Saham

Tips Main Saham Online Modal Kecil yang Perlu Kamu Tahu!

Pergerakan dunia saham saat ini bergerak bagaikan mobil balap yang sedang mengejar piala kemenangan. Itulah yang terjadi saat ini pada investasi saham, fenomena ini tentunya sangat menguntungkan. Begitu banyak pemula yang hadir didalam investasi jenis ini, namun terdapat batasan dimana para pemula akan menggunakan pilihan untuk main saham online modal kecil. Tentunya hal ini pun dipengaruhi beberapa faktor penting lainnya.

Salah satunya adalah ketakutan akan resiko kehilangan uang didalam dunia pasar modal. Tak bisa ditampik, begitu banyak pemberitaan diluar sana yang menyatakan sederetan orang yang mengalami gagal investasi. Hal ini membuat para korban kehilangan banyak uang, pemicu inilah menjadi salah satu alasannya.

Tentunya, akan sangat berbeda jika main saham online modal kecil sebab jika terjadi suatu kehilangan maka tidak akan menyakitkan pihak yang bersangkutan. Kali ini Sahamtop menghadirkan beberapa cara main saham online modal kecil dengan keuntungan yang berkali-kali lipat. Penasaran caranya akan seperti apa? Bacalah sampai selesai!

Persiapkan Modal yang akan Dilabeli Dana Dingin

Sebelum terjun didalam dunia saham maka seseorang harus menyiapkan modal terlebih dahulu, ini lah tahap pertama dalam saham online modal kecil. Tujuan diadakannya modal ini dapat diibaratkan seperti budget. Maksudnya agar orang tersebut mengetahui dengan pasti modal yang dimilikinya pada awal masuk kedalam dunia investasi. Tak hanya itu saja tetapi juga agar individu tersebut tidak melewati batasan biaya yang ada.

Hal ini menjadikannya untuk mudah dilabeli sebagai dana dingin. Maksud dari kata dana dingin itu sendiri pula yaitu dana yang tidak akan digunakan dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian jika terjadi sesuatu pada saham seperti crash market akibat covid-19 maka hal tersebut tidak akan menjadi sebuah kendala yang berarti bagi individu yang bersangkutan.

Cari Sekuritas yang Mengeluarkan Biaya Minim

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan seseorang yang memiliki modal minim untuk bermain saham, tentunya, tidak lain dan tidak bukan adalah memiliki sekuritas yang memiliki biaya yang minimum. Indonesia memiliki begitu banyak sekuritas yang menaungi sejumlah investor. Dari kondisi sekuritas yang diucapkan tersebut terdapat sejumlah sekuritas yang menjadi rekomendasi dari perusahaan yang bersangkutan adalah sebagai berikut:

Mirae Asset Sekuritas

Secara modal perusahaan sekuritas ini seakan membutuhkan modal yang besar dan fakta yang harus dikatakan adalah benar bahwa perusahaan ini harus membutuhkan modal yang besar. Secara nominal modal tersebut masih dalam kategori yang murah. Pada dasarnya sekuritas yang hadir di Indonesia membutuhkan modal yang tidak besar seperti sekuritas yang ada di Bursa Saham Indonesia.

Nominal modal yang harus dikeluarkan para investor untuk bisa menggunakan layanan perusahaan ini atau deposit awal sebesar Rp 10.000.000. Namun, terdapat sesuatu yang menarik dimana jika kamu seorang mahasiswa terutama kampusmu memiliki jaringan kerja sama dengan Mirae Asset Sekuritas maka kamu akan diskon untuk deposit awal.

Fitur-fitur yang diberikan Mirae Asset Sekuritas sangatlah lengkap seakan tidak membutuhkan sekuritas lainnya untuk menggantikan posisinya. Layanan awal yang berbicara soal akun terdapat empat akun dalam Mirae Asset Sekuritas yaitu reguler, margin, day trade dan syariah setiap akun memiliki fee transaksi yang berbeda-beda, akun reguler, margin dan syariah memberikan fee transaksi jual beli yaitu 0.15% dan 0.25% sedangkan day trade 0.18% dan 0.18%.

