Trading

Aplikasi Saham Terbaik yang Dibutuhkan Investor

Saat ini, makin banyak orang menyadari pentingnya berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang kini umum menjadi perbinjangan adalah saham.

Hal ini tidak terkecuali karena kemajuan teknologi yang sangat pesat beberapa tahun belakangan ini. Orang-orang bisa belajar mengenai saham kapanpun karena informasi sudah tersedia melalui internet.

Kini kita juga sudah bisa membuka rekening dan berinvestasi saham hanya melalui aplikasi online. Investasi saham jadi semakin mudah saja.

Kualitas aplikasinya pun tidak bisa kita remehkan. Ada banyak aplikasi saham karya anak bangsa yang sudah sangat bagus & memiliki izin OJK.

Namun sebelum mulai berinvestasi Anda pasti perlu mempelajari value saham dan mencari data terkait emiten serta sahamnya.

Ditengah melimpahnya informasi tentang saham Anda pasti perlu informasi yang kredibel dan mudah di gunakan bukan? Apalagi untuk pemula, terkadang bingung media apa saja yang di butuhkan untuk mencari informasi.

Kali ini kita akan membahas aplikasi yang bisa memudahkan Anda mencari informasi terkait saham dan emiten sebelum membeli sahamnya. Berikut adalah aplikasi data analisa saham dan sekuritas terbaik serta terpercaya!

1. Aplikasi IDX Channel

Jika kita berbicara saham, tentu erat kaitannya dengan IDX (Indonesia Exchange) atau Bursa Efek Indonesia. Melalui situs resminya, IDX juga melampirkan page berita ter-update seputar pasar modal, bisnis dan ekonomi.

Karena berita dan informasi tersebut akan selalu jadi santapan para investor dan salah satu pemandu dalam berinvestasi. Tentu, berita ini bisa Anda mengkategorikannya sebagai berita yang kredibel dan layak untuk Anda pertimbangkan.

Jika dulu Anda harus membuka website IDX melalui browser dan mencari berita ter-update. Kini Anda tidak perlu repot membuka browser dan mengetikan kata kunci untuk update berita-berita hal tersebut.

IDX (Indonesia Exchange) atau Bursa Efek Indonesia sudah menyediakan aplikasi khusus berita/ informasi mengenai pasar modal, bisnis dan ekonomi terbaru bernama IDX Channel.

Anda akan di suguhkan berita-berita menarik tiap harinya. Mulai dari market news, inspirasi pebisnis sukses, IDXTaiment, edukasi investasi saham, dan infografis.

Anda bisa memantau harga saham pada halaman awal, dan tinggal mengetikan kode saham tertentu jika ingin mencari harga saham terupdate.

Ada juga fitur live streaming IDX Channel TV, yakni saluran media audio visual milik IDX yang mengulas berbagai hal seputar permodalan Indonesia. Jadi jika Anda bosan membaca berita, Anda bisa melihat sambil mendengarkan live streaming IDX.

2. Indonesia Stock Exchange

Selain IDX Channel, ada juga aplikasi data saham terpercaya lainnya, yakni Indonesia Stock Exchange.

Aplikasi Indonesia Stock Exchange sering menjadi rekomendasi untuk para pemula karena data sahamnya cukup lengkap dan mudah menggunakannya. Aplikasi ini bisa Anda download melalui google playstore.

Jika pada aplikasi IDX Channel Anda perlu mengetik kode saham yang ingin Anda lihat, pada aplikasi Indonesia Stock Exchange Anda tidak lagi perlu seperti itu.

Sebab ada menu watchlist yang memungkinkan Anda memilih saham-saham yang ingin Anda pantau sehingga bisa muncul secara otomatis tanpa mengetik lagi. Anda bisa menambahkan atau mengurangi saham yang ingin Anda pantau.

Ada juga menu stock detail yang memperlihatkan pergerakan saham setiap harinya. Selain pergerakan saham, menu stock detail juga bisa kinerja saham yang ingin kita lihat.

Ada menu fundamental yang memperlihatkan data-data fundamental emiten per-kuartal dengan berbagai rasio yang sangat lengkap.

Menu lainnya yang sangat berguna untuk para investor pada aplikasi ini adalah menu technical.

Menu ini, membantu kita dalam melakukan analisa teknikal dengan lebih mudah menggunakan moving average. Selain moving average, indikator teknikal lainnya seperti RSI, MACD dll dan memberikan rekomendasi.

3. RTI Business

Aplikasi lain yang sangat membantu para investor adalah RTI Business. Aplikasi ini bisa Anda download baik menggunakan android maupun iOS.

