Sekuritas

Mengenal Top Broker : Macquarie Sekuritas Indonesia (RX)

Macquarie Sekuritas Indonesia merupakan salah satu sekuritas “asing” terbesar yang hampir selalu masuk dalam jajaran broker dengan nilai transaksi tertinggi setiap pekannya.

Pada pekan kedua bulan Juni 2020 yang lalu, Macquarie menembus nilai transaksi sebesar Rp. 6,81 Triliun dengan frekuensi 104.926 juta kali. Hal ini menjadikannya sebagai sekuritas paling moncer pada pekan itu dan menempati urutan ke 4 setelah Mandiri Sekuritas.

Pada umumnya, sekuritas “asing” cenderung membidik klien pada level instansi/perusahaan/swasta. Hal ini karena tentu saja banyak instansi, perusahaan maupun swasta sangat memerlukan jasa sekuritas untuk mengelola asetnya.

Dan seperti yang kita tahu, aset instansi/perusahaan/swasta cenderung besar karena merupakan aset publik ataupun bisnis. Sehingga sekalinya melakukan transaksi akan besar dan “memborong” saham pilihan yang ada di pasar modal.

Namun transaksi investasi tersebut tentunya tidak boleh sembarangan. Perlu adanya riset dan analisis yang mendalam dari para ahli.

Selain investasi di pasar modal, biasanya instansi/perusahaan/swasta juga perlu cara lainnya untuk bisa sukses mengelola aset-asetnya.

Misalnya saja justru membutuhkan akses ke pemodalan yang lebih besar untuk berkembang lebih jauh dan mencapai tujuan-tujuan strategis. Hal ini tentunya membutuhkan jaringan yang luas dan juat bahkan hingga internasioal.

Itulah mengapa tidak sedikit juga instansi/perusahaan luar yang memiliki akun di sekuritas-sekuritas yang ada di Indonesia. Sekuritas ini kemudian di sebut juga sekuritas “asing”, karena akses globalnya termasuk Macquarie Sekuritas Indonesia.

Namun tentunya setiap sekuritas pasti plus minusnya tersendiri. Nah, bagaimana dengan kinerja broker dengan kode RX ini?

Profil dan Sejarah Singkat

PT Macquarie Sekuritas Indonesia (RX) berdiri pada tanggal 15 Mei 1990. Dulu namanya adalah PT Macquarie Capital Securities Indonesia.

RX telah memiliki izin dari BAPEPAM-LK (kini OJK) sejak 19 Februari 1992 usaha sebagai penjaminan emisi efek dan perantara pedagang efek. Sehingga perusahaan ini memulai kegiatannya secra komersial pada tahun 1992.

Pada tahun 2017 terjadi perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yang akhirnya membuat nama perusahaan juga berubah dari yang tadinya PT Macquarie Capital Securities Indonesia menjadi PT Macquarie Sekuritas Indonesia.

Sama seperti beberapa perusahaan sekuritas “asing” lainnya, Macquarie juga memiliki induk usaha karena merupakan bagian dari anak usaha suatu perusahaan holding.

Induk usahanya yakni Macquarie International Holdings Ltd dan induk usaha utamanya yaitu Macquarie Group Ltd.

Ada yang menarik dari induk usaha Macquarie (RX) ini. Ternyata Macquarie Group Ltd merupakan grup usaha di bidang perbankan investasi serta jasa keuangan terbesar di Australia.

Perusahaan ini berdiri pada tanggal 10 Desember 1969 dengan nama Hill Samuel Australia Limited. Kemudian pada tahun 1996, Macquarie terdaftar di Bursa Efek Australia dengan kode saham MQG.

Sebagai sekuritas Internasional yang memiliki pengalaman puluhan tahun, Macquarie telah terbukti berhasil menangani permasalahan klien-klien besar dalam masa-masa sulitnya.

Misalnya saja Sendai Airport (Jepang) yang mana Macquarie berperan sebagai penasihat financial saat Sendai Airport hancur akibat gempa bumi. Pada bidang energi, Marquarie juga telah memfasilitasi transisi Australia ke sistem kelistrikan rendah karbon.

Saat ini Macquarie International Holdings Ltd merupakan pemegang saham terbesar saham Macquarie Sekuritas Indonesia, yakni sebesar 85 %. Sisanya dimiliki oleh Macquarie Capital Securities (Austr) Ltd sebesar 14 % dan Stanley Abdoel Rasid Dunda sebanyak %.

Dalam struktur manajerial RX, Sam Fabian Fay menjabat sebagai komisaris RX sejak 2016 lalu dan Andang Taruna yang menjadi komisari independen, baru bergabung di tahun 2020 ini. Pada jajaran direksi RX terdiri dari Stanly Dunda selaku presiden direktur,Emilia Lazaro dan Anita Budi Susanti sebagai direktur.

