Kekurangan dan Kelebihan Investasi Saham Beserta Risikonya, Pahami!

Investasi saham di era sekarang merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dilirik oleh banyak orang apalagi dengan semakin mudahnya akses bagi siapa saja yang ingin menginvestasikan sebagian uangnya dalam dunia investasi.

Hal ini tak lepas dari kemajuan teknologi yang semakin cepat sehingga hanya dengan ponsel dan jaringan internet saja orang bisa dengan mudah menjadi bagian dari investor sebuah perusahaan.

Kemajuan investasi saham juga tak bisa lepas dari campur tangan pemerintah yang semakin intens akhir akhir dalam menggalakan para investor untuk menanamkan modalnya pada suatu saham. Bahkan baru baru ini pemerintah lewat PT Bursa Efek Indonesia (BEI) massif dalam menggelorakan gerakan yuk nabung saham.

Tidak hanya itu pemerintah lewat Otoristas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah melakukan regulasi yang baik sehingga membuat rasa nyaman seseorang untuk berinvestasi pada sector saham.

Dengan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah hal ini berdampak bagi kemajuan sector investasi saham di Indonesia. Sehingga banyak orang yang mulai berbondong bondong menginvestasikan sebagian uangnya untuk berinvestasi saham.

Disamping memang bagi sebagian orang investasi saham dipandang sebagai salah satu jenis investasi yang sangat menjanjikan sebagai jaring pengamanan kebebasan finansial dikemudian hari.

Oleh sebab itu baik pemula maupun pelaku yang sudah lama berkecimpung dalam dunia saham semakin percaya bahwa jenis investasi ini memang pilihan yang pas dalam mempersiapkan kebebasan finansial bagi seseorang.

Ada beberapa jenis ivestasi saham yang masuk dalam kategori saham blue chip yang banyak dibidik oleh calon investor dalam dalam menanamkan uangnya. Jika Anda ingin mengetahui saham apa saja yang masuk dalam saham blue chip di Indonesia. Anda bisa membacanya pada tautan berikut: 11 Daftar Saham Blue Chip Indonesia Tahun 2020

Meski menawarkan keuntungan yang menjanjikan investasi saham tak luput juga dari risiko yang siap kita hadapi dikemudian hari. Bahkan kalau kita tidak cermat dalam berinvestasi saham uang kita bisa lenyap secara cepat.

Nah pada kesempatan kali ini saham.top akan merangkum dari beberapa sumber kekurangan dan kelebihan investasi saham beserta risikonya. Yuk simak penjelasan berikut secara cermat:   

Kelebihan Investasi Saham:

Kelebihan investasi saham

1. Memberikan potensi return yang tinggi dan berkesinambungan.

Pergerakan saham sangat dinamis maka memungkinkan seseorang mendapatkan return yang besar secara cepat. Hal ini akan menjadikan kita dapat dengan mudah mendulang banyak keuntungan dalam investasi saham.

2. Nilai Saham Sangat likuid

Saham yang Anda beli pada akhirnya bisa dijual kembali karena saham sangat likuid maka bila cermat kita dalam mengelola saham yang sudah kita beli dikemdian hari bila kita jual akan mendaptakan penawaran yang lebih tinggi dari harga awal sangat kita membelinya.

Terlebih lagi dengan lembaga yang dibanggun oleh pemerintah lewat bursa efek Indonesia yang bisa mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam perdagangan saham.

3. Tidak memerlukan rekruitmen karyawan baru

Tidak seperti pada bidang bisnis konvensional dalam dunia investasi saham kita tidak perlu memperkejaan orang untuk mengawasi saham kita. Karena hal itu bisa kita lakukan sendiri.

Namun denga begitu kita harus paham benar seluk beluk saham yang kita sedang jalani. Bila perlu kita juga harus mempunyai mentor yang sudah lama dalam jenis investasi ini. Sehingga kemungkinan untuk gagal dalam investasi saham akan semakin megecil.

4. Tidak memerlukan perawatan

Kelebihan selanjutnya jika kita berinvestasi saham adalah tidak memerlukan perawatan. Hal ini mempermudah kita dalam menjalankan bisnis lain, sehingga investasi saham tidak akan banyak memerlukan banyak waktu. Kita masih bisa menjalankan aktivitas bisnis seperti biasa.

Meski begitu sebagai salah satu pemilik saham, kita wajib selalu mengikuti perkembangan saham yang kita sedang ikuti, sehingga kita bisa lebih waspada tentang hal hal buruk yang mungkin terjadi.

