Deretan Sekuritas Saham Terbaik di Indonesia (2020)

Ada banyak sekuritas / broker saham yang ada di Indonesia, namun sebagai investor kita harus bisa menentukan sekuritas / broker saham terbaik yang tentunya sudah teregulasi oleh pemerintah.

Mengapa kita harus memilih sekuritas atau broker saham yang sudah teregulasi? Karena jika perusahaan sekuritas sudah teregulasi oleh pemerintah dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akan membuat kita lebih aman dan tentunya nyaman untuk berinvestasi di pasar modal.

Bagi kamu yang sudah terbiasa di berinvestasi di pasar modal tentunya sudah mengetahui apa itu perusahaan sekuritas, tetapi jika kamu merupakan investor pemula mungkin masih ada yang masih bingung tentang sekuritas.

Secara bahasa, sekuritas sebenarnya diambil dari bahasa Inggris yakni ‘security‘ yang berarti keamanan. Sekuritas sendiri merupakan sebuah surat utang bersifat likuid, yang dapat dengan mudah dan cepat dijadikan uang atau kas, atau bisa juga diuangkan.

Jika kamu ingin mengenal lebih dalam tentang apa itu sekuritas? Kamu bisa membaca lebih detail pada pembahasan berikut: Pengertian, Jenis dan Bentuk Sekuritas.

Nah sekarang kamu sudah mengerti apa itu sekuritas pada kesempatan kali ini kita akan merangkum khusus nih buat kamu sekuritas saham terbaik yang ada di indonesia.

Untuk lebih mudah memahami kita akan membagi dalam beberapa sub pembahasan. Diantaranya:

  1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia
  2. Mandiri Sekuritas
  3. BNI Sekuritas
  4. Credit Suisse Sekuritas Indonesia
  5. Maybank Kim Eng Sekuritas
  6. Macquarie Sekuritas Indonesia
  7. J.P. Morgan Sekuritas Indonesia
  8. UBS Sekuritas Indonesia
  9. CLSA Sekuritas Indonesia
  10. Indo Premier Sekuritas
  11. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Tak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita kepembahasan yang pertama di perusahaan sekuritas terbaik yang ada di Indonesia.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas yang berpuat di Jakarta, Indonesia dan berdiri sejak 1994. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 dengan nama Monas Buana Securities.

Mirae Asset Sekuritas lndonesia memperoleh ijin usaha sebagai perantara pedagang efek dan penjamin emisi efek, masing-masing pada tanggal 09 Maret 1992 dan 24 September 2014. Mirae Asset Securities Indonesia merupakan salah satu sekuritas terbaik dan pemain terkemuka di dunia Pasar Modal Indonesia.

Bukan rahasia lagi bahwa, Mirae sekuritas memang menawarkan banyak kelebihan bagi para investor saham di Indonesia, sehingga banyak investor yang mempercayakan pengelolaan uang di pasar modal pada perusahaan ini.

Ruang lingkup kegiatan usaha Mirae Asset Sekuritas lndonesia meliputi perantara pedagang efek dan penjamin emisi efek.

Dan jika kalian ingin mengenal lebih dalam tentang salah-satu sekuritas terbaik di Indonesia ini, silahkan baca ulasan berikut: Pilihan Banyak Investor: Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas adalah perusahaan sekuritas dengan izin sebagai pialang saham sejak 1992. Perusahaan ini terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1991 dengan nama Merincorp Securities Indonesia. Kemudian, pada tahun 2000, perusahaan merger dengan dua perusahaan sekuritas lain, yaitu Exim Sekuritas dan Bumi Daya Sekuritas, terkait dengan bergabungnya 4 bank milik pemerintah yang membentuk Bank Mandiri.

Perusahaan ini memiliki anak usaha di bidang manajer investasi yaitu Mandiri Manajemen Investasi yang sebelumnya merupakan divisi manajer investasi didalam Mandiri Sekuritas, yang berdiri sejak 2004.

Selain itu, Mandiri Sekuritas memiliki anak usaha di Singapura bernama Mandiri Securities Pte Ltd yang bergerak dibidang yang sama dengan Mandiri Sekuritas.

Dan terus memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia melalui ekspansi regional Asia.

