Categories: Sekuritas

Review Ajaib Sekuritas Asia, Aplikasi Investasi Saham Untuk Pemula

Sudah familiar dengan aplikasi Ajaib? Dulu aplikasi ini melayani transaksi reksadana online saja. Tapi sejak Ajaib Group mengakuisisi Primaasia Sekuritas dan mendirikan PT Ajaib Sekuritas Asia, kita juga bisa investasi saham lewat aplikasi Ajaib.

Bagi Anda yang sebelumnya sudah menggunakan aplikasi ini untuk investasi reksadana, mungkin sudah tahu bahwa kini kita bisa investasi di dua instrumen keuangan (reksadana dan saham). Karena menu transaksi saham di aplikasi Ajaib secara otomatis muncul di beranda.

Namun memang perlu tetap mendaftar lagi untuk memiliki rekening saham. Pendaftaran rekening saham juga tidak sulit, dan tergolong cepat. Jadi Anda tidak usah khawatir.

Banyak yang mengatakan bahwa aplikasi Ajaib ini cocok untuk pemula yang ingin belajar berinvestasi lewat saham karena tidak ada minimal pembelian saham (hanya mengikuti ketentuan 1 lot saja). Apakah Anda juga tertarik untuk berinvestasi saham lewat aplikasi Ajaib? Yuk simak ulasan selengkapnya!

Mengenal PT Ajaib Sekuritas Asia

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai aplikasi sahamnya, sebagai calon investor ada baiknya juga mengenal lebih dalam bagaimana seluk beluk perseroan (PT Ajaib Sekuritas Asia).

Perusahaan yang tergabung dalam Ajaib Group ini adalah hasil akuisisi dari Primasia Sekuritas yang sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1989. Namun Ajaib Group secara resmi mengakusisinya pada pada bulan Mei 2020 yang lalu. Itulah mengapa sekarang aplikasi ini juga bisa melayani transaksi investasi saham.

PT Ajaib Sekuritas Asia tentunya sudah terdaftar menjadi anggota BEI dan menjdapatkan izin usahanya sebagai Perantara Pedagang Efek.

Sekuritas yang satu ini memiliki kantor pusat yang berada di Neo Soho Podomoro City, Lantai 30-03, Jalan Letjen S. Parman, Kav. 28, Jakarta Barat. Walaupun terbilang baru, namun Ajaib Sekuritas memiliki visi untuk menjadi sekuritas lokal yang bisa mengembangkan pasar modal ke taraf internasional.

Aplikasi Ajaib sendiri sudah tersedia di google play store (android) maupun app store (apple) oleh lebih dari 500.000 user di google playstore dan mendapatkan rating 4.2/5 dari 17.000 reviewer. Nah, bagaimana dengan kinerja dari aplikasinya sendiri?

Review Aplikasi Investasi Saham Ajaib

Fitur Aplikasi Investasi Saham Ajaib

Pendaftaran 100% online

Sejak awal nampaknya Ajaib memang hendak membuka akses lebih luas ke pasar modal untuk masyarakat umum dengan cara pendaftaran online yang mudah dan cukup cepat.

Seperti biasanya, jika kita ingin ikut serta dalam investasi saham, maka kita perlu memiliki RDN (Rekening Dana Nasabah). Di Ajaib, Anda hanya perlu kuota untuk mendowload aplikasinya dan mengikuti prosedur pendaftaran.

Anda juga tidak perlu mengirimkan berkas melalui kurir dokumen. Cukup menyiapkan dokumen data pribadi seperti foto KTP dan bersedia melakukan verifikasi online lewat video saat pembukaan RDN.

Jika proses pendaftaran selesai, tunggu 1×24 jam hingga kita disetujui dan bisa mulai berinvestasi. Nantinya, ketika permohonan pembukaan rekening saham di setujui semua konten komunitas bisa Anda lihat.

Fitur Komunitas dan Training Belajar Investasi

Untuk pemula forum diskusi dan belajar investasi sangat di perlukan. Ketika Anda sudah punya RDN di Ajaib Anda bisa memanfaatkan fasilitas platform yang terintegrasi dengan forum diskusi dan juga materi belajar investasi. Fitur komunitas adalah fitur medsosnya para investor.

Jadi dari investor pemula hingga senior bisa berkumpul dan saling berdiskusi disana. Namun karena masih terbilang baru, mungkin forum diskusinya belum terlalu ramai tapi materi pembelajaran yang di sediakan selalu update, informatif dan variatif.

Fasilitas Top Up Mudah dan Lengkap

Untuk menyetorkan dana investasi, Anda perlu mentransfernya ke nomor RDN. Nomor RDN Anda akan di kirimkan lewat e-mail jika akun saham sudah di setujui. Rekening saham yang terdaftar di Ajaib adalah RDN Bank Permata.