5. Tidak perlu membayar pajak selama memilikinya.

Dalam investasi saham kita tidak perlu menanggung pajak selama memilikinya hal ini menguntungkan bagi kita karena kita tidak perlu mengalokasikan sebagian uang kita untuk membayar pajak.

6. Nilai saham dapat dipantau dengan mudah di media media cetak maupun visual.

Salah satu kemudahan jika berinvestasi saham di era sekarang adalah nilai pergerakan saham bisa dengan mudah dilihat melalui media cetak atau elektronik, selain itu saham yang sudah kita pilih akan memberikan laporannya secara berkala.

Kekurangan Investasi Saham:

1. Dapat mengalami kerugian besar secara cepat

Potensi return yang tinggi pada saham kadang juga diiringi potensi rugi yang besar akibat salah pilih saham.Karena sangat likuid, kadangkala menjadikannya terlalu fluktuatif sehingga saat kita mau menjual harganya tidak sesuai ekspektasi.

2. Menuntut kita harus cermat dan tahu perkembangan saham

Karena tidak memerlukan pegawai artinya kita sendiri yang harus cermat dan tahu dalam perkembangan saham. Hal ini kadangkala menggagu seseorang apalagi jika orang tersebut memiliki bisnis lain yang juga memerlukan perhatian yang tinggi.  

3. Mudah terbawa arus karena iming iming pendapatan yang besar

Akibat harga saham sangat mudah kita akses, kadangkal justru menjadi boomerang bagi kita. Apalagi jika pergerakan saham kita pada posisi positif. Maka banyak orang tejebak pada mendapatkan keuntungan semata. Sehingga kadangkala membuat orang bertindak irasional untuk cepat mendapatkan keuntungan.

Nah di atas merupakan gambaran mengenai keuntungan dan kekurangan investasi saham. Hal hal tersebut sebenarnya bisa kita control dengan baik, jika kita mempunyai tujuan dari awal mengenai investasi yang kita sedang jalani.

Dan ingat jangn mudah tebawa arus oleh keadaan, kalau pikiran kita sudah agak melenceng dari tujuan awal, sebaiknya kita segera kembali. Karena bila tidak kita bisa mendapat kerugian dikemudian hari.

Setelah mengetahui keuntungan dan kelebihan dalam investasi saham adabaiknya kita juga harus mengetahui risiko yang harus kita siap hadapi dalam investasi jenis ini. Nah berikut risiko investasi saham:

Risiko Investasi Saham

Risiko Investasi saham

1. Tidak mendapatkan dividen.

Satu hal yang ditawarkan oleh investasi saham adalah mendapatkan deviden. Namun pegerakan saham sangatlah cepat sehingga tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapatkan uang dengan cepat atau pun sebaliknya.

Jika perusahaan kita rugi maka kita tidak akan mendapatkan deviden. Sehingga penting bagi kita memilih sector saham dan orang orang dibalik perusahaan tersebut sehingga kita bisa meminimanilir dampak kerugian yang mungkin terjadi.

2. Potensi loss dari selisih rugi antara harga jual dan beli.

Potensi loss pada saham sangat mungkin terjadi bila kita tidak cermat dalam memilih perusahaan yang akan kita jadikan investasi. Hal ini bisa terjadi karena performa buruk perusahaan.

Bila hal ini terjadi saham yang kita beli akan mengalami penurunan harga beli imbasnya adalah kita sebagai investor akan mengalami kerugian juga karena harga awal saat kita membeli sebuah saham bisa menjadi anjlok.

3. Perusahaan bangkrut dan menerima hasil pembagian likuidasi terakhir kali.

Risiko selanjutnya yang bisa kita alami adalah perusahaan yang kita pilih dan berinvestasi mengalami kebangkrutan. Bila hal ini terjadi secara otomatis kita sebagai seorang investor akan kena juga imbasnya.

Kebangkrutan adalah risiko terburuk bagi pemegang saham, karena sebagai pemilik pemegang saham memiliki hak paling akhir setelah perusahaan dilikuidasi dan hasilnya dipakai untuk membayar pajak, hak gaji karyawan dan utang.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan serta risiko yang harus kita pahami dalam berinvestasi saham. Dengan mengetahui pelbagai kelebihan dan kekurangan serta risiko yang mungkin terjadi dikemudaian hari harapanya kita akan jauh lebih bijak lagi dalam berinvestasi saham. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagikan ;