Review Mandiri Sekuritas Online Trading MOST (Jual Beli Saham Aman)

Seperti yang diketahui, investasi sekuritas seperti obligasi atau saham saat ini menarik minat banyak orang terutama kalangan milenial. Hal ini memicu pertumbuhan perusahaan sekuritas sebagai perantara investor dengan pasar modal.

Di tengah ramainya perusahaan-perusahaan sekuritas saat ini, bank Mandiri justru sudah menawarkan layanan pasar modal melalui Mandiri Sekuritas.

Berstatus sebagai penyedia layanan Investment Banking terkemuka, Mandiri Sekuritas bergerak di bidang Perantara Pedagang Efek (Surat Persetujuan Bapepam dan LK nomor Kep-13/PM/1992 tanggal 23 Januari 1992) dan Penjamin Emisi Efek (Surat Persetujuan Bapepam dan LK nomor Kep-12/PM/1992 tanggal 23 Januari 1992).

Dengan izin resmi itu, Mandiri Sekuritas pun terdaftar sekaligus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga seluruh kegiatannya terjamin.

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Bentuk Sekuritas, Yuk Pahami!

Demi memahami gaya hidup online masyarakat masa kini, Mandiri Sekuritas pun meluncurkan platform MOST (Mandiri Online Securities Trading) pada tahun 2011.

Melalui MOST, siapapun bisa menginvestasikan dana di pasar modal secara online mulai dari pembukaan rekening efek. Tertarik dengan MOST? Yuk kita bahas satu-persatu mengenai produk unggulan Mandiri Sekuritas ini.

Keunggulan yang Ditawarkan MOST

Keunggulan yang ditawarkan MOST
© newsurban.id

Status Mandiri Sekuritas sebagai salah satu broker lokal teraktif di pasar modal Tanah Air tentu menjadi bukti kalau kinerja pialang ini benar-benar terbukti berkualitas.

Bahkan di saat ada banyak sekuritas lain yang menawarkan setoran awal dan fee yang lebih terjangkau, Mandiri Sekuritas tetap jadi pilihan karena jaminan keamanan dan kenyamanan bagi investor.

Apalagi keberadaan MOST dianggap sebagai salah satu alasan kenapa Mandiri Sekuritas selalu duduk di posisi teratas broker pilihan. Supaya Anda tidak penasaran lagi, berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan jika Anda menggunakan aplikasi MOST:

Baca juga: 10 Daftar Saham Terbaik Untuk Pemula

  • Mandiri Sekuritas mengintegrasikan layanan supermarket reksadana yang lengkap dan komprehensif dengan MOST. Sehingga pengguna MOST bisa mengelola investasi saham dan reksadana dalam satu aplikasi, termasuk dengan MI (Manajer Investasi) lain
  • MOST memberikan layanan data feed dan informasi pasar modal secara gratis
  • MOST memberikan akses berbagai riset entah analisis fundamental atau analisis teknikal yang dilakukan oleh tim berpengalaman milik Mandiri Sekuritas
  • MOST menawarkan pelatihan gratis dan dukungan penuh kepada seluruh investor entah pemula atau profesional dalam berinvestasi
  • Semua investor yang terdaftar di MOST memiliki hak jatah saat terjadi IPO (Initial Public Offering) alias penawaran umum perdana
  • Platform trading MOST tersedia dalam bentuk MOST Web, MOST Mobile, dan MOST App

Setoran Awal dan Biaya Transaksi MOST

tampilan awal website resmi MOST
tampilan awal website resmi MOST

Untuk bisa menggunakan layanan MOST, Anda tentu harus melakukan setoran awal. Mandiri Sekuritas membagi tiga macam setoran awal yakni kalangan mahasiswa yang tak punya NPWP minimal Rp2 juta, kalangan umum minimal setoran Rp10 juta dan kategori Full Service sedikitnya Rp100 juta.

Hanya saja melalui Instagram resmi mereka di @mandiri_sekuritas, pihak Mandiri Sekuritas menyarankan agar calon investor melakukan setoran awal minimal Rp10 juta dalam kategori investor umum. Kenapa begitu? Berikut alasan-alasan yang dipaparkan oleh pihak Mandiri Sekuritas:

  • Dengan setoran awal Rp10 juta, Anda bisa fokus membeli saham-saham blue-chip yang merupakan unggulan. Saham blue-chip ini masuk dalam kategori indeks LQ-45 dan merupakan yang paling likuid dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI (Bursa Efek Indonesia)
  • Investor bisa menjalankan lebih dari satu strategi investasi seperti trading dan investasi dengan modal sedikitnya Rp10 juta
  • Lantaran modal Rp10 juta itu pula, Anda juga bisa melakukan diversifikasi investasi agar mengurangi risiko merugi. Contohnya membeli lebih dari satu emiten saham, hingga mengalokasikan dana untuk pembelian obligasi dan reksadana

Biaya Transaksi dan Limit Trading MOST

Untuk biaya transaksi di MOST, dibedakan menjadi dua kategori yakni Online dan Full Service. Investor online alias umum dipatok biaya beli efek 0.18% dan biaya jual efek 0.28% dengan masing-masing transaksi minimal Rp5.000 per hari.