Nilai Transaksi RX

Selama ini, Macquarie Sekuritas Indonesia (RX) terkenal dengan nilai transaksinya yang besar di antara sekuritas-sekuritas lain yang ada di Indonesia. Berikut adalah gambaran nilai transaksi RX selama 3 tahun terakhir setiap bulannya!

#advanceampadstable0#

Review Macquarie Sekuritas Indonesia

Macquarie Sekuritas Indonesia memiliki harapan akan membawa dampak sosial yang positif dengan memberdayakan masyarakat untuk inovatif dan berinvestasi demi masa depan yang lebih baik. Apakah harapan ini sejalan dengan kinerja atau kapabilitasnya?

Baca juga : Mengenal CLSA Sekuritas Indonesia : Review dan Cara Mendaftar

Kapabilitas Sumber Daya yang Mumpuni

Setiap perusahaan sekuritas memiliki kapabilitas dan kekhasan yang unik. Begitu juga dengan Macquarie Sekuritas Indonesia.

Macquarie telah memiliki tim ahli dan juga jaringan global yang sangat luas. Secara umum, ruang lingkup kapabilitas Marcquarie Sekuritas Indonesia meliputi :

  • Pengembangan Bisnis, yakni membantu para investor untuk membangun bisnis dan membawa perubahan. Dalam hal ini ada beberapa bidang yang menjadi fokus Macquarie, yakni : energi, infrastruktur dan teknologi.
  • Mengelola keuangan, yakni secara aktif mengelola keuangan klien pada berbagai kategori dan kelas aset. Misalnya investasi pada bidang infrastruktur, real estate, pertanian, ekuitas, pendapatan tetap, kredit swasta dan transportasi.
  • Penasihat/konsultan, untuk mendukung klien mencapai tujuan strategisnya dengan beberapa fokus yakni : pasar modal, akuisisi & merger serta riset.
  • Keuangan, yakni membantu menyediakan pemodalan kepada individu dan bisnis.
  • Trading. Macquarie menyediakan akses pasar, penentuan harga, dan distribusi di seluruh komoditas dan pasar keuangan untuk klien.

Produk/ Layanan Marcquarie Sekuritas Indonesia

Biasanya layanan pada sekuritas “asing” cenderung menyasar level korporasi/perusahaan. Hal inilah yang membuat adanya perbedaan fee transaksi, dan setoran minimum yang jauh lebih tinggi dari sekuritas “lokal” pada umumnya.

Namun sebenarnya kita masih bisa menggunakan layanan Macquarie Sekuritas Indonesia dengan memanfaatkan layanan untuk personal. Meskipun memang tetap mengikuti ketentuan umumnya yang cenderung bertujuan untuk kebutuhan pengembangan bisnis dan korporasi/perusahaan.

Produk dan layanan Macquaries Sekuritas Indonesia (RX) terdiri dari 4 jenis layanan. Apa sajakah itu?

  • Macquarie Asset Management (MAM)
    Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun dalam bidang sekuritas, kini Macquarie (RX) telah menjadi 50 manajer aset global terbaik saat ini. Layanan MAM memberikan solusi investasi bagi klien dengan berbagai bidang kemampuan seperti infrastruktur & energi terbarukan, real estate, pertanian, pembiayaan transportasi, kredit swasta, ekuitas, pendapatan tetap, dan solusi multi-aset. Per-Maret 2020, MAM sudah memiliki aset sebesar $A597,7 miliar di bawah manajemen.
  • Banking and Financial Services
    Layanan Perbankan dan Keuangan (BFS) Macquarie terdiri dari perbankan ritel dan jasa keuangan yang menawarkan : perbankan untuk pribadi sepertipinjaman rumah, kartu kredit, rekening transaksi dan tabungan, serta pembiayaan kendaraan/ Lalu ada juga manajemen kekayaan, perbankan bisnis, konsultan, pialang, dan klien bisnis.
  • Comodities and Global Markets
    Hingga saat ini, Macquarie sudah memiliki portfolio ast keuangan sebesar $A8.5 dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Layanan ini menyediakan akses untuk klien ke lebih dari 200 produk dan 25 segmen pasar. Bagaimana Macquarie melakukannya? Tentu saja Macquari memiliki tim ahli riset dan memberi wawasan tentang pasar seara mendalam dan masih banyak lagi.
  • Macquarie Capital
    Layanan ini bertujuan membantu klien mewujudkan peluang dengan pengelolaan utang, ekuitas, serta peningkatan dan pembiayaan modal swasta. Hal ini tentunya di dukung dengan tim yang memliki keahlian pada bidangnya masing-masing dan mampu menghasilkan ide-ide yang inovarif.