Selain mudah menggunakannya, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah ada banyak sekali fitur, sangat lengkap, dan gratis.

Seperti fitur market yang bisa kita gunakan untuk memantau harga saham, komposisi maupun volume transaksi saham.

Selanjutnya ada menu indicates yang berisi data index se-Asia, Eropa dan Amerika, yang mana jika ada perubahan pada index-index tersebut akan mempengaruhi index yang ada di Indonesia.

Jadi jika Anda berencana menjadi investor saham luar negeri juga, Anda bisa melihat index sahamnya terlebih dahulu melalui aplikasi ini.

Sama seperti aplikasi Indonesia Stock Exchange, pada aplikasi RTI Business juga terdapat fitur watchlist untuk memantau pergerakan harga saham tertentu dengan beberapa pilihan jangka waktu.

Lalu ada fitur chart untuk Anda yang ingin melakukan analisa teknikal dan menu financial untuk membantu analisa fundamentalnya. Sebenarnya selain aplikasi, ada juga bentuk websitenya yakni analytics.rti.co.id yang datanya juga lebih banyak ketimbang versi mobile.

4. IPOT

Kita sudah mengulas aplikasi-aplikasi data dan analitik saham. Kini kita akan mulai membahas mengenai aplikasi untuk membeli sahamnya itu sendiri. Salah satu aplikasi sekuritas yang banyak di rekomendasikan yakni IPOT.

IPOT adalah aplikasi sekuritas dari PT Indo Premier Sekuritas menggantikan aplikaasinya terdahulu, IPOTGO. Jadi jika Anda dulu sudah memakai IPOTGO, Anda bisa langsung menggantinya dengan aplikasi IPOT.

Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi informasi yang diperlukan kemudian ikuti langkah-langkahnya.

Beberapa hari kemudian, aku Anda sudah aktif dan Anda bisa sign in. Untuk sistem top upnya Anda bisa transfer ke nomor rekening RDN kita. Ada sangat banyak fitur menarik dan sangat berguna dalam analisis fundamental dan teknikal juga dalam jual beli saham salah satunya menu buy dan sell.

Pada pilihan fitur buy, terdapat dua pilihan yakni simply buy dan fast buy. Simply buy berarti Anda perlu memasukan kode saham dan Anda ingin membelinya pada harga berapa.

Kalau Fast buy berarti Anda aplikasi akan memperlihatkan orderbook dan memasang pada beberapa harga. Begitu juga dengan menu sell (jika ingin menjualnya).

5. Neo HOTS Mobile

Aplikasi Neo HOTS Mobile adalah aplikasi trading yang berasal dari PT Mirrae Asset Sekuritas Indonesia. Interface online trading di aplikasi Neo HOTS Mobile terlihat lebih berwarna dibandingkan aplikasi dari indo premier.

Jadi jika Anda lebih suka dengan tampilan visual yang lebih menarik Anda bisa mempertimbangkan Neo HOTS Mobile.

Baca juga : Review Mandiri Sekuritas Online Trading MOST (Jual Beli Saham Aman)

Secara kelengkapan data saham, news dan financial cukup lengkap. Walaupun terdapat pengurangan ketimbang versi websitenya namun tidak mengubah inti informasi.

Kemudian para pengguna banyak yang mengatakan kalau chart tools dari aplikasi Neo HOTS Mobile ini lebih baik ketimbang aplikasi IPOT karena sangat sangat mobile friendly.

6. Stockbit

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi investasi saham online, aplikasi Stockbit mungkin bisa menjadi alternatif Anda. Sebenarnya stockbit bukanlah broker, pialang saham atau manager investasi.

Namun aplikasi ini merupakan aplikasi investasi saham yang terhubung dengan PT Sinarmas Sekuritas.

Anda bisa melakukan jual beli saham melalui stockbit. Namun perlu mendaftar pada perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Jadi pendaftaran yang Anda lakukan adalah akun stockbit bukan rekening saham.

Tapi kini stockbit sudah menyediakan layanan pendaftaran rekening saham sinarmas secara online asalkan Anda memiliki E-KTP atau bagi yang masih pelajar/mahasiswa perlu melampirkan foto identitas orangtua sebagai sumber dana.

Pada aplikasi Stockbit terdapat menu unik yang jarang dimiliki aplikasi sejenis yang lain. Fitur tersebut salah satunya Stream.

Fitur ini seperti halnya social media yakni bisa membagikan informasi pemikiran kita dan kita pun bisa mendapatkan informasi dari user lainnya.