Selain itu Mandiri sekuritas merupakan mitra strategis bagi Pemerintah dan korporasi dalam mencari pendanaan di pasar modal internasional.

Mandiri sekuritas merupakan salah-satau perusahaan sekuritas terbaik yang ada di Indonesia yang sudah kenyang dengan puluhan penghargaan sebagai sekuritas terbaik yang ada di tanah air.

Baca juga: Review Mandiri Sekuritas Online Trading MOST (Jual Beli Saham Aman)

BNI Sekuritas

BNI Sekuritas

Salah-satau perusahaan sekuritas berplat merah selain Mandiri adalah BNI Sekuritas, dimana pada saat ini BNI Sekuritas terus mempoles diri sebagai salah-satu perusahaan sekuritas terbaik yang ada di Indonesia, lewat layanan dan pelbagai akses investasi secara mudah.

Dikutip dari laman resminya. PT BNI Sekuritas didirikan pada tanggal 12 April 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.

Pada awal pendirian, 99,85% saham PT BNI Sekuritas dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., dan sisanya sebesar 0,15% oleh Koperasi Karyawan.

PT BNI Sekuritas bergerak di bidang pasar modal yang meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking dan assets management dengan nomor Izin Usaha Perusahaan Efek.

Sebagai perusahaan yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BNI Sekuritas memiliki izin sebagai penyedia  jasa penjamin emisi efek,  perantara pedagang efek, serta  agen penjual reksadana.

PT BNI Sekurities memiliki izin usaha dibidang penjamin emisi efek dengan Nomor : KEP-20/PM/1995 dan perubahan penggunaan izin usaha perusahaan efek sebagai penjamin emisi efek atas nama PT BNI Securities menjadi izin usaha atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor: KEP-20/PM.2/2017

PT BNI Sekurities memiliki izin usaha dibidang perantara pedagang efek KEP-19/PM/1995 dan perubahan penggunaan izin usaha perusahaan efek sebagai perantara pedagang efek atas nama PT BNI Securities menjadi izin usaha atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor : KEP-21/PM.2/2017

BNI Sekuritas bertekad untuk terus menghadirkan layanan terbaik melalui peningkatan nilai tambah nasabah dengan cara mengembangkan sistem transaksi saham online.  

Sistem ini terus disempurnakan agar senantiasa bisa memuaskan nasabah dalam hal transaksi secara online. Di samping itu, dalam menjalankan prinsip-prinsip GCG (Good Corporate Governance) dan mentaati peraturan Pasar Modal Indonesia.

Jika kalian ingin mendaftar di BNI Sekuritas, kalian bisa membacanya pada panduan berikut: Mudah! Begini Cara Mendaftar BNI Sekuritas

Dan jika kalian ingin mengetahui lebih dalam tentang BNI sekuritas kalian bisa membacanya disini Review BNI Sekuritas Online Trading, BIONS

Credit Suisse Sekuritas Indonesia

Credit Suisse Sekuritas Indonesia

Dalam laman profilnya dijelaskan bahwa Credit Suisse Sekuritas Indonesia menjadi salah-satu manajer sekuritas yang terkemuka yang ada di Indonesia dengan kemampuan perbankan investasi yang kuat.

Kami berusaha untuk mengikuti pendekatan yang seimbang terhadap manajemen kekayaan, yang bertujuan untuk memanfaatkan kekayaan dalam jumlah besar dalam pasar yang matang serta pertumbuhan signifikan dalam kekayaan di Asia Pasifik dan pasar negara berkembang lainnya.

Didirikan pada tahun 1856, saat ini CS memiliki jangkauan global dengan operasi di sekitar 50 negara dan 46.840 karyawan dari lebih dari 170 negara yang berbeda. Kantor pusat beralamat di Gedung Sampoerna Strategic Square Lantai 23, Jalan Jenderal Sudirman Kav 45-46, Jakarta, lndonesia.

Strategi kami dibangun di atas kekuatan inti Credit Suisse: posisinya sebagai manajer kekayaan terkemuka, kemampuan perbankan investasi spesialisnya dan keberadaannya yang kuat di pasar dalam negeri kami di Swiss.

