Review Maybank Kim Eng Sekuritas Indonesia: Broker Saham Berprestasi

Seperti yang diketahui bersama, perusahaan sekuritas di Indonesia sudah mulai banyak bermunculan. Dari yang sudah lama berdiri ataupun baru diresmikan beberapa tahun kebelakang.

Hal ini membuaktikan bahwa masyarakat Indonesia semakin sadar untuk berinvestasi efek yang memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Salah satu perusahaan sekuritas yang sudah berdiri sejak tahun 1990 adalah PT KES Sinar Mas Securities, dimana sekarang dikenal dengan nama Maybank Sekuritas.

Perubahan tersebut terjadi sejak tahun 2013 dimana adanya akuisisi kepemilikan saham oleh Maybank.

Ruang lingkup usaha yang dilakukan Maybank adalah sebagai penjamin emisi dan perantara pedagang efek. Mereka menyediakan berbagai layanan untuk para customer lokal maupun internasional, baik untuk institusi ataupun ritel.

Adapun lebih lanjut ulasan tentang Maybank Kim Eng Sekuritas ini, bisa Anda simak ulasannya di bawah ini!

Mengenal Profil Maybank Kimg Eng Sekuritas

Profil my bank

Mayban Kim Eng merupakan cabang perbankan investasi dari Maybank, yang merupakan salah satu grup perbankan terkemuka di Asia dan masuk kedalam bank terbesar ke empat di Asia Tenggara berdasarkan penilaian dari aset.

Sedangkan perangkat di dunia, Maybank ini masuk peringkat ke 20 sebagai Bank terkuat yang dinilai oleh Bloomberg salaam dua tahun berturut-turut, yaitu tahun 2013 dan 2014.

Oleh karena itulah, Maybank ini memiliki jaringan kantor internasional di 19 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Thailand, Filipina, India, Vietnam, Inggris, Amerika Serikat, serta berada di Timur Tengah melalui cabangnya Anfaal Capital.

Maybank Kim Eng ini perusahaan yang fokus melayani di bidang keuangan, pasar modal uang, pasar modal ekuitas, pialang, riset sekuritas ritel dan institusional.

Bahkan pada tahun 2011, Maybank membuat langkah strategis untuk mempercepat pertumbuhan platform investment banking dan ekuitas dengan mengakuisi Kim Eng Holding Limited.

Tujuannya adalah untuk memperluas cabang perbankan investasi dan melengkapi bisnis perbankan guna menumbuhkan bisnis itu sendiri di seluruh wilayah.

Karena Langkah dan inovasi tesebut, Maybank Kim Eng pun mendapatkan berbagai penghargaan yang bergengsi, yaitu Penghargaan Best Broker di Asia Tenggara, Best Equity House, serta Best Investment Bank di Malaysia pada tahun 2015.

Baca juga: Review BNI Sekuritas Online Trading, BIONS

Bagaimana Cara Membuka Rekening Efek di Maybank Sekuritas

cara mendaftar mybank

Nah, bahasan selanjutnya tentunya  yang telah Anda tunggu-tunggu bukan? Melihat data profil di atas, sangat menunjukkan bahwasannya Maybank Kim Eng Sekuritas, merupakan perusahaan yang terkemuka dan terpercaya di negeri ini.

Jika Anda berniat untuk membuka rekening di perusahaan ini, Yuk ikuti Langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Pembukaan rekening bisa dilakukan offline, yaitu dengan datang langsung ke kantor pusat, atau cabang, atau datang ke Corner Maybank saat acara-acara tertentu atau pameran perusahaan sekuritas.
  • Nantinya, ada  petugas di tempat tersebut untuk memandu Anda membuka rekening efek di Maybank Kim Eng.
  • Selain offline, Anda pun bisa mendaftar secara online dengan mengunduh atau download dokumen atau formular  Perjanjian Pembukaan Rekening yang ada di www.maybank-ke.co.id.
  • Di website tersebut tersedia formulir Rekening Dana Syariah dan Rekening Dana Nasabah yang bisa Anda pilih salah satunya.
  • Isi data formular di atas dengan benar dan sesuai, kemudian jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di setiap halamannya. Sertakan pula materai Rp 6.000 di atas dokumen yang telah disediakan.
  • Selain harus mengisi formulir, jangan lupa untuk menyertakan dokumen-dokumen penting lainnya, seperti fotokopi paspor atau KTP atau SIM, fotokopi NPWP, fotokopi sampul depan buku tabungan bank, fotokopi KITAS untuk nasabah asing yang tingal di Indonesia.
  • Setelah Anda melengkapi formular dan dokumen penting lainnya, Langkah berikutnya adalah mengirimkan ke alamat kantor PT Maybank Kim Eng Sekuritas yang berada di Sentral Senayan 3, Lantai 22 Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Via kurir atau datang langsung jika Anda berada di kota yang sama.

Mengenal Layanan dan Produk Maybank Sekuritas

Layanan my bank

Tidak lengkap rasanya jika tak menampilkan pembahasan tentang produk dan layanan dari perusahaan sekuritas terkemuka di negara ini.

Pastinya, alasan para nasabah untuk membuka rekening di Maybank Kim Eng karena memang memiliki produk dan layanan terbaik serta cocok dengan mereka.

Oleh karena itulah, berikut akan kami paparkan tentang layanan dan produk dari Maybank tersebut, seperti ;

  • Fundraising

Maybank Kim Eng Sekuritas ini melayani dalam hal Equity Capital Market untuk memberikan esksekusi, transaksi, dan solusi yang berhubungan dengan ekuitas. Contohnya adalah, Initial Public Offerings, Rights Offerings, Placements and Offering of Convertible Securities.

Karena track recordnya di pasar modal utang yang cukup baik, maka Maybank Kim Eng Sekuritas ini bisa untuk memberikan pelayanan pengaturan, konsultasi, dan melakukan distribusi transaksi Debt Capital Market.

  • Advisory

Layanan advisory untuk membantu memberikan manfaat dan solusi dengan optimal kepada nasabah.

Hal itu terlihat dari tersedianya paket produk dan pelayanan keuangan yang lengkap sesuai dengan pasar regional di Maybank Kim Eng Sekuritas.

Sehingga nasabah yang memiliki masalah keuangan bisa mencapai tujuan mereka lewat fundraising, akuisisi, IPO, dan REIT.

  • Saham

Nah, inilah dia produk unggunlan yang dimiliki Maybank Kim Eng Sekuritas, yaitu saham. Maybank ini memiliki layanan perdagangan saham lewat online ataupun broker.

Tentunya ada dua tipe akun yang bisa dimiliki nasabah sesuai dengan kebutuhan, yaitu KE Trade Margin Account dan KE Trade Account.

  • ·Repo Financing

Produk berikutnya yang disediakan Maybank Kim Eng Sekuritas adalah produk Repo. Repo adalah sebuah produk transaksi jual efek dimana jual belinya telah ditentukan waktu dan harganya.

Bagi Anda yang ingin memiliki produk tersebut, tentunya telah terdaftar menjadi nasabah di PT Maybank Kim Eng Sekuritas dengan memiliki minimal pembiayaan Rep sebesar Rp 2 miliar.

  • Fixed Income

Produk berikutnya yang disediakan oleh Maybank Sekuritas adalah produk jasa perantara perdagangan fixed income, yaitu surat utang negara, obligasi korporasi, dan surat utang lain.

Produk ini melayani perdagangan dalam mata uang asing dan rupiah, baik di pasar sekunder fixed income di Indonesia maupun pasar primer.

Obligasi dan sekuritas fixed income ini, sangat memungkinkan bagi nasabahnya untuk mendiversifikasi portofolio hingga bisa mendapatkan aliran pendapatan untuk mencapai capital gain.

  • Margin Financing

Sedang layanan berikutnya yang dimiliki Maybank Kim Eng adalah margin financing. Merupakan sebuah fasilitas pembiayaan margin untuk memaksimalkan dan memperluas peluang trading.

Fasilitas ini selain bisa menumbuhkan daya beli investor pada saham, nasabah yang memiliki reking margin ini sangat berpotensi untuk mendapatkan bunga yang lebih murah dibandingkan rekening regular.

  • KE Trade Pro Syariah

Produk berikut yang baru-baru ini diluncurkan oleh Maybank Kim Eng Sekuritas adalah KE Trade Pro Syariah, yang merupakan sistem online trading berbasis Syariah  (Syariah Online Trading System/SOTS).

Perlu diketahui bahwasannya Maybank Kim Eng Sekuritas ini menjadi angora bursa ke-15 yang memiliki SOTS di Indonesia.

Produk ini disediakan untuk investor yang ingin bertransaksi saham sesuai dengan prinsip Syariah yang kedepannay akan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia.