Kedua ada fitur screener yang merupakan fitur untuk memilah saham sesuai kriteria yang kita tentukan. Stockbit juga memiliki fitur watchlist yang bisa membuka beberapa saham pilihan disertai dengan grafiknya secara bersamaan.

Hal ini tentu akan mempemudah Anda melihat saham mana yang baiknya Anda beli secara realtime.

Terakhir ada fitur price alert atau notifikasi harga untuk memantau harga saham. Jika harga saham sudah menyentuh harga yang kita tentukan, maka notifikasi akan masuk ke dalam smarphone kita.

7. HSB Investasi

Aplikasi HSB adalah salah satu aplikasi investasi yang sering menjadi rekomendasi investor. Aplikasi ini terkenal karena kelengkapan instrumen investasnya .

Dalam satu aplikasi saja Anda sudah bisa berinvestasi saham, oil, forex dan logam mulia. Tidak heran kalau sudah lebih dari 1 juta pengguna mendownload aplikasi HSB Investasi.

Baca juga : Deretan Sekuritas Saham Terbaik di Indonesia (2020)

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dibutuhkan oleh para investor misalnya, open posisi atau memasang stock lot.

Aplikasi HSB Investasi telah bekerjasama dengan berbagai broker terpercaya yang memberikan layanan 24 jam dengan profesional.

8. POEMS ID

Lewat aplikasi jual beli saham terakhir yang biasanya menjadi rekomendasi adalah POEMS ID.

Aplikasi ini yang di kembangkan oleh PT Philip Sekuritas Indonesia yang telah bergabung dalam BEI dan menjadi perantara jual beli saham sehingga keamanannya sudah terjamin.

Sebenarnya, kita bukan hanya bisa melakukan transaksi saham, tapi kita juga bisa bertransaksi reksadana melalui aplikasi POEMS ID.

Untuk melakukan jual beli saham melalui POEMS ID, pastikan Anda sudah memiliki akun sekuritas. Jika sudah, maka Anda bia log in. Ada banyak fitur dalam aplikasi POEMS ID yang berguna untuk para investor.

Beberapa menu yang paling penting yang pertama adalah running trade. Menu ini berfungsi memperlihatkan harga saham secara realtime. Lalu ada menu researchyang berisi rekomendasi saham dari sekuritas.

Fitur lainnya yang ada dalam aplikasi ini yakni chart stock scanner. Menu ini berisi analisis technikal, fundamental yang sangat lengkap dan juga ada fitur candlestick terkait dengan karakter emiten.

Baca juga : Review BNI Sekuritas Online Trading, BIONS

Tentunya ada fitur news terkait berita update tentang bursa dan perekonomian. Kita juga bisa menggunakan semacam shorcut untuk mempercepat melakukan aktifitas dalam aplikasi dengan meneka menu akun.

Kesimpulan

Aplikasi jual beli saham di atas adalah beberapa aplikasi yang banyak direkomendasikan para investor saham dan telah memiliki izin OJK. Adanya aplikasi online investasi saham semakin memudahkan kita berinvestasi. Apalagi dengan adanya aplikasi yang menyediakan data dan analitik saham serta berita terkini Anda bisa lebih mudah mempelajari dan memantai saham yang Anda minati kapan saja tanpa repot membuka laptop.

Bagikan ;
Share
Published by
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Pahami Perbedaan Antara ETF dan Reksa Dana

Baru – baru ini Bursa Efek mengeluarkan catatan transaksi investasi ETF yang mengalami peningkatan selama…

4 hari ago

Kebangkrutan Evergrande Dan Dampaknya Bagi Pasar Saham

Pasar global kembali geger dengan fenomena Evergrande yang berpotensi gagal bayar hutang perusahaan. Evergrande hari…

2 minggu ago

Cara Beli Saham Netflix, Starbucks, Disney di Bursa Amerika

Tertarik dengan saham-saham luar negeri khususnya di Bursa Amerika? Apakah kita yang ada di Indonesia…

2 minggu ago

Mengintip Pergerakan Saham-Saham LQ45 ‘Termahal’ di BEI

Bagi Anda yang sudah terbiasa menjelajahi pasar modal seperti BEI (Bursa Efek Indonesia) misalnya, saham-saham…

3 minggu ago

Mengenal Robot Trading Yang Lagi Disoroti BAPPEBTI

Baru – baru ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengumumkan telah memblokir banyak situs…

3 minggu ago

Profil 8 Emiten Perusahaan yang Listing IPO Pada Bulan September

Pada awal September 2021, ada 8 emiten perusahaan yang baru listing IPO di Bursa Efek…

4 minggu ago