Fasilitas Akses Online Untuk Klien

Jika Anda sudah terdaftar sebagai klien, Anda akan memiliki akses online dengan cara log in pada website sesuai dengan layanan yang Anda pilih. Sehingga Anda sebagai klien bisa dengan mudah mengakses akun kapan dan dimana saja. Jika Anda klik bagian log in pada website resmi Macquari Sekuritas Indonesia, maka Anda kan menemukan 5 opsi log in yakni :

  • Personal
  • Business Banking
  • Brokers
  • Advers
  • Corporate & Instutional

Ketika Anda klik lagi, terdapat beberapa pilihan log in lagi, misalnya pada log in untuk layanan personal ada opsi Macquarie online, YourLease car loans, Managed funds dan inner circle.

Jika Anda meng-klik salah satunya maka Anda sistem akan meminta Anda mengisi ID dan password untuk log in.

Bagaimana cara mendapatkan ID dan passwordnya? Anda perlu registrasi terlebih dahulu tentunya. Caranya akan di jelaskan setelah ini.

Baca juga : Review UBS Sekuritas Indonesia (TAK) Lengkap dan Terbaru

Cara Menjadi Klien Macquarie Sekuritas

1. Mendatangi Kantor Perwakilan Macquarie Indonesia (RX)

Anda bisa datang ke kantor pusat Macquarie Sekuritas Indonesia yang berada di The Indonesia Stock Exchange Building Tower I, 8th Floor, Jalan Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, Senayan, Jakarta Selatan.

Lalu datang ke bagian customer service atau marketingnya. Selain itu Anda juga bisa menelepon terlebih dahulu untuk mengatur waktu pertemuan atau menanyakan persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mengakses layanan tertentu lewat nomor berikut ini +6221-2598 8300.

2. Mengisi Form Pendaftaran Klien RX

Petugas/ Staff akan menjelaskan dan membimbing Anda untuk mengisi form pendaftaran. Isilah semua data-data dengan benar dan jelas. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan, lebih baik jika langsung menanyakannya ke petugas.

3. Serahkan Persyaratan Dokumen

Untuk menjadi salah satu klien dari Macquarie Sekuritas Indonesia, tentunya And aperlu menyerahkan persyaratan dokumen. Biasanya yang wajib Anda siapkan adalah KTP/KITAS/ Paspor dan fotocopy rekening koran. Namun hal ini bisa juga bergantung pada layanan apa yang Anda pilih. Jika urusannya dengan perusahaan biasanya memerlukan dokumen lainnya.

4. Ikuti Proses Pendaftaran Hingga Bisa Log In Akun Secara Online

Petugas/staff akan mengarahkan Anda untuk mengikuti prosedur pendaftaran yang lainnya.

Ikuti petunjuk petugas hingga proses registrasi offline Anda berhasil, selanjutnya Anda perlu registrasi secara online dengan mengklik “New to Macquarie?”

.. pada bagian log in. Masukan Macquarie ID yang sebelumnya telah petugas berikan dan juga nomor hp Anda yang masih aktif.

Lalu klik Submit. Jika registrasi online Anda sudah berhasil, maka Anda sudah bisa log melalui Macquarie ID dan password.

Baca juga : Review Lengkap J.P. Morgan Sekuritas Indonesia (BK)

Penutup

Itulah ulasan mengenai sekuritas asal Australia, Macquarie Sekuritas Indonesia. Jika Anda atau perusahaan Anda tertarik menjadi salah satu kliennya, dapat mempertimbangkan langkah-langkah yang telah kita bahas sebelumnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda tentang sekuritas yang ada di Indonesia.

Bagikan ;
Share
Published by
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Pahami Perbedaan Antara ETF dan Reksa Dana

Baru – baru ini Bursa Efek mengeluarkan catatan transaksi investasi ETF yang mengalami peningkatan selama…

4 hari ago

Kebangkrutan Evergrande Dan Dampaknya Bagi Pasar Saham

Pasar global kembali geger dengan fenomena Evergrande yang berpotensi gagal bayar hutang perusahaan. Evergrande hari…

2 minggu ago

Cara Beli Saham Netflix, Starbucks, Disney di Bursa Amerika

Tertarik dengan saham-saham luar negeri khususnya di Bursa Amerika? Apakah kita yang ada di Indonesia…

2 minggu ago

Mengintip Pergerakan Saham-Saham LQ45 ‘Termahal’ di BEI

Bagi Anda yang sudah terbiasa menjelajahi pasar modal seperti BEI (Bursa Efek Indonesia) misalnya, saham-saham…

3 minggu ago

Mengenal Robot Trading Yang Lagi Disoroti BAPPEBTI

Baru – baru ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengumumkan telah memblokir banyak situs…

3 minggu ago

Profil 8 Emiten Perusahaan yang Listing IPO Pada Bulan September

Pada awal September 2021, ada 8 emiten perusahaan yang baru listing IPO di Bursa Efek…

4 minggu ago