Categories: Saham

Rekomendasi Saham yang Cocok untuk Mahasiswa, Yuk Cek Daftarnya

Investasi saham kini semakin popular sebagai salah-satu pilihan investasi untuk mahasiswa, karena kini investasi saham terbilang terjangkau untuk semua kalangan, tidak seperti dulu saham identik dengan investasi mahal yang perlu mengeluarkan banyak modal.

Selain terjangkau untuk mahasiswa investasi saham juga terbilang menjanjikan dan cara menggunakannya pun relatif mudah terlebih lagi kini banyak penyedia aplikasi saham yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi saham hal ini tentu sangat memudahkan bagi pemula dan juga mahasiswa.

Selain itu risiko investasi saham juga terbilang minim tidak hanya itu informasi mengenai seluk beluk saham juga sekarang sangat mudah diakses di internet hal ini bisa menjawab kebingungan bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam dunia investasi saham.

Bursa Efek Indonesia (BEI) juga sangat mendukung kaum muda dalam hal ini mahasiswa untuk terjun ke investasi saham lewat beberapa kebijakan yang mendukung bagi pemula atau mahasiswa dengan budget yang terbatas. Dimana kamu sebagai mahasiswa dapat membeli saham dengan modal kecil sesuai dengan kantong mahasiswa.

Hal ini tentu memberi angin segar bagi mahasiswa yang mulai memikirkan investasi guna kemudahan di masa depan, dari pada uang yang digunakan untuk nongkrong dengan teman dan membeli barang yang belum tentu ada manfaatnya.

Peluang ini tentunya membuat kesempatan untuk bisa berinvestasi semakin mudah dan tidak boleh disia-siakan begitu saja terlebih bagi kamu yang mulai sadar akan pentingnya investasi maka tak ada salahnya kamu mulai menyisihkan uang bulanmu dan belajar untuk menjadi seorang investor yang handal.

Namun tentunya dirimu juga harus dibekali bekal yang mumpuni untuk menjadi seorang investor handal, diimbangi dengan mau belajar terkait dengan seluk beluk saham hingga mahir dalam menganalisasa dan bertransaksi di pasar modal.

Tips Memulai Investasi Saham bagi Mahasiswa

Meski sangat menjanjikan dalam berinvestasi saham tidak perlu buru-buru dalam bertransaksi dengan modal besar, alangkah baiknya mulailah dengan modal kecil sembari kamu belajar dengan baik bagaimana cara bermian di pasar modal secara tepat. Ada beberapa tips nih buat kamu untuk suskes di pasar modal meski statusmu masih mahasiswa.

1. Belajar Saham

Jika kamu ingin sukses di pasar modal tidak ada kata lain selain kamu harus rajin belajar saham, terlebih kamu tergolong masih pemula yang cenderung masih bingung dalam dunia saham, maka belajar merupakan kunci untuk kamu bisa sukses di investasi saham.

Karena seluk beluk hal untuk dipelajari dalam dunia pasar modal sangatlah banyak seperti kamu harus tahu perekonomian dunia, serta kamu juga harus mempelajari hal pengetahuan dasar dalam investasi saham seperti analisis teknikal dan fundamental.

2. Lakukan transaksi dalam jangka panjang

Mahasiswa sebaiknya melakukan transaksi saham dalam jangka yang panjang karena kamu disamping masih pemula risiko untuk ketika memilih saham dalam jangka panjang relatif minim, terlebih saat ini kamu masih mahasiswa yang masih labih jika harus memilih bertransaksi dalam jangka pendek.

Trading saham sangat tidak dianjurkan bagi para pemain saham pemula karena memiliki risiko yang besar bila kamu tidak bisa mengkontrol dirimu bukan untung yang kamu dapatkan malah bisa sebaliknya, jadi jangan tergiur untuk mendapatkan keuntungan besar dalam investasi saham secara cepat semua perlu proses.

3. Beli saham perusahaan besar

Sebagai pemain saham pemula kamu jelas memerlukan investasi yang aman, dan investasi yang aman itu salah satunya berinvestasi sahamlah melalaui perusahaan yang sudah mapan dan perpengalaman dalam menjalankan bisnisnya.

Maka kamu harus memilih perusahaan besar yang memiliki kompetensi serta basis konsumen yang besar dan memiliki kecendurungan perusahaan yang terus tumbuh dan memiliki prospek yang baik dalam jangka panjang.

