Pengertian, Jenis dan Bentuk Sekuritas, Yuk Pahami!

Dewasa ini dunia investasi banyak diminati oleh pelbagai kalangan. Selain menjanjikan banyak keuntungan investasi merupakan salah satu intrumen yang mudah kita gunakan dalam mendulang uang.

Hal ini menjadikan dunia investasi merupakan magnet yang menarik banyak orang untuk terjun ke dunia investasi. Tidak hanya bagi para pelaku usaha yang mempunyai banyak modal kini siapa saja bisa menjadi seorang investor meski dengan kekuatan modal yang minim.

Terbukanya sistem informasi yang semakin maju lewat perkembangan dunia internet dan teknologi juga menjadikan bisnis investasi banyak disukai oleh banyak orang. Terlebih lagi kesadaran masyarakat yang sudah mulai meningkat akan pentingan investasi pada masa sekarang menjadi bisnis ini cepat berkembang.

Namun sayangnya banyak orang gagap dan buta mengenai dunia investasi, hal tersebut menjadikan kesulitan dikemudian hari karena tidak memahami seluk beluk dunia investasi yang mereka pilih.

Terlebih lagi banyak istilah asing yang harus kita pelajari, khususnya bagi pemula untuk terjun ke bisnis ini. Tak hayal banyak pelaku pemula yang bingung ketika diatanya soal pengertian yang terkait dengan investasi seperti, sekuritas, obligasi dan masih banyak istilah yang lain.

Padahal memahami istilah yang ada dalam dunia investasi merupakan hal dasar yang harus kita kuasai ketika akan mendalami bisnis investasi. Mana mungkin akan mendapatkan hasil yang maksimal jika soal istilah saja kita tidak paham.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini sahamtop.com akan mengulas istilah istilah yang ada dalam dunia investasi. Kita mulai dari istilah sekuritas dan jenisnya. Yuk simak penjelasan berikut ini:  

Sebelum membahas lebih jauh kita harus tahu pengertiannya dulu. Mari simak secara seksama. Dikutip dari laman kamus.tokopedia.com.

Sekuritas adalah dokumen-dokumen yang menegaskan hak milik atau penerbitan fakta pinjaman oleh pemilik saham. Sekuritas ini dapat dikaitkan dengan surat-surat berharga seperti utang, obligasi, saham, option, kontrak berjangka, waran dan sertifikat.

Jadi secara sederhana sekuritas adalah surat utang yang dapat dicairkan menjadi uang atau kas dengan cepat.

Namun kini penggunaan istilah sekuritas lebih banyak merujuk pada saham, obligasi, dan produk investasi lainnya, daripada diartikan sebagai bentuk kepemilikan investasi.

Sedangkan menurut KBBI, sekuritas adalah: bukti utang atau bukti pernyataan modal, msl saham, obligasi, wesel, sertifikat, dan deposito.

Nah kalau kita sudah paham dengan pengertian sekuritas langkah selanjutnya yang harus juga kita pahami adalah jenis-jenis sekuritas.

Baca juga: Mudah! Begini Cara Mendaftar BNI Sekuritas

Jenis jenis sekuritas

Masih dari sumber yang sama jenis-jenis sekurtitas dibagai menjadi 2 yaitu:

1. Utang.

Sekuritas hutang adalah bukti kepemilikan utang yang berupa surat berharga yang tergantung dari tenggat waktu jatuh tempo pembayarannya atau ciri-ciri lain.

Jenis sekuritas ini biasanya meliputi obligasi pemerintah dan obligasi, sertifikat deposito, dan sekuritas yang dijaminkan. Biasanya jenis sekuritas ini berlaku untuk jangka waktu tertentu, yang kemudian pada akhirnya dapat ditebus.

2. Ekuitas (misalnya obligasi dan saham).

Sekuritas jenis ini merupakan kepemilikan oleh pemegang saham pada suatu entitas, misalnya di perusahaan, yang diperoleh dalam bentuk saham dan mencakup saham biasa dan saham preferen.

Para pemegang saham biasanya mendapatkan hak untuk mengendalikan perusahaan lewat hak suara.

Jenis jenis sekuritas sudah. Sekarang kita tingga memahami bentuk bentuk dari sekuritas masih dikutip dari sumber yang sama:

Bentuk Sekuritas ada 3 jenis yaitu:

1. Sertifikat efek atas unjuk

Dikutip dari laman Wikipedia sertifikat atas unjuk adalah Sertifikat atas unjuk, artinya pemilik yang berhak atas efek tersebut adalah sipembawa / pemegang efek.

2. Sertifikat atas nama

Sertifikat atas nama artinya pemilik efek pemilik yang berhak atas efek tersebut adalah yang namanya tercatat pada daftar yang dipegang oleh penerbit atau biro pencatatan efek.

Baca juga: Pilihan Banyak Investor: Mirae Asset Sekuritas Indonesia

3. Efek tanpa warkat dan sertifikat global

Adalah suatu tata cara perdagangan efek tanpa adanya fisik efek berupa sertifikat saham, obligasi, dan lainnya.

Perdagangan saham dilakukan secara elektronik yang ditindaklanjuti dengan penyelesaian transaksi secara pemindahbukuan (book entry settlement) yaitu:

Perpindahan efek maupun dana hanya melalui mekanisme debit kredit atas suatu rekening efek (securities account) yang tanda bukti kepemilikan efek nya tidak lagi akan berbentuk fisik sertifikat efek, tetapi diwujudkan dalam rekening efek pada lembaga kustodi.

Itulah pengertian sekuritas, jenis dan bentuknya semoga bisa memberikan wawasan yang berbeda. Sebelum terjun ke dunia investasi alangkah baiknya kita mempelajari dulu dengan banyaknya istilah istilah yang ada.

Sehingga kalau kita sudah paham dengan istilah-istilah tersebut akan memudahkan kita menjalankan sebuah investasi secara mendalam. Dengan begitu keuntungan yang kita inginkan akan lebih jelas dan tepat sasaran.  

Jika kalian sudah mengetahui apa itu sekuritas, jenis serta bentuknya, kalian juga harus tahu sekuritas terbaik yang ada di Indonesia, silahkan baca lebih lengkap pada tautan artikel berikut ini: Deretan Sekuritas Saham Terbaik di Indonesia.

Bagikan ;

Komentar ditutup.