Tak sampai disitu saja tetapi perusahaan pun memiliki  fitur real time bagi para investornya. Hal ini tentu sangat membantu para investor dalam membeli saham, terutama sangat menguntungkan para trader yang berpatok pada waktu. Terdapat begitu banyak lagi keuntungan dari Mirae Asset Sekuritas.

IndoPremier

IndoPremier menjadi salah satu sekuritas yang sangat terkenal bagi para pemula. Hal ini disebabkan fitur yang disajikan begitu lengkap dari sekuritas lainnya, namun tidak selengkap dari Mirae Asset Sekuritas. Tenang saja sebab pada dasarnya setiap aplikasi memiliki kekurangan maupun kelebihan tersendiri.

Kelebihan IndoPremier yaitu tingkat keamanan yang luar biasa dimiliki sekuritas satu ini. Dengan demikian akan sangat sulit sekali seseorang untuk tembus ke dalam keamanan perusahaan tersebut. IndoPremier pun tidak membutuhkan modal yang besar sebab tidak ada minimal dalam deposit dari sekuritas satu ini. Terdapat masih banyak lagi kelebihan lainnya yang tak bisa disebutkan.

Seseorang yang memilih sekuritas ini maka ia akan dikenakan sejumlah fee transaksi jual beli yaitu 0.29% dan 0.19%. Jika harus dibandingkan sebelumnya fee yang dihadirkan Indo Premier memiliki fee yang cukup besar walaupun tidak memiliki minimal deposit awal seperti Mirae Asset Sekuritas. Bagi yang tertarik untuk mencoba sekuritas ini maka kamu tidak memerlukan pendaftaran hingga ke perusahaan, namun keseluruhan aktivitasnya dapat dilakukan secara online.

Ajaib

Sekuritas lainnya hadir dari Ajaib yang memiliki karakteristik yang sama dengan IndoPremier. Namun, yang membedakan perusahaan sekuritas satu ini dengan yang lainnya adalah user interface yang dimiliki begitu mudah dan nyaman untuk digunakan. Fee transaksi jual beli dari ini cukup 0.25% dan 0.15%, terhitung kecil bukan jika harus dibandingkan dengan rival. Tak sampai disitu bagi nasabah yang memiliki nilai >150 miliar maka perusahaan cukup mengeluarkan biaya transaksi jual beli sebesar 0.23%  dan 0.13%.

Sayangnya, aplikasi sekuritas ini memiliki kekurangan yang cukup perlu dipikirkan oleh para investor atau trader lainnya. Kekurangan tersebut berada pada aplikasi yang begitu lemot yang membuat para pengguna cukup tidak tahan dengan kekurangan dari sekuritas satu ini. Sesuaikan sekuritas dengan portofoliomu dan modal yang ada. Namun, jangan lupa untuk memperhitungkan fee transaksi jual beli karena yang akan menemai keseharianmu adala fee tersebut.

Jangan Terlalu Banyak Dalam Melakukan Diversifikasi Portofolio

Langkah selanjutnya dalam saham online modal kecil dimana saat ini disarankan untuk tetap melakukan diversifikasi portofolio, namun diversifikasi portofolio tersebut tidak boleh terlalu banyak. Mengapa? Semakin banyak diversifikasi akun tersebut akan semakin tinggi pula resiko yang dimiliki dari pihak nasabah. Kendati demikian sebagai investor atau trader sangat penting untuk melakukan diversifikasi akun.

Sangat disarankan agar kamu melakukan diversifikasi akun cukup berada pada 1 hingga 2 saham saja. Jangan lebih dari jumlah tersebut, tujuannya agar kamu dapat memantau dengan jelas perkembangan saham yang hingga akhirnya keuntungan besar pun akan diterima dari para investor maupun trader.