Namun Anda bisa melakukan top up dari bank apa saja dengan menggunakan ATM, m-banking, atau internet banking).

Gratis Penarikan Dana dari RDN ke Rekening*

Karena Ajaib menggunakan RDN Bank Permata, maka tidak ada biaya charge (gratis) jika Anda hendak melakukan penarikan dana dari RDN ke rekening Permata Anda.

Dimana penarikan dana ke bank lain di kenakan charge LLG sebesar Rp. 2500. Untuk penarikan minimal bisa mulai dari Rp. 10.000 dan akan di proses di hari yang sama jika withdraw di lakukan sebelum jam 15.00.

Fitur Data Emiten Lengkap

Sebelum memutuskan berinvestasi pada saham A, B, atau C kita tentunya perlu memahami data berkaitan dengan emiten. Di aplikasi Ajaib, data yang di sediakan selalu up to date dan lengkap.

Sebagai investor kita bisa memilih saham berdasarkan sektornya ataupun saham-saham pilihan yang populer dari segi Top Value, Top volume, Top Frequency, Top Gainer dll.

Jika Anda aperlu mempelajari fundamental emiten, data-data statistik untuk menilai aspek fundamental juga sudah di sediakan. Seperti halnya rasio PBV, PER, RoA, RoE, NPM dll).

Begitupun dengan aspek finansialnya (Blance sheet, cash flow, income statement), kalender aksi korporasi dan tentu berita-berita terbaru seputar ekonomi dan investasi.

Ada Kode Referral dengan Program Menarik

Ada satu hal lain yang menarik dari aplikasi Ajaib ini yakni adanya fitur kode referral dengan program yang menarik. Khususnya untuk Anda yang concern pada investasi saham, And abisa mendaptakna 1 lot saham gratis dan gratis biaya broker dengan membagikan kode referral. Setiap akun yang terdaftar pasti memiliki kode referralnya sendiri dan bisa di bagikan ke berbagai medsos.

Cara kerjanya, setelah kamu membagikan kode referral ini ke 10 teman dan mengingatkan mereka untuk mulai berinvestasi di Ajaib.

Lalu Anda akan mendapatkan 1 koin ajaib untuk setiap teman yang sudah berinvestasi menggunakan kode referreal Anda. Setelah itu Anda bisa memilih menukarkan koin ajaib dengan pilihan bonus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada Fitur CS Online

Jika Anda hal-hal yang ingin Anda tanyakan, Anda bisa menggunakan layanan customer servise (cs) baik lewat fitur chat yang tersedia di palikasi maupun email. CS cukup responsif terutama pada jam kerja.

Baca juga : Review Lengkap J.P. Morgan Sekuritas Indonesia (BK)

Namun terkadang memang butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan balasan, sekalipun Anda meninggalkan ruang chat nantinya Anda akan di hubungi lewat email saat mendapatkan balasan dari CS.

Keunggulan Ajaib

Aplikasi investasi saham Ajaib ini punya beberapa keunggulan yang menambah nilai plusnya di mata investor pemula. Selain fitur yang menarik, aplikasi ini juga :

1. Tidak Ada Minimum Modal

Umumnya jika jika ingin investasi saham, perusahaan sekuritas memiliki batasan minimum transaksi. Bahkan biasanya pihak sekuritas akan meminta sejumlah uang untuk di isi ke RDN nasabah sebagai syarat pembukaan rekening saham.

Jumlahnya bisa mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 10.000.000, barulah setelah itu investor bisa melakukan pembelian saham.

Nah di Ajaib, tidak ada minimum modal jika Anda ingin berinvestasi saham. Jadi nilainya mengikuti harga per-Lot sahamnya.

Misalnya harga saham yang hendak Anda beli harganya Rp. 100/lembar saham, berarti tinggal Rp. 100 x 100 lembar saham (1 Lot). Sehingga Anda hanya perlu menyiapkan Rp. 10.000 saja untuk mulai investasi saham.

Baca juga : Mengenal Top Broker : Macquarie Sekuritas Indonesia (RX)

Ini adalah kabar baik untuk mahasiswa atau pemula yang ingin belajar investasi saham. Anda tidak perlu mengambil resiko terlalu tinggi dalam mengeluarkan modal.

2. Biaya (Fee) Broker Murah

Untuk Anda yang baru ingin mulai berinvetasi saham, perlu Anda ketahui kalau transaksi saham tidaklah gratis. Baik itu ketika membeli ataupun menjualnya kembali. Ada beberapa jenis biaya yang di keluarkan saat bertransaksi saham, berikut rinciannya :

  • Biaya broker, yakni komisi yang di tetapkan oleh broker dalam setiap transaksi saham yang di lakukan. Jumlahnya berbeda-beda tergantung beokernya, namun umumnya berkisar 0,15%-0,35%
  • Biaya transaksi (Levy), yaitu biaya yang di bebankan kepada investor pada setiap transaksi atas penggunaan fasilitas bursa. Besarannya yakni 0,04% yakng terdiri dari BEI (0,01%), KSEI (0,01%), biaya kliring KPEI (0,01%), serta dana jaminan KPEI (0,01%)
  • PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 0,03% dari jumlah transaksi saham
  • PPh (Pajak Penghasilan) yang hanya di bayarkan saay penjualan saham saja sebesar 0,1% dari nilai bruto trnsaksi penjualan saham

Biaya transaksi saham di aplikasi Ajaib tergolong murah yakni berkisar mulai dari 0,1% membeli saham san 0,1% untuk menjualnya kembali (untuk transaksi di bawah Rp. 150 juta). Jadi, pastikan saldo di RDN cukup untuk membeli saham termasuk biaya transaksinya.

3. Aplikasi Mobile yang User Friendly

Untuk Anda yang masih awam menggunakan aplikasi investasi, tenang saja karena aplikasi ajaib ini sangat mudah digunakan untuk investasi saham. Mulai dari melihat saham hingga fitur ordernya. Anda tidak perlu mnegtik jumlah raga secara manual, tinggal menekan (+) atau (-) pada form order. Nantinya jumlah pembayaran akan secara otomatis berubah mengikuti jumlah lotnya.

Kekurangan Ajaib

Walaupun punya banyak fitur investasi saham yang menarik dan keunggulan yang sangat berguna terutama untuk pemula, aplikasi Ajaib juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan aplikasi Ajaib?

1. Tampilan Mobile, Tidak Full-Screen

Karena apps based, sehingga tampilannya pasti mobile friendly. Ini memang suatu keuntungan untuk investor yang cenderung membeli saham untuk investasi.

Namun untuk tradiung saham, tampilan desktop akan lebih membantu karena tampilan grafiknya full screen. Hal ini membuat aplikasi Ajaib cenderung lebih cocok untuk investor saham jangka panjang yang mengandalkan analisis fundamental karena data-datanya lengkap.

2. Fitur Order Masih Standar dan Aplikasi Masih Dalam Pengembangan

Fitur order memang sudah cukup bagi investor secara umum. Namun tergolong masih standar dan cenderung kurang bagi untuk investor yang membutuhkan fitur khusus yang lebih canggih.

Baca juga : Cara Membeli Saham IPO di Indo Premier serta Ketentuannya

Aplikasi belum menyediakan fitur-fitur booking yang canggih seperti early booking, auto order atau automatic stop loss. Fitur pemesanan saham IPO juga belum tersedia.

Kesimpulan

Aplikasi Ajaib sangat menarik terutama bagi pemula karena menawarkan kemudahan dari berbagai sisi. Mulai dari pendaftaran online yang mudah dan cepat, fee yang murah, tampilan fitur aplikasi yang user friendly, hingga tidak adanya minimum modal yang biasanya menjadi syarat banyak sekuritas. Namun demikian, tetap saja aplikasi ini juga punya kelemahan apalagi memang fitur investasi sahamnya masih dalam tahap pengembangan.

Bagikan ;
Share
Published by
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Ini 8 Investasi Modal Kecil Mulai dari 100 Ribuan, Cocok Bagi Pemula!

Jika mendengar kata investasi maka yang akan terpikirkan adalah sesuatu yang memiliki nilai keuntungan. Hal…

2 minggu ago

HERO Tutup Semua Giant, Begini Kinerja 8 Saham Emiten Ritel Modern

Kabar mengejutkan datang dari sektor ritel modern. Terbaru, PT Hero Supermarket Tbk (HERO), mengumumkan bakal…

3 minggu ago

Merger Gojek – Tokopedia, 8 Emiten Saham Teknologi Langsung Cuan?

Setelah begitu ramai berhembus sejak April kemarin, akhirnya dua raksasa startup asal Indonesia takni Gojek…

3 minggu ago

Penting! Ini Cara Membedakan Saham Likuid dan Tidak Likuid

Bagi Anda para investor pemula yang ingin memulai investasi saham, pasti sudah pernah mendapatkan saran…

4 minggu ago

Investor Wanita dan Bagaimana Perkembangannya Saat Ini ?

Pada tanggal 21 April 2021 yang lalu adalah hari peringatan nasional yang kita kenal sebagai…

1 bulan ago

Mau Investasi Saham? Pahami Dulu Apa itu Bid dan Ask Serta Istilah Lain

Sebenarnya, pada saat kita bertransaksi saham di pasar sekunder (setelah IPO) kita bukan lagi hanya…

1 bulan ago