Kami berusaha untuk mengikuti pendekatan yang seimbang terhadap manajemen kekayaan, yang bertujuan untuk memanfaatkan kumpulan kekayaan yang besar di pasar yang sudah mapan serta pertumbuhan kekayaan yang signifikan di Asia Pasifik dan pasar negara berkembang lainnya, sambil juga melayani pasar-pasar berkembang utama dengan penekanan pada Swiss.

Kami melayani klien kami melalui tiga divisi yang berfokus pada kawasan: Swiss Universal Bank, International Wealth Management dan Asia Pacific. Bisnis regional ini didukung oleh dua divisi lain yang berspesialisasi dalam kapabilitas perbankan investasi: Pasar Global dan Perbankan Investasi & Pasar Modal.

Maybank Kim Eng Sekuritas

Maybank Kim Eng Sekuritas

Dalam laman resminya di jelaskan Maybank Kim Eng terdiri dari bisnis yang tersebar di seluruh dunia dengan kantor di Malaysia, Singapura, Hong Kong, Thailand, Indonesia, Filipina, India, Vietnam, Inggris Raya, dan Amerika Serikat, dan memiliki kehadiran di Timur Tengah melalui Anfaal Capital.

Maybank Kim Eng telah berada di Asia selama lebih dari 40 tahun dan menyediakan layanan di bidang keuangan perusahaan, pasar modal hutang, pasar modal ekuitas, derivatif, perantara pedagang efek ritel dan kelembagaan dan penelitian.

Maybank Kim Eng telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi di pasar yang dilayaninya; kami dinobatkan sebagai Broker Terbaik di Asia Tenggara dan Rumah Ekuitas Terbaik di Alpha Southeast Asia Best FI Awards 2015, dan Bank Investasi Terbaik di Malaysia pada Penghargaan Euromoney untuk Keunggulan 2015.

Maybank Kim Eng adalah cabang perbankan investasi yang dimiliki sepenuhnya dari Maybank; salah satu grup perbankan terkemuka di Asia dan bank terbesar keempat di Asia Tenggara berdasarkan aset.

Maybank telah menempati peringkat di antara 20 Bank Terkuat Terbaik Dunia oleh Bloomberg Markets selama dua tahun berturut-turut 2013 dan 2014.

Dan memiliki jaringan kantor internasional di 19 negara yang melayani lebih dari 22 juta pelanggan di seluruh dunia.

Macquarie Sekuritas Indonesia

Macquarie Sekuritas Indonesia

Dalam laman resminya dijelaskan PT Macquarie Sekuritas Indonesi, didirikan tanggal 15 Mei 1990 berdasarkan Akta Notaris Ny. Siti Pertiwi Henny Shidki, S.H. No. 290.

Anggaran Dasar Perusahaan telah disetujui oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. C2-3546.HT.01.01.TH.90 tertanggal 16 September 1990 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 62 tertanggal 2 Agustus 1991 Tambahan No. 2355.

Ruang lingkup kegiatan Perusahaan meliputi usaha penjaminan emisi efek dan perantara pedagang efek.

Perusahaan memperoleh ijin usaha sebagai penjamin emisi efek dan perantara pedagang efek dari BAPEPAM-LK (sekarang Otoritas Jasa Keuangan) melalui Surat Keputusan No. KEP-42/PM/1992 dan KEP-43/PM/1992 pada tanggal 19 Februari 1992. Perusahaan memulai kegiatan komersialnya di bulan Februari 1992.

Anggaran Dasar Perusahaan telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu, terakhir berdasarkan Akta Notaris Eliwaty Tjitra, S.H. No.75 tertanggal 30 Januari 2017, mengenai perubahan nama Perusahaan dari PT Macquarie Capital Securities Indonesia menjadi PT Macquarie Sekuritas Indonesia.

Perubahan ini telah diterima dan dicatat oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Keputusan No. AHU 0002646.AH.01.02 tertanggal 1 Februari 2017.

Macquarie adalah grup layanan keuangan global yang beroperasi di 31 pasar dalam manajemen aset, perbankan ritel dan bisnis, manajemen kekayaan, penyewaan dan pembiayaan aset, akses pasar, perdagangan komoditas, pengembangan energi terbarukan, perbankan investasi, dan investasi utama.

