Saham

Sejarah Saham PRU dan Perkembangannya Hingga Sekarang

Siapa yang tidak tahu Prudential? Perusahaan asuransi raksasa asal Inggris ini sudah mempunyai kantor perwakilan yang hampir tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan mungkin sebagian dari Anda merupakan nasabah ataupun member dari asuransi Prudential?

Ternyata selain Anda bisa menjadi nasabah ataupun membernya, Anda juga bisa menjadi bagian dari pemilik perusahaan Prudential. Sayangnya Prudential tidak masuk dalam jajaran saham di Bursa Efek Indonesia, masuk dalam 4 bursa efek luar negeri di berbagai negara, yakni :

  • Bursa Efek London/ London Stock Exchange (LSE) dengan kode saham PRU
  • Bursa Efek New York/ New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode saham PRU
  • Bursa Efek Hongkong/ The Stock Exchange of Hong Kong (HKEX) dengan kode saham 2378
  • Dan juga di Bursa Efek Singapura/Singapore Exchange Limited (SGX) dengan kode saham Pru500

Pertumbuhan dan perkembangan Prudential membuat banyak orang terpikir untuk membeli sahamnya juga.

Namun sebelum Anda membeli saham luar negeri khususnya Prudential, bagi Anda yang tertarik dengan saham ini ada baiknya berusaha mengenal lebih dalam tentang seluk beluk Prudential sebagai perusahaan yang menerbitkan saham.

Hal ini penting supaya Anda bisa menyesuaikan tujuan investasi Anda. Apakah saham Prudential lebih baik digunakan untuk investasi jangka panjang ataukah sebaliknya (trading).

Selain itu, penting juga untuk kita selalu mengupdate informasi atas saham yang kita beli agar kita tahu kapan perlu membeli dan menjual saham demi mengurangi resiko kerugian dalam berinvestasi.

Apalagi Prudential adalah perusahaan asuransi, yang tentunya memiliki kekhasan tertentu dalam dinamika saham. Nah untuk mengenal lebih dalam saham Prudential, kita akan mulai dengan mengulas mengenai profil perusahannya terlebih dahulu!

Profil Perusahaan

Prudential Financial, Inc adalah perusahaan multinasional di bidang jasa keuangan khususnya dalam asuransi jiwa dan kesehatan serta pengelolaan dana pensiun dan manajemen aset.

Perusahaan ini telah memiliki 26 juta nasabah yang tersebar di seluruh dunia. Market Cap PRU di NYSE mencapai $ 27, 61 Milyar (USD). Berikut adalah beberapa perusahaan yang berafiliasi dengan prudencial plc :

  1. Prudential UK & Europe, adalah bagian dari M&G Prudential yang fokus pada produk asuransi jiwa dan dana pensiun.
  2. Jackson National Life Insurance, berfokus pada produk dana pensiun di Amerika Serikat.
  3. Prudential Corporation Asia, berfokusi pada produk asuransi jiwa dan asuransi lainnya di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia. Eastspring investments yang merupakan perusahaan manajemen aset adalah bagian darinya.

Secara umum produk di setiap perusahaan prudential sama, namun memiliki ciri khas produk yang di sesuaikan dengan karakteristik negaranya.

Jika mengacu pada produknya di Inggris, Prudential membagi layanannya secara umum menjadi beberapa peruntukan, yakni :

  • Individuals (seperti life insurance, health insurance, retirement, annuities, workplace benefits, finacial education, investments, LINK by Prudential)
  • Advisors (seperti workplace benefits for advisors, life insurance, annuities)
  • Employers (seperti finacial wellness, retirement solutions, dan group insurance)
  • Institutions

Prudential memiliki kantor pusat di setiap negara yang memiliki perwakilan kantornya.

Namun jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dan ingin mendatangi kantor perwakilannya di Indonesia, kantor pusat Prudential Indonesia berada di Prudential Tower, Jalan Jenderal Sudirman kav. 79, Jakarta.

Sejarah Prudential

Prudential plc (PRU) merupakan perusahaan tua, di dirikan di Hatton Garden, London, Inggris pada tahun 1848. Dulu namanya adalah Prudential Mutual Assurance Investment and Loan Association.

\Target pasarnya adalah kelas ekonomi menengah di Inggris saat itu yang membutuhkan asuransi jiwa dan pinjaman.

Kemudian Prudential mulai melakukan langkah berani dengan menciptakan produk asuransi baru yakni asuransi industri pada tahun 1854.

Premi yang di berlakukan saat itu mulai dari 1 Penny. Saat itu, Prudential bisa di katakan sebagai asuransi pioneer yang menjual produk asuransinya secara door to door.

