Pasar Modal

Apa Itu Indeks Saham LQ45? Tujuan, Kriteria dan Kabar Terbarunya

Saat ini, investasi saham bukan hanya bisa di lakukan oleh orang kaya saja. Masyarakat biasa, dari generasi muda hingga tua dapat melakukan trading saham dimana saja secara online. Pembedanya bukan hanya bisa dilihat modal, tapi juga effort yang diberikan untuk belajar dan berlatih dalam dunia trading saham.

Selain memiliki Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), BEI juga memiliki indeks saham LQ45. Untuk Anda yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan indeks, penjelasan berikut mungkin akan membantu Anda.

Dalam situs resminya, BEI menyebutkan bahwa “Indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala”. Tujuan/manfaat dari indeks saham antara lain:

  • Mengukur sentimen pasar,
  • Dijadikan produk investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunan,
  • Benchmark bagi portofolio aktif,
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko, serta
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.

BEI telah mengembangkan 34 indeks saham, salah satunya adalah saham LQ45. Saham LQ45 ini mungkin sering disebut-sebut saat Anda masuk dalam dunia trading. Banyak orang yang tertarik membeli saham LQ45. Hal ini karena banyak pula yang mengatakan bahwa saham LQ45 adalah saham terbaik dan juga cocok dipilih untuk investor pemula.

Apakah Anda juga tertarik membeli saham LQ45? Atau mungkin Anda yang baru memulai trading saham dan masih asing mendengarnya? Indeks saham LQ45 Juga kerap dikait-kaitkan dengan saham blue chip. Tapi sebenarnya apa sih indeks saham LQ45 itu?

Mungkin ada benarnya bahwa saham LQ45 dapat menjadi saham terbaik, karena LQ45 Di saring oleh BEI dengan kriteria tertentu agar sahamnya bisa layak dan aman di perjual belikan di bursa efek. Namun dari segi apa kongkritnya?

Banyak pertanyaan yang perlu di jawab sebelum memutuskan berinvestasi saham pada saham LQ45, agar dapat memilih saham terbaik. Pada artikel ini akan saya bahas mengenai pengertian, tujuan, kriteria hingga kabar update saham LQ45. Langsung saja kita bahas satu-persatu, dimulai dari pengertian indeks saham LQ45.

Pengertian Indeks Saham LQ45

Saham LQ45 adalah 45 saham pilihan BEI (Bursa Efek Indonesia) yang paling liquid. Itulah mengapa namanya LQ45 (LQ = Liquid, dan 45 = Jumlah saham). Dikatakan demikian karena ke 45 saham tersebut memenuhi kriteria tertentu. Kriterianya apa saja? Akan di bahas setelah ini.

Mari kita perjelas terlebih dahulu apa realitas liquid yang di maksud dalam saham. Kata liquid sendiri berasal dari bahasa inggris yang secara harfiah artinya cairan atau cair. Namun dalam dunia trading saham, liquid kurang lebih bermakna “ramai/mudah di perjual belikan”. Jadi saham yang liquid adalah saham yang ramai/mudah diperjualbelikan di Bursa Efek, dalam hal ini adalah BEI.

Ini berarti jika seandainya Anda membeli saham yang termasuk kriteria saham liquid maka Anda akan mudah menjualnya kembali karena peminatnya sangat banyak. Selain itu, saham liquid ini juga biasanya mudah untuk di beli dalam jumlah banyak sekaligus. Kalau begitu pengertiannya berarti ada saham yang non liquid, yakni saham yang cukup sulit diperjual belikan.

Dalam trading saham, ada saham-saham yang masuk dalam kategori saham non liquid. Konsekwensinya jika Anda adalah investor yang ingin membeli saham-saham non liquid dalam jumlah besar, hal tersebut akan sulit. Begitupula saat menjualnya, kita perlu menjual saham tersebut sedikit demi sedikit atau secara bertahap.

Baca juga : Saham vs Forex: Apa Persamaan dan Perbedaannya

Jadi dapat dikatakan bahwa indeks saham LQ45 mengandalkan likuiditas saham berdasarkan nilai transaks di bursa efek. Indeks LQ45 ini sudah diluncurkan BEI sejak Februari 1997 dan banyak di gunakan para manager investasi dalam bentuk reksadana.

Tujuan Saham LQ45

Indeks LQ45 miliki tujuan dan berkedudukan sebagai pelengkap IHSG. Hal ini khususnya berkaitan dengan penyediaan sarana yang obyektif dan terpercaya bagi analisis keuangan, manajer investasi, investor dan juga pemerhati pasar modal dalam memonitor pergerakan harga dari saham-saham yang aktif diperdagangkan di BEI.