Keragaman operasi kami, dikombinasikan dengan posisi permodalan yang kuat dan kerangka kerja manajemen risiko yang kuat, telah berkontribusi pada rekor profitabilitas tak terputus selama 51 tahun.

J.P. Morgan Sekuritas Indonesia

J.P. Morgan Sekuritas Indonesia

Pada laman resminya dijelaskan bahwa tahun 1968, Chase Manhattan memperoleh izin perbankannya di Indonesia dan membuka cabang di Jakarta, diikuti oleh kantor perwakilan pada tahun 1978.

Sejak saat itu, kami telah memberikan layanan perbankan investasi dan perbankan komersial kepada sektor publik dan swasta, yang mencakup banyak biru multinasional.  

Kami telah beroperasi di Asia Pasifik sejak 1872, dan saat ini telah hadir di 17 pasar di wilayah tersebut. Klien mengandalkan kekuatan global, keahlian lokal, dan kepemimpinan di seluruh lini bisnis kami.

Di Asia Pasifik, kami berkomitmen untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusi ekonomi melalui inisiatif filantropi utama kami di bidang kesiapan tenaga kerja, pengembangan usaha kecil, dan kemampuan keuangan.

Investasi kami bertujuan untuk meningkatkan jumlah pekerjaan berkualitas yang diciptakan untuk individu dan komunitas yang kurang mampu, membantu usaha kecil menjadi lebih berkelanjutan, serta membantu orang-orang yang terpinggirkan dalam mendapatkan akses ke produk keuangan yang terjangkau sehingga mereka dapat menjadi lebih aman secara finansial.

J.P. Morgan adalah pemimpin global dalam layanan keuangan, menawarkan solusi kepada perusahaan, pemerintah, dan institusi terpenting di dunia di lebih dari 100 negara.

UBS Securities Indonesia

UBS Securities Indonesia

PT UBS Securities Indonesia (AK) didirikan tanggal 05 Juli 1982 dengan nama PT Aksara Kencana. Kantor pusat UBS Securities Indonesia beralamat di Wisma GKBI Suite 2202; Jl. Jend. Sudirman Kav. 28, Jakarta, lndonesia.

UBS Securities Indonesia tergabung dalam Grup UBS AG yang memiliki anak usaha dan afiliasi diseluruh dunia. Adapun Pemegang saham UBS Securities Indonesia (AK), antara lain: UBS AG (98,60%) dan PT Madariprima Indonusa (1,40%).

Ruang lingkup kegiatan usaha UBS Securities Indonesia meliputi jasa perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

UBS Securities Indonesia memperoleh ijin usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (pialang saham) tanggal 15 Oktober 1983 dan sebagai Penjamin Emisi Efek tanggal 21 Juni 1996.

Baca selengkapnya di Review UBS Sekuritas Indonesia (AK) Lengkap dan Terbaru

CLSA Sekuritas Indonesia

CLSA Sekuritas Indonesia

PT CLSA Sekuritas Indonesia didirikan tanggal 23 April 1990 dengan nama PT Dian Adyasecurita dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1990. Kantor pusat CLSA Indonesia beralamat di Wisma GKBI Suite 901, Jl. Jend. Sudirman No.28, Jakarta, lndonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha CLSA Indonesia meliputi perantara perdagangan efek dan penjamin emisi.

CLSA Indonesia memperoleh ijin usaha sebagai perantara pedagang efek dan penjamin emisi efek, masing-masing pada tanggal 25 Pebruari 1992.

Didirikan di Hong Kong pada tahun 1986, saat ini jaringan global CLSA menjangkau 21 lokasi di Asia, Australia, Eropa dan Amerika Serikat.

Terkenal karena menyajikan berbagai ide investasi, manajer aset global secara konsisten memilih penelitian CLSA sebagai yang paling independen dan merangsang pemikiran di pasar.

Kami bekerja erat dengan manajer aset, perusahaan, pemerintah, dan kantor keluarga untuk memberikan gagasan penelitian yang paling dapat diinvestasikan.

Melalui perusahaan induk kami, CITIC Securities, kami memiliki akses tak tertandingi ke Cina untuk peluang keuangan perusahaan, pasar modal, dan investasi.