Prudential Mengakuisisi Pesaing dan Melebarkan Sayap ke Amerika

Kerja keras dan strategi Prudential mulai membuahkan hasil. Bukan hanya bertahan dalam industri ini, Prudential juga menjadi perusahaan asuransi terbesar pada tahun 1860 di Inggris.

Di tahun yang sama, Prudential berhasil mengakuisisi perusahaan pesaingnya yakni “The British Industry Life Assurance Company”. Kemudian namanya di ubah menjadi “The British Prudential Assurance Company”.

Baru pada tahun 1881 Prudential menjadi berubah menjadi limited liability company atau yang kita kenal sebagai Perseroan Terbatas. Kemudian Kantor pertama Amerika Jackson National Life di dirikan pada tahun 1961 di Michigan USA.

Pendapatan premi Prudential semakin meningkat pada tahun 1871. Hal ini juga di tunjang dengan brand mereka yang semakin kuat di masyarakat. Dari mulainya £ 1.836 pada tahun 1851, menjadi £ 52,009 pada tahun 1861 dan £ 348,975 pada tahun 1871.

Akhirnya pada tahun 1875, Prudential Inc di dirikan di Amerika dan sekarang berkantor pusat di New Jersey, Amerika. Usaha pembangunan brand prudential tidak main-main.

Pada tahun 1879 Prudential kemudian memindahkan kantornya yang dulu berada di Holborn Bars dan membangun kantor besar yang di design oleh artsitek terkenal Alfred Waterhouse.

Kini bangunan tersebut adalah simbol kebesaran perusahaan Prudential di Inggris.

Di Indonesia sendiri, Prudential mulai berdiri sejak tahun 1995 dengan nama PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Sehingga sudah sekitar 25 tahun Prudential menjalankan bisnisnya di Indonesia.

Listing di Bursa Efek

Pada tahun 1924 Prudential pertama kalinya terdaftar di Bursa Efek London/ London Stock Exchange (LSE). Setelah itu, pembangunan brand Prudential makin dilakukan dengan lebih serius dan produk-produknya semakin di kembangkan.

Setelah mendirikan Prudential di Amerika, 25 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2000 barulah Prudential melakukan iPO (Initial Public Offering) dan terdaftar di Bursa Efek New York/ New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode saham PRU. Harga sahamnya saat itu sekitar $29,68 (USD).

Fundamental PRU

Karena Prudential telah menjadi emiten di beberapa bursa efek sekaligus, kali ini kita akan lebih menyoroti saham Prudential di NYSE (Bursa Efek New York) dengan kode saham PRU.

Jika Anda ingin mengetahui fundamental Prudential di negara lainnya dimana Prudential terdaftar di Bursa Efek negara tersebut, Anda bisa mengakses situs resminya atau situs kinestasi saham luar negeri.

Prudential USA telah merilis laporan keuangannya pertiga bulan. Anda bisa memperhatikan bagaimana fundamental perusahan sejauh ini terutama, pada masa peralihan tahun 2019 hingga 2020 saat ini!

1. Revenue

Pertama, coba kita lihat dari segi pebdapatan (revenue). Revenue memang tidak bisa menjadi satu-satunya indikasi apakah keuangan sebuah perusahaan masih sehat atau kah tidak.

Karena nilai pendapatan belum di kurangi pengeluaran dan menjadi laba bersih yang nanti nya di kelola ke beberapa pos keuangan perusahaan yang lain.

Namun mengetahui jumlah pendapatan (revenue) perusahaan dapat menjadi indikasi awal apakah perusahaan bisa meningkatkan kinerjanay dlam penjualan produk.

Revenue sendiri adalah keseluruhan pendapatan yang dapat di hasilkan perusahaan melalui penjualan produk/layanan perusahaan.

Hasil revenue biasanya sudah di kurangi dengan berbagai potongan seperti diskon atau program promo perusahaan namun belum di kurangi berbgai pengeluaran yang ada. Oleh karenya revenue sering juga di sebut laba kotor.

Berikut adalah revenue PRU Amerika yang sahamnya terdaftar di NYSE yang terbagi dalam keuangan pertiga bulanan hingga juni 2020!

Bulan/TahunUSDY/Y
Juni 202012,12 Milyar(- 21,27%)
Maret 202013,46 Milyar(- 10,78%)
Desember 201919,13 Milyar(+ 2,16%)
September 201915,11 Milyar(- 6,46%)

2. Net Income

Net income (laba bersih) merupakan salah satu bagian dari laba-rugi perusahaan. Net income menunjukan berapa keuntungan perusahaan sebelum di potong pajak, namun telah memperhitungkan semua pengeluaran/biaya operasional dan pendapatan tambahan (jika ada).