Sementara untuk investor Full Service, biaya transaksi efek dipatok lebih besar. Di mana untuk biaya pembelian sebesar 0.25% dan biaya penjualan sebesar 0.35%. Di mana masing-masing transaksi harian minimal harus Rp25 ribu.

Terakhir untuk limit trading, MOST menerapkan tiga kali cash dan dua kali portfolio. Dengan besaran biaya transaksi dan limit trading yang ditawarkan, Mandiri Sekuritas berupaya betul untuk bisa memenuhi seluruh kebutuhan dan kemampuan investor-investor mereka.

MOST Syariah, Layanan Trading Investor Muslim

tampilan awal website MOST Sharia
tampilan awal website MOST Sharia

Memahami betul bahwa Mandiri Sekuritas beroperasi di Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk mayoritas pemeluk agama Islam terbesar di dunia, mereka pun menawarkan MOST Sharia. Seperti namanya, MOST Sharia ini merupakan platform trading berkonsep Islami yang bisa digunakan oleh investor-investor Muslim.

Baca juga: Belajar Saham, Cara Memulai Berinvestasi Saham Dengan Aman

Tak perlu cemas, layanan rekening MOST Sharia sudah memenuhi prinsip-prinsip hukum Islam dalam perdagangan pasar modal. Di mana MOST Sharia sudah memperoleh sertifikasi pasar modal oleh DSN-MUI sesuai Surat Keputusan Dewan Syariah Nasional (DSN)-Majelis Ulama Indonesia (MUI) No.006.17.02/DSN-MUI/XI/2012 tanggal 12 November 2012.

Sudah pasti produk-produk saham yang bisa diakses pengguna MOST Sharia ini tergolong halal. Lantaran tidak ada perhitungan bunga, konsep trading menggunakan nisbah alias sistem bagi hasil dan risiko di antara emiten serta investor.

Tata Cara Pendaftaran di MOST

Setelah mengetahui keunggulan, perhitungan setoran awal dan biaya transaksi, tentu supaya bisa menggunakan MOST, maka Anda harus daftar terlebih dulu di Mandiri Sekuritas. Agar dapat bergabung sebagai investor pialang ini, ada dua cara yang ditawarkan Mandiri Sekuritas yakni:

Pendaftaran Online

halaman awal pendaftaran MOST
halaman awal pendaftaran MOST
  1. Masuk ke website resmi MOST dan langsung menuju bagian pendaftaran yakni https://register.most.co.id/
  2. Isi dan lengkapi seluruh data yang dibutuhkan pada formulir pembukaan rekening online
  3. Unggah seluruh berkas yang diperlukan mulai foto KTP, foto selfie dengan KTP, foto NPWP hingga foto informasi buku tabungan rekening Mandiri
  4. Pilih verifikasi video call lalu pilih SUBMIT
  5. Pihak Mandiri Sekuritas akan menghubungi calon investor melalui telepon dan video call untuk kebutuhan KYC (Know Your Customer) dan verifikasi data
  6. Calon investor akan memperoleh form aplikasi pembukaan rekening di email
  7. Form yang ada di email wajib dicetak dan dikirimkan ke kantor cabang Mandiri Sekuritas terdekat
  8. Anda akan memperoleh RDN (Rekening Dana Nasabah) dan RE (Rekening Efek) untuk memulai proses investasi di MOST

Pendaftaran Offline

  1. Datang langsung ke kantor cabang Mandiri Sekuritas terdekat dengan membawa dokumen penting seperti fotokopi KTP dan NPWP asli serta fotokopi cover buku tabungan rekening Mandiri
  2. Lakukan pengisian formulir pembukaan RE dan MTI (Mandiri Tabungan Investor)
  3. Jika tak punya NPWP, tinggal isi surat keterangan sebelum membuka rekening saham
  4. Calon investor membuat RDN di Mandiri Tabungan Bisnis dan kemudian bisa mulai berdagang di pasar modal melalui MOST

Untuk Anda yang sudah memiliki rekening pribadi di bank Mandiri, proses pengisian dan penarikan dana ke RDN dan RE pada MOST tentu bisa dilakukan lebih cepat dan tanpa biaya. Anda bahkan bisa mengecek pengalokasian dana lewat mutasi rekening langsung.

