Layak Dipilih! Berikut Jenis Saham BUMN yang Menjanjikan

Saham BUMN dikenal sudah memiliki kredibilitas yang baik bagi para calon investor. Karena saham jenis ini merupakan saham yang sudah lama malang melintang di bursa efek saham di tanah air.

Saham BUMN dikenal juga sebagai salah satu saham yang pergerakannya stabil sehingga sangat menguntungkan bagi para calon investor untuk mendulang banyak uang dari jenis saham ini.

Saham BUMN merupakan jenis saham yang banyak dilirik oleh banyak investor dalam menanamkan modalnya dalam dunia investasi, selain memiliki kredibilitas yang track record yang baik dalam bursa saham saham BUMN juga dikenal bisa memberikan rasa aman bagi para investornya.

Dengan regulasi yang pengawasan yang ketat memang para investor lebih percaya pada saham jenis ini, selain itu juga saham BUMN pada bidang bisnisnya bisa dikatakan sebagai pemain lama yang sudah paham betul tentang dunia bisnis yang sedang mereka geluti.

Pengalaman bisnis ini yang bisa menjadi acuan bagi para investor untuk memilih jenis saham yang akan dijadikan investasi dalam metode mereka mendapatkan uang secara berkala.

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya kita mengenal saham BUMN, dan kita bisa membacanya disini Definisi BUMN, Jenis dan Sejarah serta Perkembangannya

Beberapa saham BUMN juga masuk kategori saham blue chip di tanah air. Jika kalian ingin mengetahu daftar saham blue chip di Indonesia. Kalian bisa membacanya disini 11 Daftar Saham Blue Chip Indonesia Tahun 2020

Nah pada kali ini saham.top akan merangkum beberapa saham BUMN yang layak dijadikan investasi dan cocok bagi para investor baik pemula maupun investor yang sudah lama bermain pada sektor saham.

Apa saja saham BUMN tersebut? Simak penjelasan berikut ini:    

1. Saham Perbankan       

Bisnis perbankan di tanah air sedang mengalami masa kejayaannya terbukti dari banyaknya nasabah yang sudah sangat bergantung pada bisnis perbankan ini.

Sudah tak terhitung banyaknya masyarakat yang sudah memanfaatkan perbankan dalam dunia usaha maupun dalam kehidupan sehari hari untuk bertransaksi.

Bisnis perbankan yang kian maju juga berdampak positif dalam pergerakan sahamnya, jadi saham jenis ini merupakan salah satu jenis saham yang layak kita pilih dalam dunia investasi saham. Karena bisnis yang perbankan sedang jalani terus merangkak maju.

Ada banyak saham perbankan plat merah ini yang bisa kita pilih dalam berinvestasi saham diantaranya BBRI, BMRI dan lain sebagainya yang bisa kita pilih disesuakian dengan tujuan awal kita berinvestasi saham.

Bila ingin lebih mengenal saham berbankan di tanah air silahkan baca di artikel berikut:

Dengan lini bisnis yang kian massif  dan inovasi yang terus dikembangkan maka saham perbankan BUMN layak menjadi salah satu jenis investasi yang bisa kita pilih.

2. Saham Farmasi

Sama halnya dengan bisnis perbankan yang mengalami peningkatan yang pesat indusrti farmasi di tanah air juga demikian. Terlebih lagi negara kita merupakan negara yang masyarakatnya belum teredukasi benar tentang hidup sehat.

Hal ini menyebabkan industri farmasi di tanah air terus menggeliat maju karena permintaan pasar yang terus bertambah banyak, terutama industri obat-obatan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat khususnya yang sedang sakit.

Oleh sabab itu memilih berinvestasi saham farmasi merupakan salah satu pilihan yang menjanjikan, dengan investasi saham ini kita bisa meraup banyak keuntungan, apalagi industri farmasi di tanah air sedang dalam masa memanen banyak keuntungan.

Selain itu bisnis farmasi tidak akan hilang termakan zaman, karena bisnis ini akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi melihat budaya hidup sehat yang belum diterapkan oleh banyak orang sehingga memungkinkan bisnis ini akan terus dibutuhkan.

3. Saham Telekomunikasi

Jenis saham berplat merah selanjutnya yang layak dipilih dalam investasi adalah saham telekomunikasi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bisnis telekomunikasi merupakan bisnis yang sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang.

Terlebih lagi masyarakat kita sudah sangat bergantung pada industri jenis ini, karena hampir semua masyarakat kita sudah memanfaatkan telekomunikasi baik untuk kepentingan individu atau kepentingan bisnis.

Yang jelas bisnis telekomunikasi merupakan bisnis yang potensial untuk dijalani dan menurut para pakar saham telekomunikasi merupakan salah satu pilihan yang aman dan patut dicoba dalam dunia investasi saham.

Meski belakangan saham telekomunikasi mengalami penurunan, namun itu bukan hal yang menjadikan alasan bagi kita untuk tidak memilih jenis investasi ini, karena pergerakan saham sangat liquid bisa saja sekarang tarun namun besok akan melonjang dengan tajam.   

Baca: Sejarah Saham TLKM Dari Awal Sampai Sekarang

4. Saham Berbasis Komuditas

Yang dimaksud saham berbasis komuditas adalah saham yang bergelut dalam bahan kebutuhan pokok, saham ini tergabung dalam saham LQ45. Jika kalian penasaran saham LQ45 kalian bisa baca disini Apa Itu Indeks Saham LQ45? Tujuan, Kriteria dan Kabar Terbarunya

Barang kebutuhan pokok merupakan barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari oleh setiap orang menjadi saham ini merupakan salah satu jenis saham yang potensial dan layak dijadikan investasi.

Dalam bursa saham data menyebutkan saham berbasis komuditas merupakan salah satu jenis saham yang cukup stabil, sehingga menguntungkan bagi investor dalam mendapatkan banyak keuntungan dari sector jenis saham ini.

Selain itu saham berbasis komuditas merupakan saham yang nilainya dalam pergerakan saham sering mengalami kenaikan yang signifikan sehingga lewat investasi ini tidak menutup kemungkinan kita bisa sukses dalam investasi saham.  

5. Saham Pertambang dan Kontruksi

Saham pertambangan dan kontruksi dikenal memiliki potensi yang banyak untuk medapatkan uang. Jenis saham ini juga merupakan salah satu jenis saham yang banyak diburu oleh investor untuk menanamkan modalnya.

Karena saham pertambangan dan kontruksi merupakan saham yang dinilai memiliki kesempatan yang tinggi dalam pergerakan saham di tanah air, didukung dengan sumber daya alam melimpah dan kebutuhan kontruksi semakin banyak.

Saham pertambangan dan kontruksi juga sering mendapatkan proyek yang besar dari pemerintah sehingga menguntungkan bagi para investor untuk bisa mendapatkan cuan dengan banyak.

Apalagi kebijakan pemerintah sering menguntungkan bagi para investor kini pemerintah mulai sadar akan pentingnya memaksimalkan pertambangan dan kontruksi sebagi salah satu bisnis yang bisa mendatangkan banyak uang untuk pemasukan negara.

Dan belakangan kebijakan tersebut mulai berdampak positif bagi pergerkan saham pertambangan dan kontruksi, sehingga nilai saham dari sector ini setiap hari kian meningkat pasti sehingga menguntungkan banyak pihak yang terkait.

Itulah beberapa saham BUMN yang layak kita pilih untuk dijadikan investasi saham bagi kita. Meski saham tersebut merupakan saham dibawah naungan pemerintah, namun bukan tanpa risiko jika kita akan berinvestasi pada jenis saham ini.

Untuk itu wajib bagi kita untuk bisa memilih jenis saham yang cocok bagi kita tentunya disesuaikan dengan karakter dan tujuan kita berinvestasi saham. Sekian semoga bermanfaat.

Baca juga: Kekurangan dan Kelebihan Investasi Saham Beserta Risikonya, Pahami!

Bagikan ;