BIaya operasional itu misalnya biaya pokok produk dan penjualan, gaji karyawan, sewa tempat dll.

BAgaimana dengan net income PRU USA? Berikut adalah jumlah net income PRU USA per tiga bulan!

Bulan/TahunUSDY/Y
Juni 2020-21,41 Milyar(- 440,25%)
Maret 2020-271 Juta(- 129,08%)
Desember 20191,13 Milyar(+ 33,97%)
September 20191,42 Milyar(- 15,19%)

PEnurunan net profit PRU pada akhir kuartal Juni 2020 yang lalu cukup drastis. Bagaimana menurut Anda?

APakah saham PRU masih menarik untuk di beli? Sebaiknya jangan dulu terburu-buru memutuskan, Coba cari tahu mengapa terjadi hal demikian dan bagaimana prospek kedepan dari saham PRU ini.

3. Net Profit Margin

Net profit margin atau margin laba bersih merupakan perbandingan laba bersih dengan pendapatan. Jika perusahaan mampu menghasilkan net profit margin lebih besar artinya perusahaan tersebut telah menghasilakan laba lebih besar.

Hal ini bisa menunjukan seberapa efisien produk perusahaan dalam menghasilkan laba di lapangan.

Namun perlu di ingat, bahwa setiap industri memeiliki margin profit yang berbeda, sehingga sebisa mungkin jangan membandingkan margin laba bersih dengan perusahaan yang berbeda sektor bisnis.

Bagaimana dengan PRU? Berikut adalah data Net Profit Margin (Margin laba bersih) pertiga bulan PRU Amerika.

Bulan/TahunUSDY/Y
Juni 2020-19,88%(- 532,91%)
Maret 2020-2,01%(- 132,47%)
Desember 20195,9%(+ 31,11%)
September 20199,39%(- 9,28%)

Perkembangan Saham PRU

Sudah lebih dari 150 tahun Prudential berdiri. Salah satu hal yang menjadi pertanyaan biasanya adalah tentang prgerakan harga saham. Bagaimana dengan saham PRU?

Pergerakan Harga Saham PRU

Jika di perhatikan, selama 5 tahun terakhir (2015-2019) harga saham PRU memang cukup fluktuatif, namun tidak terlalu tajam.

Hingga pada isu pandemic menyebar di banyak negara termasuk Amerika harga saham PRU Pernah menurun drastis hingga $39,22 (USD) pada 23 Maret yang lalu.

Namun perlahan harga saham PRU di NYSE bergerak naik kembali. Per-14 Agustus 2020 harga saham PRU di NYSE senilai 70,59 USD atau sekitar Rp. 1.051.860.

Berikut adalah grafik saham PRU di NYS selama satu bulan terakhir (15 Juli-14 Agustus 2020)!

Penutup

Jika Anda ingin mulai berinvestasi saham di bursa efek luar negeri, pastikan Anda sudah membuka rekening saham di perusahaan sekuritas yang melayani proses pembukaan rekening, misalnya Tastyworks. Kemudian menginstal dan bertransaksi saham software online trading.

PRU adalah salah satu saham yang tersedia di berbagai bursa efek luar negeri. Dengan informasi mengenai saham PRU di atas semoga dapat membantu Anda mengenali saham asuransi dunia yang satu ini.

Bagikan ;
Share
Published by
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Ada Varian Baru Covid-19, Seperti Ini Performa Emiten Saham Minyak

Tanpa terasa pandemi Covid-19 sudah hampir dua tahun melanda Indonesia. Tentu jika melihat apa yang…

3 hari ago

Kenalan dengan NFT, Aset Digital yang Viral di 2021

Dalam beberapa bulan terakhir, nama NFT (Non-Fungible Token) tengah ramai diperbincangkan. Tidak hanya mereka yang…

2 minggu ago

Diborong Konglomerat, Intip Kinerja Saham Emiten Rumah Sakit

Tanpa terasa pandemi Covid-19 sudah hampir dua tahun lamanya melanda seluruh dunia. Perubahan jelas terjadi…

2 minggu ago

Horor Krisis Evergrande, Ada Properti China Gagal Bayar Lagi?

Sepanjang bulan Oktober 2021 kemarin, perekonomian China memang jadi sorotan dunia. Tak lain dan tak…

2 minggu ago

First Jobber Mau Beli Saham? Simak Hal-Hal Berikut Ini!

Lulus kuliah atau sekolah, lalu memperoleh penghasilan dari pekerjaan pertama. Sangat menyenangkan, bukan? Kondisi inilah…

3 minggu ago

Mengenal Berbagai Musim Saham, Kapan Waktu Terbaik Berinvestasi?

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang beresiko tinggi. Namun bukan berarti kita tidak…

1 bulan ago