Karena kamu harus tahu investasi saham merupakan jenis investasi yang fluktuatif bergerak naik turun sangat cepat untuk itu kamu harus jeli memilih perusahaan terpercaya yang bisa mengantarkankanmu sukses di pasar saham.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi pegangan bagi kamu dalam terjun ke pasar modal, beberapa tips tersebut tentunya tidak akan berpengaruh positif ke dirimu jika kamu tidak mau berkembang dan sekali lagi terus belajar di pasar modal.

Daftar Rekomendasi Saham untuk Mahasiswa

Selain tips bermain saham yang aman kamu juga harus bisa memilih saham yang berpotensi menjadikan kamu keuntungan, para pemain saham yang sudah professional cenderung merekomendasikan bagi pemula untuk memilih saham blue chip.

Dimana saham blue chip merupakan saham yang sudah mapan secara pengalaman maupun financial dan cenderung tumbuh konsisten secara positif lewat keuntungan-keuntungan yang di dapat oleh perusahaan dalam bisnisnya.

Karena memiliki performa perusahaan yang cukup baik dari masa ke masa, tak jarang saham ini menjadi populer dan favorit di kalangan investor saham. Hal ini disebabkan kemungkinan perusahaan dalam memberikan laba cukup besar. Selain itu, kemampuannya menghadapi dinamika pasar juga sudah teruji.

Maka dari itu saham blue chip merupakan saham yang cocok bagi mahasiswa dalam bermain saham selain aman juga dengan kinerja perusahaan yang sudah terpercaya memungkinkan memberikan imbal hasil yang baik di masa depan. Nah berikut ini rekomendasi saham untuk mahasiswa yang layak kamu pilih yang juga berkategori blue chip:

1. Bank Central Asia (BCA) – BBCA

Jika kamu tertarik berinvestasi saham pada sector perbankan Bank Centra Asia / BCA layak menjadi pilihanmu karena perusahaan swasta ini dikelola oleh perusahaan yang terpercaya dan tentunya professional bila dibandingkan dengan bank lain.

Baca yuk, Sejarah Perkembangan Saham BBCA

Diantara bank lain BCA juga memiliki ROA atau Return on Asset yang paling tinggi bila dibandingkan dengan bank lain. Inilah yang membuat saham BCA memiliki volume 11.378.100 lembar saham dan terus tumbuh dari tahun ke tahun.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) – BBRI

Jika kamu mengingikan berinvestasi di bank berplat merah maka yang layak menjadi koleksimu adalah Bank Rakyat Indonesia / BRI, di pasar modal saham yang memiliki kode BBRI ini memiliki performa yang tak kalah istimewa dari BCA serta tergolong aktof dalam perdagangan di pasar modal dengan jumlah saham fantastis mencapai 123.345.810.000 di market.

Baca yuk, Saham BBRI dan Pertumbuhannya

Salah-satu factor terkuat mengapa BRI memiliki market pasar adalah dengan komitmen kuat untuk terus memberikan kredit usaha kecil seperti UMKM, tidak hanya itu dibeberapa kesempatan BBRI juga memberikan stock split sehingga menarik banyak orang untuk membeli saham bank ini di pasar modal.

3. Unilever – UNVR

Rekomendasi saham yang layak dibeli untuk mahasiswa selanjutnya adalah Unilever, siapa yang tidak kenal dengan perusahaan yang berasal dari Inggris ini, dan mungkin kamu juga sebagai salah satu konsumen perusaan tersebut lewat produk produk berkualitas yang sudah akrab digunakan oleh mayoritas orang Indonesia.

Yuk baca ulasan, Saham UNVR Pertumbuhan

Ambilah salah satu produk Unilever seperti Rexona, atau Lifeboy siapa yang tidak tahu produk produk tersebut, maka tak mengherankan bahwa perusahaan ini akan terus tumbuh dan tentu saja potensial jika kamu berinvestasi di perusahaan ini. Terlebih saat ini perusahaan consumer goods terbesar di Indonesia.

4. Telkom Indonesia – TLKM

Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan berbagai bidang bisnis yang dijalankan, perusahaan ini juga bisa dikatakan sebagai perusahaan tersukses dalam bisnis telekomuniskasi di Indonesia.

Baca yuk, perkembangan saham telkom

Maka tak mengeherankan jika setiap tahun Telkom memiliki konsistensi tinggi dalam memperoleh laba bersih bahkan disaat perekonomian tidak stabil seperti saat ini, hal ini tentu saja membuat banyak investor memburu untuk membeli saham pada perusahaan ini.

