Review BNI Sekuritas Online Trading, BIONS

Sama seperti Mandiri, BNI menjadi bank milik pemerintah yang rupanya juga tertarik menawarkan layanan sekuritas. Karena memang tak bisa dipungkiri, minat masyarakat Indonesia untuk terjun ke pasar modal saat ini terus meningkat, sehingga permintaan untuk perusahaan sekuritas terus bertambah.

Dengan nama besar BNI alias Bank Negara Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1946, tentu saja layanan sekuritas mereka tak bisa diremehkan.

Apalagi rupanya BNI Sekuritas sudah terbentuk sejak April 1995 dan telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai Penjamin Emisi Efek dan Perantara Pedagang Efek.

BNI Sekuritas menawarkan pengalaman investasi di pasar reguler dan pasar syariah, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan serta minat calon investor.

Seperti namanya, investasi pasar syariah tentu akan terbebas dari emiten-emiten yang dilarang hukum Islam lantaran berkonsep riba atau haram seperti sektor perbankan, rokok, hingga perusahaan minuman beralkohol.

Baca juga: Deretan Sekuritas Saham Terbaik di Indonesia (2020)

Tak ingin kalah dengan sekuritas-sekuritas swasta yang memiliki cukup banyak peminat, BNI Sekuritas juga menawarkan platform trading online, BIONS. Melalui BIONS, BNI memiliki ambisi digital banking yang tentunya akan membuat pengalaman finansial nasabah semakin efektif dan efisien.

Mengenal BIONS

platform trading online dari BNI Sekuritas
platform trading online dari BNI Sekuritas

Sebelum BIONS dirilis, BNI Sekuritas sudah memulai layanan online untuk para calon nasabah pada tahun 2007. Demi memenuhi kebutuhan nasabah, BNI Sekuritas menyediakan dua pilihan aplikasi yaitu E-SMART untuk pengguna smartphone dan ZAISAN (tahun 2014) untuk pengguna PC (komputer atau laptop).

Namun jika dibandingkan dengan platform trading online sekuritas lain, E-SMART dan ZAISAN cenderung kalah terutama dari segi tampilan yang membosankan dan tidak user-friendly.

Menyadari jika kebutuhan finansial online paling dicari, BNI Sekuritas pun melakukan perubahan besar-besaran dan akhirnya menawarkan BIONS pada pertengahan 2019 silam.

Seperti dilansir Kontan, BIONS sendiri merupakan kependekan dari BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems.

Menurut Adiyasa Suhadibroto selaku Presdir BNI Sekuritas, BIONS yang mirip dengan kata BEYOND adalah sebuah komitmen BNI Sekuritas untuk memberikan layanan yang melebihi ekspektasi pelaku pasar modal.

Tentunya supaya bisa menggunakan aplikasi BIONS yang dapat diunduh dan dipasang pada perangkat Android atau iOS, calon nasabah harus melakukan pendaftaran rekening efek di BNI Sekuritas terlebih dulu.

Namun bagi nasabah BNI, bisa langsung mengunduh BIONS dan melakukan registrasi online untuk membuat RDI (Rekening Dana Investor).

Keunggulan yang Ditawarkan BIONS

tampilan utama website resmi BIONS
tampilan utama website resmi BIONS

Melalui keterangan resminya, BIONS sendiri hadir sebagai salah satu langkah strategis BNI dalam mewujudkan The Extended Banking Ecosystem, termasuk meningkatkan aktivitas perbankan di pasar modal. Hal ini kemudian dipertegas oleh Anggoro Eko Cahyo selaku Direktur Keuangan BNI.

Menurut Anggoro, BIONS adalah implementasi strategi BNI To Digital yang sudah dimulai sejak tahun 2017. Dimana BNI Group berkomitmen menjadi The Everyday Bank untuk masyarakat Indonesia.

Tak heran kalau akhirnya BIONS memiliki segudang keunggulan melalui berbagai fitur yang ditawarkan. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya yang bisa jadi pertimbangan Anda:

Baca juga: Review Mandiri Sekuritas Online Trading MOST (Jual Beli Saham Aman)

  • BIONS memungkinkan investor melakukan berbagai transaksi di pasar efek seperti perdagangan saham, obligasi (bond) hingga reksadana
  • Keberadaan Finger Print Login membuat pengguna BIONS bisa login pada aplikasi dengan biometric sidik jari, sehingga terjamin keamanannya
  • Automatic Order memudahkan investor melakukan jual-beli saham sesuai dengan kondisi yang sudah direncanakan. Sehingga Anda tak perlu selalu memantau pergerakan saham selama 24 jam, karena BIONS mampu menyimpan situasi selama 30 hari (GTC)
  • Fasilitas Watch List Notes mempermudah pengguna menyimpan catatan untuk emiten yang tengah dipantau
  • Pengguna BIONS dapat mengakses berita pasar secara aktual dan realtime lewat fitur News, Research dan Chart setiap harinya. Bahkan untuk grafik harga (chart), dilengkapi dengan berbagai indikator serta analisis teknikal

Lewat berbagai keunggulan yang ditawarkan, BIONS tak bisa dipungkiri lagi sebagai salah satu platform trading online terbaik yang ditawarkan oleh sekuritas lokal.

Tentu Anda sebagai calon investor yang mengutamakan keamanan, kemudahan dan kenyamanan pengalaman trading, BIONS jelas jadi pilihan yang tidak merugikan.

