development Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam bidang pengembangan dan manajemen properti hunian.

Perusahaan mengklasifikasikan bisnisnya menjadi dua kelompok: properti hunian dan properti komersial.

Portofolio properti huniannya termasuk CitraGarden City Jakarta, CitraRaya Tangerang, CitraIndah Jonggol, CitraLand Surabaya, CitraLand Bagya City Medan, dan Vida View Apartment Makassar.

Portofolio properti komersialnya termasuk pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, kantor, dan lapangan golf, seperti Somerset Grand Citra Jakarta, Ciputra Mall & Hotel Jakarta, Ciputra Mall & Hotel Semarang, Ciputra World Surabaya, Ciputra World Jakarta, Ciputra Hospital Tangerang, dan CitraDream Hotel Yogyakarta.

Properti perusahaan berada di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dan Surabaya. Anak perusahaannya termasuk PT Ciputra Surya Tbk, PT Ciputra Property Tbk, PT Ciputra Residence, PT Citraland Graha Realty, dan PT Ciputra Indah.

3. BSDE (PT Bumi Serpong Damai Tbk)

BSD City
BSD City

PT Bumi Serpong Damai Tbk merupakan pengembang real estate yang berbasis di Indonesia.

Perusahaan bergerak dalam perencanaan dan pengembangan kota baru, yang merupakan daerah perumahan terencana dan terpadu dengan fasilitas/infrastruktur, fasilitas lingkungan dan taman, yang dirancang untuk menjadi kota mandiri yang disebut BSD City.

Segmen usahanya dibagi menjadi tanah, bangunan industri, rumah, ruko, ruang kantor, pusat pendidikan, bangunan industri, dan hotel.

Proyek Perusahaan dengan nama Bumi Serpong Damai berlokasi di Wilayah Serpong, Wilayah Legok, Wilayah Cisauk, dan Wilayah Pagedangan di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Empat anak perusahaan langsungnya, yaitu PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Wisesa, PT Sinar Mas Teladan, dan PT Bumi Paramudita Mas.

Pada tanggal 24 Januari 2014, perusahaan ini mendirikan anak perusahaannya, yaitu PT Transbsd Balaraja dan PT Duta Mitra Mas. Pada tanggal 11 Februari 2014, perusahaan ini mengakuisisi wilayah komersial Rasuna Epicentrum dari PT Bakrie Swastika Utama.

4. APLN (PT Agung Podomoro Land Tbk)

PT Agung Podomoro Land Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam pengembangan properti.

Portofolio propertinya termasuk Podomoro City, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resorts, Kuningan City, Senayan City, Lindeteves Trade Center, dan Gading Nias Residence.

Propertinya berada di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Batam, Makassar, Bali, dan Balikpapan. Anak perusahaannya termasuk PT Brilliant Sakti Persada, PT Kencana Unggul Sukses, PT Arah Sejahtera Abadi, dan PT Intersatria Budi Karya Pratama.

Baca juga: Layak Dikoleksi, Inilah Rekomendasi Saham Terbaik di Sektor Pertambangan

5. SMRA (PT Summarecon Agung Tbk)

PT Summarecon Agung Tbk
PT Summarecon Agung Tbk

PT Summarecon Agung Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam pengembangan properti.

Perusahaan ini telah mengembangkan beberapa kota mandiri (township) terintegrasi di Indonesia, termasuk Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong, dan Summarecon Bekasi.

Perusahaan ini mengembangkan beberapa properti untuk dijual di dalam kota mandiri tersebut, seperti perumahan tempat tinggal, apartemen, tanah kaveling perumahan, dan kantor kecil/rukan (small offices/house offices/SOHO).

Di dalam kota mandiri, perusahaan juga mengembangkan mal perbelanjaan retail dan properti komersial lainnya yang dikelola dan disewakan, serta fasilitas pendukung untuk kota mandiri, seperti country club, hotel, dan rumah sakit.

Beberapa anak perusahaannya adalah PT Unota Persadajaya, PT Serpong Cipta Kreasi, PT Summarecon Property Development, PT Summarecon Investment Property, PT Anugerah Damai Abadi, PT Bhakti Karya Sejahtera, dan PT Multi Abadi Prima.

6. ASRI (PT Alam Sutera Realty Tbk)

PT Alam Sutera Realty Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam pengembangan properti. Proyek besarnya adalah Alam Sutera, sebuah kota mandiri yang terletak di Serpong, Indonesia; kota mandiri tersebut terdiri atas kompleks perumahan, apartemen, pusat perbelanjaan, dan fasilitas pendukung lainnya.

Proyek lainnya termasuk Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, yang berlokasi di Bali, Indonesia. Anak perusahaannya termasuk PT Delta Mega Persada, PT Duta Prakarsa Development, PT Nusa Cipta Pratama, PT Garuda Adhimatra Indonesia, PT Tangerang Matra Real Estate, Alam Sutera International Pte Ltd., dan Alam Synergy Pte Ltd.

7. SAME (PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk)

PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam mengelola rumah sakit. Rumah sakitnya dioperasikan dengan nama merek Omni Hospital.

Rumah sakit yang perusahaan kelola antara lain Omni Hospital Pulomas, yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, dan Omni Hospital Alam Sutera, yang berlokasi di Tangerang, Indonesia.

Omni Hospital Pulomas menyediakan layanan untuk urologi, neurologi, ortopedi, onkologi bedah, diabetes, dan pediatri, sementara Omni Hospital Alam Sutera menyediakan jasa untuk bedah saraf, kardiologi, ortopedi, urologi, dan penyakit Kawasaki.

Anak perusahaannya termasuk PT Sarana Meditama International, PT Sarana Meditama Anugerah, dan PT Sarana Meditama Nusantara.

8. SSIA (PT Surya Semesta Internusa Tbk)

PT Surya Semesta Internusa Tbk
PT Surya Semesta Internusa Tbk

PT Surya Semesta Internusa Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam penyediaan jasa konstruksi.

Melalui anak perusahaannya, Perusahaan ini menjalankan tiga unit bisnis: pengembangan dan pengelolaan properti, konstruksi, dan perhotelan.

Perusahaan ini mengoperasikan bisnis propertinya melalui PT Suryacipta Swadaya (SCS), PT TCP Internusa (TCP), dan PT Sitiagung Makmur (SAM); SCS mengembangkan dan mengelola Kota Industri Suryacipta, sebuah kawasan industri di Karawang, Indonesia; TCP mengembangkan Tanjung Mas Raya, sebuah kompleks perumahan di Jakarta, Indonesia dan mengelola Graha Surya Internusa, sebuah bangunan komersial di Kuningan, Indonesia; SAM mengembangkan Banyan Tree Ungasan Resort di Bali, Indonesia.

Bisnis konstruksinya dioperasikan oleh PT Nusa Raya Cipta Tbk. PT Suryalaya Anindita International, PT Ungasan Semesta Resort, dan PT Surya Internusa Hotels menjalankan bisnis perhotelannya. Perusahaan juga berinvestasi di perusahaan lain melalui PT Enercon Paradhya International.

9. LPKR (PT Lippo Karawaci Tbk)

PT Lippo Karawaci Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam pengembangan properti. Bisnisnya fokus pada empat pilar utama: properti, perawatan kesehatan, perniagaan, dan pengelolaan aset.

Bisnis propertinya terdiri dari pengembangan dan penjualan properti perumahan, perniagaan, dan industri ringan serta taman memorial; bisnis ini kemudian diklasifikasikan menjadi pengembangan perkotaan dan pengembangan terpadu skala besar.

Di bawah bisnis perawatan kesehatannya, Perusahaan ini mengoperasikan sejumlah rumah sakit di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Jakarta, Tangerang, dan Bali, dengan nama merek Siloam Hospital.

Segmen perniagaannya kemudian diklasifikasikan menjadi mal retail dan hotel; mal-mal yang dioperasikannya berada di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Perusahaan ini mengoperasikan hotel bintang lima dengan nama merek Hotel Aryaduta. Bisnis pengelolaan asetnya terdiri dari First REIT, yaitu wali amanat investasi real estate (real estate investment trust/REIT) perawatan kesehatan, dan LMIR Trust, yaitu REIT Indonesia yang terkait dengan retail.

Baca juga: Prospek Menjanjikan, Inilah 5 Saham Terbaik di Subsektor Kesehatan

Itulah saham terbaik di subesktor property dan real estate, saham-saham tersebut merupakan saham pilihan karena kinerja perusahaan menjanjikan oleh karena itu banyak investor yang mengincar saham pada perusahan perusahaan tersebut karena berprospek baik dimasa depan.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar