Saham

Catat Nih! Buat Investor yang Mengincar Saham LQ45 Harga Murah

Prinsip sederhana bermain saham adalah membeli saham murah lalu menjualnya saat harga mahal. Maka tak jarang banyak investor khususnya yang bermodal cekak mengincar saham yang bisa dibeli dengan harga murah namun tentunya tidak murahan.

Nah biasanya kamu akan mencari saham yang berkategori saham blue chip atau saham LQ45 yang sudah dikenal memiliki daya tahan dalam segala situasi ekonomi. Karena perusahaan yang berkategori tersebut biasanya merupakan perusahaan yang sudah mapan dan berpengalaman yang sudah lama menjalankan bisnisnya dan tentunya memiliki fundamen yang baik.

Nah apakah kamu sedang mencar saham murah namun memiliki prospek jangka panjang yang baik? Jika ia kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai, karena kami akan memberikan referensi bagi kamu daftar saham yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau.

Bagi seorang investor dengan modal minim maka kamu tidak hanya mempertimbangkan data fundamental atau indikator teknikal tapi juga mempertimbangkan harga sebuah saham. Karena akan menentukan modal yang dibutuhkan untuk membeli saham tersebut.

Itulah alasan sebagian investor khususnya pemula yang bermodal cekak mengapa mereka mengincar saham-saham yang harganya murah di pasar modal.

Sekarang memang ada banyak saham yang di jual murah namun kamu juga perlu berhati-hati ketika akan membelinya, jangan asal beli harga saham murah saja tanpa kamu memperhatikan kondisi perusahaan dan prospek masa depan saham tersebut.

Maka kamu perlu mencarinya di saham yang berkategori blue chip atau LQ45 yang sudah jelas dan terpercaya bahwa perusahaan yang masuk kategori saham tersebut bukan perusahaan abal-abal. Langkah selanjutnya adalah mencari saham murah yang masuk kategori tersebut.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik untuk Membeli Saham Bagi Investor Pemula

Mengapa Memilih Saham LQ45?

Sebagai informasi ada banyak saham yang bisa kita pilih tetapi banyak orang cenderung merekomendasikan saham LQ45? Alasannya sederhana karena saking banyaknya saham yang terdaftar di BEI, kurang lebih ada 780 saham yang bisa kita beli.

Beberapa keunggulan saham LQ45 sudah sedikit disinggung pada pembahasan di atas. Untuk lebih memfokuskan bagi kamu pilihanya ada di saham LQ45 karena jumlah perusahaasn ada 45 yang bisa menjadi alternatif pilihahmu dalam kamu mengoleksi saham.

Tentunya lebih mudah memantau saham-saham dalam indeks LQ45 karena hanya ada 45 saham saja di dalamnya. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa kamu lebih baik memilih saham LQ45, dengan semakin sedikitnya saham yang kamu pelajari maka kamu akan semakin fokus untuk bisa menentukan mana saham yang akan kamu beli.

Lalu saham apa saja yang harganya murah yang terdapat di LQ45? Berikut kamu sajikan datanya:

1. SMRA (Summarecon Agung)

SMRA bergerak dalam bidang pengembangan properti dan manajemen termasuk pengembangan properti residensial dan komersial untuk dijual, pengelolaan dan penyewaan properti, dan penyediaan fasilitas klub rekreasi. Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1976.

Harga SMRA pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp985,00 per lembar saham.

2. PWON (Pakuwon Jati)

PWON adalah pengembang properti, real estat terdiversifikasi yang fokus di Jakarta dan Surabaya. Portofolio properti utama Perusahaan mencakup pengembangan ritel, residensial, komersial dan perhotelan. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada bulan Mei 1986.

Harga PWON pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp. 515,00 per lembar saham.

3. KRAS (Krakatau Steel)

KRAS adalah salah-satu produsen baja terbesar di di Indonesia. Perusahaan ini telah menambahkan fasilitas produksinya seperti Sponge Iron Plant, Steel Billet Plant, dan Wire Rod Plant, serta fasilitas infrastruktur tenaga listrik dan instalasi pengolahan air, dan sistem telekomunikasi.

Harga KRAS pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp. 630,00 per lembar saham

4. SIDO (Sido Muncul)

SIDO bergerak dalam bidang industri herbal seperti industri medis (farmasi), herbal, kosmetik, makanan dan minuman yang berkaitan dengan kesehatan, perdagangan, transportasi darat dan jasa.

Harga SIDO pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp. 800,00 per lembar saham

5. SRIL (Sri Rejeki)

SRIL atau Sritex bergerak dalam bidang pemintalan, tenun, dyeing, percetakan, finishing kain dan pembuatan pakaian. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1978.

Harga SRIL pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp.160,00 per lembar saham.

6. INKP (Indah Kiat Pulp & Paper)

INKP bergerak di bidang pembuatan kertas, pulp dan kertas kemasan. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1978. Entitas induk utama dari perusahaan dan anak perusahaan adalah PT. Purinusa Ekapersada, yang didirikan di Republik Indonesia, yang merupakan bagian dari Grup Sinarmas.