Seperti yang telah di jelaskan, Indeks LQ45 dapat membantu para investor menganalisa saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi di BEI. Masyarakat dapat menjadikannya salah satu acuan untuk berinvestasi saham di pasar modal Indonesia. Sehingga dengan adanya indeks LQ45 ini bisa menjadi screening awal dalam berinvestasi untuk memilih saham yang berpotensi memberikan profit di masa mendatang.

Disisi lain, adanya indeks LQ45 Ini secara psikologis dapat memberikan kepercayaan kepada investor untuk menginvestasikan uangnya di 45 emiten pilihan tersebut. Meskipun belum tentu 45 emiten tersebut memiliki kinerja keuangan yang terbaik.

Kriteria Saham LQ45

Emiten yang dikeluarkan dari indeks saham LQ45 biasanya dinilai BEI semakin turun dalam hal performa/kinerja dan juga likuiditasnya. Sedangkan yang tetap bertahan dan bahkan baru masuk dalam indeks LQ45 adalah emiten yang masuk dalam kategori indeks saham LQ45 adalah saham-saham yang memenuhi kriteria tertentu. Berikut adalah kriteria dalam pemilihan saham LQ45!

  • Termasuk dalam 60 perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi dalam 1-2 bulan terakhir
  • Termasuk 60 perusahaan dengan nilai transaksi tertinggi di pasar reguler dalam 12 bulan terakhir
  • Telah tercatat di Bursa Efek Indonesia minimal 3 bulan
  • Dari daftar 60 saham tersebut, dipilih 45 saham dengan acuan nilai transaksi, kapitalisasi pasar, hari transaksi, volume dan frekuensi transaksi
  • Memiliki kondisi keuangan dengan prospek pertumbuhan dan nilai transaksi yang tinggi

Evaluasi dan Pergantian Emiten Saham LQ45

Setiap 3 bulan BEI selalu melakukan evaluasi terhadap saham-saham yang masuk dalam jajaran Indeks saham LQ45 dan juga saham diluar itu. Kemudian terjadi pergantian emiten yang keluar dan masuk dalam kategori indeks FQ45 setiap 6 bulan sekali yakni pada bulan Februari dan Agustus.

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, bahwa emiten yang dikeluarkan dari indeks saham LQ45 biasanya performa/kinerja dan juga likuiditasnya semakin menurun. Adanya keluar masuk emiten yang tergabung dalam LQ45 menunjukan bahwa berinvestasi pada saham LQ45 bisa jadi tidak selalu menguntungkan. Sehingga tetap perlu berhati-hati dan cek berbagai hal penting mengenai emiten dan sepak terjangnya sebelum berinvestasi.

Adanya komisi penasehat

Dalam melakukan evaluasi dan penilaian BEI juga melibat pihak-pihak lain yang dinilai ahli di bidangnya. BEI juga dapat meminta pendapat kepada komisi penasehat yang terdiri dari ahli yang berasal dari Bapepam – LK, Universitas, serta profesional di bidang pasar modal yang independen. Hal ini dilakukan untuk menjamin adanya kewajaran (fairness) dalam pemilihan saham.

Kinerja Emiten LQ45 Terbaik

Pada tahun 2019 lalu, laporan kinerja emiten LQ45 telah diterbitkan. Berikut adalah daftar emiten LQ45 yang memiliki catatan yang baik pada tahun 2019. Dimana dapat memberikan imbal jasil tertinggi dengan keuntungan hingga 20%!

PerusahaanKode SahamImbal Hasil (% YTD)Pendapatan (Triliun Rp)Pendapatan (% YoY)Laba (Triliun Rp)Laba (% YoY)
PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syaria TbkBTPS110.582.8426.650.9839.80
PT Media Nusantara Citra TbkMNCN92.036.2713.401.6768.34
PT XL Axiata TbkEXCL77.7818.7210.820.50Berbalik Untung
PT Jasa Marga TbkJSMR25.5821.15-22.761.50-15.18
PT Bank Central Asia TbkBBCA22.2147.7514.5620.9213.04
PerusahaanNPMROAROE
BBCA43.812.3412.46
BTPS34.346.6919.71
EXCL2.660.822.64
JSMR7.101.598.29
MNCN26.559.5715.07

Keterangan :

  • NPM = Margin bersih (net profit margin)
  • ROA = Rasio laba terhadap total aset (return on asset)
  • ROE = Rasio laba terhadap modal (return on equity)

Kabar Terbaru Indeks Saham LQ45

Pada awal tahun, tepatnya 27 Januari 2020 indeks LQ45 mengalami evaluasi mayor terkait perubahan metodologi. Hal ini dilakukan untuk menetapkan daftar saham dan menyesuaikan bobot atas saham-saham yang digunakan dalam perhitungan indeks LQ45. Metode ini disebut metode “rata-rata tertimbang atas kapitalisasi pasar” atau “market capitalization weighting”. Daftar saham LQ45 terbaru yakni periode Februari-Juli 2020 adalah daftar saham-saham yang telah masuk setelah adanya perubahan metodologi tersebut.

Saham LQ45 saat wabah covid-19

Beberapa saham LQ45 turun drastis pada saat wabah corona masuk ke Indonesia pada awal maret lalu. Dalam sepekan saham-saham tersebut turun hingga lebih dari 10% harga sahamnya. Emiten yang masuk dalam daftar saham LQ45 yang turun adalah HM Sampoerna (HMSP) , Adaro Energy (ADRO), Barito Pasific (BRPT), Perusahaan Gas Negara (PGAS), Aneka Tambang (ANTM).

Peningkatan gain pada Mei 2020

Selain itu pada Mei 2020 ada 10 indeks saham LQ45 yang memiliki gain sebesar 12-23%. Kenaikan tertinggi yakni sebesar 23,3% raih oleh PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk dengan kode saham BTPS. Lalu disusul oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk dengan kode saham JSMR yang mengalami peningkatan harga sebesar 20,95%. Indeks saham LQ45 lainnya yang masuk dalam daftar tersebut antara lain :

  • PT. Semen Indonesia Persero Tbk (SMGR)
  • PT. Astra International Tbk (ASII)
  • PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA)
  • PT. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)
  • PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN)
  • PT. Adaro Energy Tbk (ADRO)
  • PT. Bukit Asam Tbk (PTBA)
  • PT. Vale Indonesia Tbk (INCO)

Penutup

Setelah mengetahui penjelasan mengenai saham LQ45, dapat diambil kesimpulan bahwa index saham LQ45 adalah saham yang dijamin likuiditasnya oleh BEI. Saham LQ45 ini bukan saham terbaik, tapi pasti paling liquid di BEI. Sebab jika berbicara saham terbaik khususnya pada konteks investor masing-masing, maka harus melibatkan berbagai pertimbangan lainnya.

Nyatanya adapula saham-saham LQ45 yang performanya semakin memburuk sehingga dikeluarkan dari indeks LQ45. Saham LQ45 dapat menjadi salah satu plilihan terutama bagi investor pemula. Namun pada akhirnya pilihan dan segala resiko tetap menjadi tanjadi tanggung jawab investor.

Baca juga : Pelaku Pasar Modal di Indonesia, Siapa Saja?

Sebenarnya selain indeks saham LQ45 masih ada beberapa indeks saham lain yang ada di BEI seperti IDX30, IDX80 dll. Untuk selalu mengupdate data-data saham LQ45 Anda bisa mengakses situ resmi BEI. Semoga informasi mengenai indeks saham LQ45 ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia trading saham.

Bagikan ;
Share
Published by
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Pahami Perbedaan Antara ETF dan Reksa Dana

Baru – baru ini Bursa Efek mengeluarkan catatan transaksi investasi ETF yang mengalami peningkatan selama…

5 hari ago

Kebangkrutan Evergrande Dan Dampaknya Bagi Pasar Saham

Pasar global kembali geger dengan fenomena Evergrande yang berpotensi gagal bayar hutang perusahaan. Evergrande hari…

2 minggu ago

Cara Beli Saham Netflix, Starbucks, Disney di Bursa Amerika

Tertarik dengan saham-saham luar negeri khususnya di Bursa Amerika? Apakah kita yang ada di Indonesia…

2 minggu ago

Mengintip Pergerakan Saham-Saham LQ45 ‘Termahal’ di BEI

Bagi Anda yang sudah terbiasa menjelajahi pasar modal seperti BEI (Bursa Efek Indonesia) misalnya, saham-saham…

3 minggu ago

Mengenal Robot Trading Yang Lagi Disoroti BAPPEBTI

Baru – baru ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengumumkan telah memblokir banyak situs…

3 minggu ago

Profil 8 Emiten Perusahaan yang Listing IPO Pada Bulan September

Pada awal September 2021, ada 8 emiten perusahaan yang baru listing IPO di Bursa Efek…

4 minggu ago