Kami memanfaatkan arus modal keluar dan membantu investor global dalam menavigasi pasar modal Tiongkok.

Staf CLSA yang terdiri dari sekitar 2.000 orang di 21 lokasi menentukan budaya keunggulan, inovasi, integritas, inklusi, dan perayaan kami. Baca ulasan selangkapnya di Mengenal CLSA Sekuritas Indonesia : Review dan Cara Mendaftar.

Indo Premier Sekuritas Indonesia

Indo Premier Sekuritas Indonesia

Dalam laman resminya dijelaskan PT Indo Premier Sekuritas (“IndoPremier”) adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal yang melayani klien individu maupun korporasi berdasarkan ijin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Pada tahun 2002, founders dari IndoPremier membeli perusahaan efek ini dan dinamakan PT Indo Premier Securities yang kemudian berubah menjadi PT Indo Premier Sekuritas pada tahun 2017.

Sejak itu, IndoPremier menjadi pelopor dalam berbagai bidang usaha efek di Indonesia. Hingga saat ini, dari sisi pangsa pasar maupun kapitalisasi modal, IndoPremier telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pelaku pasar modal terbesar dengan kapitalisasi modal yang lebih dari Rp 1.5 Triliun per 31 Desember 2019.

Visi dari IndoPemier adalah “To provide the most useful and ethical financial services, and consequently to be known as one of Indonesia’s great companies”.

Sedangkan Misi-nya adalah “To empower investor to take control of their financial lives, free from the high costs, complexities, conflict of interest, and to connect people to capital market”.

Dalam bidang usahanya, IndoPremier bergerak di bidang perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, dan manajemen investasi. Nasabah-nasabah yang terkait, dapat dibagi menjadi 2 kategori yang berbeda yaitu Retail dan Institusi.

Hingga saat ini, IndoPremier adalah salah satu perusahaan efek yang mempunyai peran sangat besar di 2 kategori ini. Hanya ada beberapa perusahaan efek di Indonesia yang sangat berhasil di kedua kategori nasabah, karena biasanya suatu perusahaan efek hanya dapat berkonsentrasi di satu kategori nasabah.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Dalam laman resminya dijelaskan CGS-CIMB adalah suatu Perusahaan yang terbentuk secara Joint Venture (“JV”) dengan struktur kepemilikan yang sama antara China Galaxy International Financial Limited, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh China Galaxy Securities Co., Ltd (“CGS”), dan CIMB Group Sdn Bhd (“CIMB”).

Di Indonesia, CGS-CIMB hadir dengan nama PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia (sebelumnya dikenal sebagai PT CIMB Sekuritas Indonesia).

Dengan Joint Venture tersebut, saat ini kami berada di posisi yang strategis untuk menyentuh jaringan luas yang dimiliki oleh kedua pemilik saham tersebut.

Dimana hal ini tentunya terus memperkuat pondasi jaringan bisnis kami yang tersebar melalui kantor, cabang dan mitra secara grup di lebih dari 20 negara dan juga kantor-kantor cabang di Indonesia yang terdapat di 8 kota besar.

Sebagai perusahaan sekuritas yang bergerak dalam bidang jasa investasi, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan layanan terbaik bagi Anda.

Didukung oleh tim riset yang kuat dan handal yang telah memenangkan berbagai penghargaan internasional, tim riset kami meliput secara komprehensif lebih dari 64 perusahaan tercatat di Indonesia dan juga lebih dari 800 perusahaan jika didukung oleh tim riset secara grup.

Dengan kekuatan tim riset yang dimiliki oleh CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, tentunya hal ini mendukung produk dan jasa investasi yang kami tawarkan kepada para investor.

PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia memiliki izin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) No. Izin: KEP-92/PM/1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. Izin: KEP-93/PM/1992. PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: 10 Daftar Saham Terbaik Untuk Pemula

Itulah perusahaan sekuritas saham terbaik yang ada di Indonesia, dengan memilih perusahaan sekuritas yang baik dan tentunya sudah teregulasi oleh OJK, kita menjadi lebih aman dan nyaman dalam berinvestasi. Semoga bermanfaat!

Bagikan ;