5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk – ICBP

PT Indofood CBP Sukses Makmur memiliki produk mie instan yang menjadi andalan karena pangsa besar baik di dalam maupun luar negeri, tidak hanya produk mie instan yang sukses di pasaran masih banyak produk yang juga tak kalah sukses diminati oleh masyarkat seperti minyak goreng dan bumbu masakan.

Maka tak mengherankan dari sisi laba bersih setiap tahun mengalami kenaikan, dan menjadi incaran banyak investor di dunia untuk mengkoleksi saham di perusahaan ini khususnya bagi kamu yang bertujuan investasi saham jangka panjang.

6. Bank Mandiri – BMRI

Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian di Indonesia.

Lewat pengalaman dan kondisi perusahaan yang baik dari segi fundamental menjadikan perusahaan perbankan berplat merah ini menjadi stabil. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki performa jangka panjang dengan return stabil sehingga cocok diinvestasikan dalam jangka panjang.

7. PT Astra International Tbk – ASII

Astra Internasional merupakan salah-satu perusahaan raksasa di Indonesia dalam bisnis otomotif, tidak hanya itu perusahaan ini juga memiliki bidang usaha lain seperti jasa keuangan, teknologi informasi, alat berat, infrastruktur, dan juga logistik.

Sudah merajai produk otomotif ditambah dengan pelbagai bidang yang mulai digarap maka tak mengherankan jika saham Astra menjadi banyak dilirik oleh investor baik dari luar maupun dalam dan juga cocok juga dikoleksi untuk mahasiswa karena fundamen perusahaan yang stabil.

8. Aneka Tambang Tbk – ANTM

ANTAM merupakan perusahaan pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi ekspor. Melalui wilayah operasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang kaya akan bahan mineral, kegiatan ANTAM mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari komoditas bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit, dan batubara.

Perusahaan berplat merah milik BUMN ini merupakan perusahaan yang sudah mapan serta berpengalam sejak tahun 1968 maka tak mengherankan jika Antam layak dikoleksi khususnya bagi kamu nih para mahasiswa.

9. PT Gudang Garam Tbk – GGRM

Gudang Garam merupakan salah-satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang sudah berpengalaman di Indonesia, produk-produk rokoknya pun akrab dikonsumsi masyarakat di Indonesia, tidak hanya di Indonesia produk rokok perusahaan ini pun dikenal oleh baik di luar negeri.

Lewat produk yang sudah dikenal luas baik dari dalam maupun luar maka tak mengherankan jika perusahaan rokok ini diprediksi oleh banyak pihak akan terus berkembang dan meningkat tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Bahkan meski dunia sedang dalam krisis wabah pandemi seperti saat ini perusahaan ini tidak goyah dan terus mendapatkan keuntungan.

Baca juga: 8 Saham Papan Pengembangan yang Melejit di Bursa dan Bisa Dilirik

Itulah beberapa saham untuk mahasiswa yang bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau, saham-saham tersebut merupakan saham potensial yang dimiliki juga oleh perusahaan yang sudah mapan di Indonesia. Sehingga memungkinkan bagi kamu untuk sukses di pasar modal jika kamu membeli saham dari perusahaan-perusahaan di atas.

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

Ini 8 Investasi Modal Kecil Mulai dari 100 Ribuan, Cocok Bagi Pemula!

Jika mendengar kata investasi maka yang akan terpikirkan adalah sesuatu yang memiliki nilai keuntungan. Hal…

2 minggu ago

HERO Tutup Semua Giant, Begini Kinerja 8 Saham Emiten Ritel Modern

Kabar mengejutkan datang dari sektor ritel modern. Terbaru, PT Hero Supermarket Tbk (HERO), mengumumkan bakal…

3 minggu ago

Merger Gojek – Tokopedia, 8 Emiten Saham Teknologi Langsung Cuan?

Setelah begitu ramai berhembus sejak April kemarin, akhirnya dua raksasa startup asal Indonesia takni Gojek…

3 minggu ago

Penting! Ini Cara Membedakan Saham Likuid dan Tidak Likuid

Bagi Anda para investor pemula yang ingin memulai investasi saham, pasti sudah pernah mendapatkan saran…

4 minggu ago

Investor Wanita dan Bagaimana Perkembangannya Saat Ini ?

Pada tanggal 21 April 2021 yang lalu adalah hari peringatan nasional yang kita kenal sebagai…

1 bulan ago

Mau Investasi Saham? Pahami Dulu Apa itu Bid dan Ask Serta Istilah Lain

Sebenarnya, pada saat kita bertransaksi saham di pasar sekunder (setelah IPO) kita bukan lagi hanya…

1 bulan ago