Langkah-Langkah Beli Saham dengan MOST

Nah, jika sudah melakukan pendaftaran dan mengisi deposit awal minimal, maka Anda bisa langsung melakukan transaksi jual-beli saham dengan MOST.

Ada dua cara yang ditawarkan Mandiri Sekuritas untuk bisa melakukan perdagangan lewat MOST yakni akses website dan aplikasi. Berikut pembahasan singkatnya satu-persatu.

Menggunakan MOST Web

MOST Web (1)
MOST Web (1) © duwitmu

Seperti namanya, agar bisa bertransaksi dengan MOST Web maka Anda harus mengaksesnya lewat website resmi MOST yakni www.most.co.id. Siapkan User ID, password dan PIN supaya bisa masuk. MOST Web ini bisa diakses oleh investor melalui berbagai gawai entah PC, laptop hingga smartphone tanpa perlu memasang aplikasi MOST.

Baca juga: Belajar Saham, Tips Aman Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Agar bisa melakukan transaksi, Anda tinggal pilih menu TRADE yang menawarkan berbagai fitur penting seperti:

MOST Web (2) © duwitmu
MOST Web (2) © duwitmu
  • ORDER BOOK: Untuk melihat volume BID (antrian pembelian) dan OFFER (antrian penjualan) di bursa sekaligus HIGH (harga tertinggi) dan LOW (harga terendah) dalam sesi perdagangan
  • STOCK SEARCH: Kolom untuk mencari saham emiten yang diinginkan
  • ORDER LIST: Melihat status order transaksi termasuk mengubah jumlah harga (AMEND) atau membatalkan (CANCEL) orderan selama masih berstatus OPEN
  • ORDER FORM: Memulai tahapan pembelian atau penjualan saham dengan mengisi ketentuan kode saham, pilihan jual atau beli, nominal harga saham hingga jumlah saham
  • HISTORICAL TRANSACTION: Menampilkan catatan transaksi pengguna
  • SUMMARY: Menampilkan jumlah transaksi pada hari yang ditentukan
  • CHART: Menampilkan grafik pergerakan saham di BEI
  • FUND WITHDRAWAL: Untuk menarik dana dari RE
  • VIEW CASH: Menampilkan jumlah piutang, hutang, cash dan net cash milik pengguna
  • VIEW PORTFOLIO: Melihat portfolio investor

Menggunakan MOST App dan MOST Mobile

MOST Mobile © irfan.id
MOST Mobile © irfan.id

MOST Mobile dan MOST App merupakan aplikasi MOST yang bisa digunakan di smartphone (Android/iOS) dan komputer (PC/laptop). Berikut tata cara penggunaannya agar bisa melakukan transaksi saham:

tampilan MOST App © irfan.id
tampilan MOST App © irfan.id
  1. Masuk ke aplikasi MOST dengan menggunakan User ID dan password yang dimiliki
  2. Setelah login, Anda akan memperoleh informasi STOCK PICK untuk perdagangan hari ini. Agar bisa melakukan transaksi pilih tombol COMP pada baris menu di bagian atas
  3. Sama seperti MOST Web, akan ada seluruh fitur-fitur penunjang aktifitas trading seperti penjelasan sebelumnya
  4. Jika Anda membeli saham di harga antrian, harus menunggu sampai tersentuh OFFER. Proses ini bisa diamati lewat menu ORDER LIST
  5. Saat orderan yang dimau sudah diterima, maka Anda bisa langsung mendapat saham emiten yang dapat dicek langsung melalui menu PORTFOLIO
  6. Untuk mengetahui apakah kamu untung (PROFIT) atau rugi (LOSS), tinggal perhatikan saja warna pada informasi bursa. Di mana kalau harga saham naik yang artinya untung, maka angka bakal berwarna hijau. Sementara sebaliknya, angka akan berwarna merah

Baca juga: Belajar Saham, Mengenal Lebih Dalam Tentang Saham

Kesimpulan

Melalui berbagai keunggulan dan fitur yang ditawarkan, MOST relatif mudah digunakan oleh investor baik mereka pemula atau profesional di pasar modal.

Bahkan bukan hanya sekadar saham, MOST juga menyediakan reksadana dan obligasi yang cukup menguntungkan. Apalagi dengan adanya MOST Sharia, membuat MOST sebagai platform trading terlengkap, berkualitas dan pastinya aman.

Bagikan ;