Maybank Kim Eng ini cukup percaya diri meluncurkan aplikasi SOTS dimana tampilannya telah memenuhi prinsip Syariah, mudah digunakan, memiliki penyajian data pasar dengan real time, terdapat fitur jual beli Smart Order, dan tersedia fitur rekomendasi saham dari tim riset perseroan.

Pihak Maybank Kim Eng Sekuritas ini berharap bisa menambah nasabah hingga mencapai 2.020 nasabah hingga akhir tahun 2020.

Baca juga: Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Broker terbaik

Keunggulan Maybank Sekuritas

Dilihat dari profil dan produk serta layanan Maybank Kim Eng Sekuritas, perusahaan tersebut tidak berhenti untuk berinovasi agar tetap bisa dipercaya masyarakat. Sehingga Maybank sekuritas ini memiliki keunggulan, diantaranya adalah ;

  1. Memiliki jaringan luas yang tersebar di 11 negara lebih dari 70 cabang yang ada di seluruh dunia.
  2. Memiliki para tim riset yang sudah ahli untuk menganalisis pasar dan kinerja perusahaan.
  3. Menyediakan tarif yang fleksibel dengan harga yang tidak dapat menurunkan kualitas dan masih bisa bersaing dengan perusahaan sekuritas lainnya.

Keunggulan di atas ternyata diakui oleh beberapa pihak yang mana Maybank Kim Eng Sekuritas mendapatkan beberapa penghargaan dalam dan luar negeri, seperti;

Penghargaan Tahun 2013

  • Best Brokerage House by The Asset Triple A Awards
  • Best Deal (Matahari Department Store’s US$1.5 billion re-IPO) by The Asset Triple A Award

Penghargaan Tahun 2007- 2016

  • Sebagai Best Broker in Southeast Asia by Alpha Southeast Asia.Penghargaan Tahun 2019
  • Best Retail Broker by Alpha Southeast Asia
  • Best Islamic Deal (PT Sarana Multi Infrastruktur Sukuk and Green Bond) by The Asset Triple A

Penghargaan Tahun 2018

  • Renewable Energy Deal of the Year by The Asset Triple A
  • Best Islamic Deal (XL Axiata) by The Asset Triple A
  • Best Local Currency Bond Individuals in Research (Rank 4) by The Asset
  • Best Deal in Southeast Asia (PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)’s Global Bond) by Alpha Southeast Asia

Penghargaan Tahun 2017

  • Best Country Deal (Tiga Pilar Food Sejahtera’s Ijara Sukuk) by The Asset Triple A
  • Best Institutional Broker by Alpha Southeast Asia
  • Best Ijarah Deal in Southeast Asia (XL Axiata’s Sukuk Ijarah) by Alpha Southeast Asia
  • Best Deal & Best Leveraged Finance Backed M&A Deal in Southeast Asia by Alpha Southeast Asia
  • Best Analyst for Utilities (3rd Place) by Asiamoney
  • Indonesia Capital Markets Deal (Star Energy) by IFR Asia Review
  • Best M&A/ Best Acquisition Financing (Star Energy) by The Asset Triple A
  • M&A (Chevron) by IJGlobal

Penghargaan Tahun 2016

  • Best Institutional Broker by Alpha Southeast Asia
  • Best Retail Broker by Alpha Southeast Asia

Penghargaan Tahun 2015

  • Best Institutional Broker by Alpha Southeast Asia
  • Best Retail Broker by Alpha Southeast Asia

Penghargaan Tahun 2014

  • International Technology & Operations Bank of the Year by Asian Banking and Finance
  • Most Innovative Investment Bank from Asia-Pacific by The Banker Magazine
  • Best Institutional Broker by Alpha Southeast Asia
  • Best Retail Broker by Alpha Southeast Asia

Baca juga: 100+ Kode Saham Perusahaan Manufaktur Indonesia Terdaftar di BEI

Penutup

Nah, itulah dia pembahasan review Maybank Kim Eng Sekuritas dari mulai pergantian nama, layanan produk, cara mendaftar , hungga penghargaan-penghargaan yang telah diraihnya.

Tentu semuanya atas Kerjasama team Maybank Kim Eng untuk bisa melayani masyarakat dengan baik.

Dan jika Anda ingin mengetahui sekuritas saham terbaik yang ada di Indonesia, silahkan baca lebih lengkap pada tautan berikut Deretan Sekuritas Saham Tebaik di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Bagikan ;

Tinggalkan komentar