Harga INKP pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp.9.175,00 per lembar saham.

7. BBNI (Bank Negara Indonesia)

BNI adalah bank umum milik negara. BNI didirikan pada tanggal 5 Juli 1946. Ruang lingkup kegiatan BNI adalah melakukan usaha di bidang perbankan umum.

Harga BBNI pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp.5.775,00 per lembar saham.

8. BBTN (Bank Tabungan Negara)

BBTN bergerak dalam kegiatan perbankan komersial. Bank BTN memulai kegiatannya berdasarkan prinsip syariah pada tanggal 14 Februari 2005 dengan pengoperasian cabang syariah pertamanya di Jakarta.

Harga BBTN pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp.1.630,00 per lembar saham.

9. ADRO (Adaro Energy)

ADRO adalah perusahaan pertambangan batu bara terpadu yang berbasis di Indonesia. ADRO dan anak perusahaannya bergerak dalam bidang pertambangan batubara, perdagangan batubara, jasa kontraktor penambangan, infrastruktur, logistik batubara dan kegiatan pembangkit tenaga listrik.

Harga ADRO pada penutupan perdagangan, 25 April 2021 sebesar Rp.1.200,00 per lembar saham.

Itulah rekomendasi daftar murah saham LQ45 yang bisa sebagai rujukan bagi kamu yang tertarik berinvestasi saham. Dimana saham LQ45 ini merupakan kumpulan perusahaan yang bisa dipercaya dan sudah lama malang melintang menjalankan bisnisnya, sehingga sebagai seorang investor kamu bisa lebih nyaman menjalankan investasi.

Bukan Jaminan Keberhasilan

Membeli saham murah tidak selalu menjamin kamu akan berhasil karena kamu akan mendapatkan keuntungan berlibat ketika kamu nanti menjualnya kembali.

Maka sekali lagi diperlukan analisa yang mendalam sebelum kamu akan menentukan pilihan mana saham yang akan kamu beli, jika memang kamu pemula tidak ada salahnya juga bagi kamu untuk mencari mentor orang yang sudah berpengalaman lama di pasar modal.

Hal ini mutlak diperlukan supaya kamu lebih bisa menata diri dan juga bisa menentukan saham mana yang akan kamu beli dan juga tentunya memikirkan strategi yang baik untuk mengarungi investasi di pasar modal.

Selain itu kamu juga harus memikirkan risiko pada setiap saham-saham yang kamu telah incar, dengan mempertimbangkan risiko tersebut kamu bisa meminimalisiri kegagalan yang mungkin bisa kamu alami dikemudian hari.

Karena investasi saham bukan saja berbicara masalah cuan namun juga ada risiko yang sudah siap

harus kamu terima. Risiko investasi saham ini merupakan sesuatu yang melekat atau tidak dapat dipisahkan dari kegiatan investasi saham. Rencana investasi sebaiknya bukan hanya memikirkan soal keuntungan, tapi juga risiko yang menyertaianya.

Risiko investasi saham ini perlu diketahui oleh investor sebagai salah satu pertimbangan sebelum mengambil keputusan investasi. Tanpa pengetahuan soal risiko ini, investasi saham bisa berujung kepada kekecewaan, kemarahan hingga penyesalan.

Baca juga: Rekomendasi Saham yang Cocok untuk Mahasiswa, Yuk Cek Daftarnya

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

Ada Varian Baru Covid-19, Seperti Ini Performa Emiten Saham Minyak

Tanpa terasa pandemi Covid-19 sudah hampir dua tahun melanda Indonesia. Tentu jika melihat apa yang…

3 hari ago

Kenalan dengan NFT, Aset Digital yang Viral di 2021

Dalam beberapa bulan terakhir, nama NFT (Non-Fungible Token) tengah ramai diperbincangkan. Tidak hanya mereka yang…

2 minggu ago

Diborong Konglomerat, Intip Kinerja Saham Emiten Rumah Sakit

Tanpa terasa pandemi Covid-19 sudah hampir dua tahun lamanya melanda seluruh dunia. Perubahan jelas terjadi…

2 minggu ago

Horor Krisis Evergrande, Ada Properti China Gagal Bayar Lagi?

Sepanjang bulan Oktober 2021 kemarin, perekonomian China memang jadi sorotan dunia. Tak lain dan tak…

2 minggu ago

First Jobber Mau Beli Saham? Simak Hal-Hal Berikut Ini!

Lulus kuliah atau sekolah, lalu memperoleh penghasilan dari pekerjaan pertama. Sangat menyenangkan, bukan? Kondisi inilah…

3 minggu ago

Mengenal Berbagai Musim Saham, Kapan Waktu Terbaik Berinvestasi?

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang beresiko tinggi. Namun bukan berarti kita tidak…

1 bulan ago