Pahami Pola Indeks Saham yang Terjadi

Indeks saham ini merupakan suatu indeks gabungan dari keseluruhan perusahaan yang ada di dalam Bursa Efek Indonesia. Dengan demikian jika terjadi suatu penurunan maka hal ini tentunya akan berimbas pada perusahaan yang kamu investasikan. Inilah pentingnya dalam memahami pola indeks saham.

Tujuannya agar kamu dapat membuat suatu prospek pola indeks saham pada saat tersebut. Secara tinggal langsung kamu sedang meramalkan keuntungan dan kerugian. Beberapa orang yang memahami pola indeks saham ini sangat terbukti telah mendapatkan keuntungan yang besar.

Jangan Tinggalkan Berita!

Faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga saham berada pada berita. Semakin bagus berita dari perusahaan tersebut atau berita mengenai pemerintah mengenai suatu prospek bidang. Tentunya akan membuat sesuatu hal yang bagus pula terhadap sentiment perusahaan. Hal ini lah yang menjadi peluang bagi seseorang yang akan mengambil keuntungan.

Kendati demikian sangat disarankan untuk kamu tidak mengambil resiko terhadap perusahaan yang memiliki pemberitaan yang kurang bagus, kecuali jika kamu merupakan seorang investor. Justru hal tersebut adalah keuntungan bagi investor. Tentunya dengan catatan bahwa perusahaan tersebut memang memiliki kinerja yang baik dibandingkan perusahaan lainnya.

Gunakan Bantuan Aplikasi Trading

Bagi para trader yang ingin mendapatkan suatu keuntungan maka ia harus meramalkan pola grafik yang ada. Tujuan dari peramalan pola grafik ini agar kamu sebagai seorang trader mendapatkan harga termurah saat pembelian dan harga mahal saat penjualan. Saat ini terdapat begitu banyak aplikasi trading yang disajikan untuk membantumu dalam melakukan trading saham

Sederet rekomendasi cara

main saham online modal kecil yang direkomendasikan oleh Sahamtop ini telah terbukti berhasil digunakan. Banyak pembaca yang telah berhasil menggunakan cara ini dan meraup keuntungan yang begitu besar.

Pastikan untuk kamu mengikuti cara ini dengan baik dan benar. Jangan sampai terlewati setiap cara yang ada. Bagi yang memiliki cara alternatif lainnya dapat menuliskannya di kolom komentar dibawah ini.

Baca juga: Cepat Untung? Cara Bermain Saham di Bursa Luar Negeri

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

Profil 8 Emiten Perusahaan yang Listing IPO Pada Bulan September

Pada awal September 2021, ada 8 emiten perusahaan yang baru listing IPO di Bursa Efek…

5 hari ago

Mengkilapnya 6 Emiten Saham Perusahaan Tambang Nikel

Semakin meningkatny pasar ponsel dan laptop membuat permintaan terhadap nikel semakin tinggi. Karena baterai lithium…

2 minggu ago

7 Keunggulan Superapp Investasi Saham IPOT dari Indo Premier

Apa aplikasi favorit Anda untuk investasi saham? Tahan diri Anda untuk menyebutnya, karena kita sekarang…

2 minggu ago

Hal-Hal yang Wajib Diketahui Investor Soal Tapering Off dari The Fed

Pekan-pekan terakhir bulan Agustus 2021 ini, pelaku ekonomi global tampaknya sedang memusatkan perhatiannya pada Bank…

3 minggu ago

Ustadz Yusuf Mansur Borong 3 Emiten Saham Ini, Simak Profil Perusahannya.

Apakah Anda pernah dengar istilah Mansurmology? Ini adalah ilmu investasi yang sering dibagikan oleh penceramah…

3 minggu ago

10 Pilihan Saham Berpotensi Cuan di Akhir Agustus 2021

Bulan Agustus 2021 tanpa terasa tinggal menyisakan satu hari saja. Tentu berbagai gejolak di pasar…

3 minggu ago