Besaran Setoran Awal dan Biaya Transaksi di BIONS

tampilan aplikasi BIONS © blog ranselnotes
tampilan aplikasi BIONS © blog ranselnotes

Kehadiran BIONS memang melengkapi tools trading yang sudah ditawarkan BNI Sekuritas sebelumnya yakni ESMART V3 dan ZAISAN. Hanya saja memang BIONS memiliki tampilan menu dan fitur yang lengkap, sehingga siapapun bisa melakukan transaksi di pasar modal lewat satu sentuhan pada smartphone.

Tentunya agar bisa menggunakan BIONS secara maksimal, Anda harus tahu besaran deposit awal serta biaya-biaya yang mungkin bakal muncul. Bagi pengguna rekening reguler pada BNI Sekuritas, beberapa hal berikut ini wajib Anda ketahui.

Tarif Transaksi BIONS

BNI Sekuritas mematok dua jenis tarif transaksi yakni secara online dan offline. Untuk transaksi offline pembelian sebesar 0.27% sementara penjualan 0.37%.

Namun jika Anda melakukan transaksi lewat BIONS, saat ini untuk tarif beli sebesar 0.17% dan tarif jual 0.27% pada rekening reguler. Sementara pengguna rekening syariah, dikenai tarif beli 0.15% dan tari jual 0.25%.

Nasabah bisa membeli efek sesuai dengan Daftar Efek Rekening Reguler yang diterbitkan Bagian Manajemen Risiko setiap bulannya.

Namun Anda juga bisa membeli efek di luar daftar tersebut, tetapi ada haircut sebesar 100% dengan nilai maksimal pembelian setara deposit awal.

Untuk batas transaksi, BNI Sekuritas menetapkannya senilai dengan Plafond Outstanding yang diajukan nasabah dan bersifat fluktuatif.

Batas transaksi ini bisa berkurang jika nasabah melakukan pembelian atau penarikan efek, memiliki bunga atau denda dan melakukan penarikan dana. Sementara itu setiap transaksi yang dilakukan, harus diselesaikan pada saat jatuh tempo (T+2).

Besaran Deposit Awal di BIONS

Tidak selamanya untuk berdagang di pasar modal harus mengeluarkan budget besar. Karena jika Anda ingin bisa melakukan trading di BIONS, BNI Sekuritas menetapkan besaran deposit awal minimal Rp1 juta saja. Deposit awal yang cukup terjangkau ini menjadi salah satu alasan kenapa BNI Sekuritas banyak dipilih oleh investor pemula.

Hanya saja dalam event khusus, besaran deposit awal minimal itu bisa berubah lebih tinggi atau lebih rendah. Sekadar informasi pula, deposit berupa Efek ini bakal dikenakan haircut sesuai dengan aturan Bagian Manajemen Risiko BNI Sekuritas.

Tata Cara Pendaftaran BIONS

tata cara pendaftaran BNI Sekuritas © young-gans
tata cara pendaftaran BNI Sekuritas © young-gans

Nah, jika sudah mengetahui informasi singkat mengenai BIONS sekaligus keunggulan dan perhitungan tarif serta deposit awal, maka hal berikutnya yang dilakukan adalah tinggal cara memiliki akun OLT (Online Trading) BNI Sekuritas. Akun OLT ini digunakan sebagai media trading di BIONS.

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Bentuk Sekuritas, Yuk Pahami!

Bagi Anda yang tidak mempunyai waktu untuk datang ke kantor cabang BNI Sekuritas terdekat, berikut ini adalah tata cara pendaftaran akun trading langsung melalui BIONS yang bisa dicoba:

  1. Unduh dan pasang dulu aplikasi BIONS di PlayStore (Android) atau AppStore (iOS)
  2. Buka aplikasi BIONS, pilih REGISTER/DAFTAR
  3. Anda akan diarahkan ke halaman baru untuk proses pengisian data formulir pembukaan rekening RDN dan rekening efek. Dalam tahapan ini, Anda diminta memilih jenis rekening regular atau syariah, termasuk jenis layanan hybrid atau full online. Pastikan paham perbedaan pilihan itu melalui apa yang sudah dibahas sebelumnya
  4. Dalam melengkapi formulir, Anda sudah memiliki file yang dibutuhkan seperti foto KTP asli, foto selfie dengan KTP asli dan tanda tangan (baik digital atau fisik)
  5. Jika proses berhasil, Anda bakal memperoleh softcopy file formulir pendaftaran. Cetak dan kirimkan formulir itu ke alamat yang tertera. Namun jika Anda adalah nasabah bank BNI, tak harus melakukan tahapan ini
  6. Proses pengajuan pembukaan akun BNI Sekuritas biasanya membutuhkan waktu 1-2 minggu kerja. Jika pengajuan disetujui, Anda akan menerima email konfirmasi bahwa RDN, rekening efek dan akun OLT BIONS sudah bisa digunakan

Segera setelah memperoleh data User ID, password dan PIN, Anda bisa langsung login ke aplikasi BIONS dan melakukan trading. Supaya proses investasi di pasar efek bisa berjalan, pastikan Anda tahu nomor RDN BNI untuk melakukan pengisian deposit dari rekening tabungan.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa BIONS memang jadi komitmen BNI Sekuritas agar siapapun bisa berdagang di pasar modal.

Dengan deposit awal mulai dari Rp1 juta dan ada dua tawaran rekening yakni reguler serta syariah, tentunya ini semakin memudahkan Anda dalam menentukan kebutuhan trading.

Tampilan BIONS yang cukup memuaskan dan dilengkapi berbagai fitur pendukung, menjadikan BIONS sebagai salah satu platform trading online dari sekuritas lokal terbaik.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar