Review Indo Premier Sekuritas, Cara Daftar dan Jual Beli Saham Online

Saat ini jual beli saham menjadi sangat mudah. Tanpa keluar rumah, kita sudah bisa membuat rekening saham kita sendiri dan mulai berinvetasi dengan minimal saldo awal yang bisa sesuaikan dengan kemampuan kita sebagai investor.

Berbicara mengenai jual beli saham online, sekuritas / broker saham adalah salah satu aspek penting yang perlu kita pikirkan terutama bagi pemula. Salah satu broker saham terbaik yang sudah banyak di pilih para investor untuk bertransaksi saham secara online adalah Indo Premier Sekuritas.

Sebagai investor pemula, mengapa kita wajib memilih broker saham dengan cermat? Hal ini karena tidak jarang pula kita jumpai pihak-pihak yang mengaku sebagai broker saham online yang menawarkan return sangat tinggi ataupun kelebihan lainnya. Namun itu hanyalah modus untuk menipu nasabahnya.

Oleh karenanya kita harus mampu memilih broker saham yang terpercaya dan dapat kita andalkan. Nah, Anda mungkin sudah sering mendengar Indo Premier ketika mencari broker saham rekomendasi.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai sekuritas saham favorit yang satu ini yuk simak ulasannya sampai akhir!

Sekilas Tentang Perusahaan Indo Premier Sekuritas

Hal pertama yang biasanya wajib kita perhatikan dalam memilih broker adalah soal legalitasnya. Indo Premier sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas lokal terbesar di Indonesia yang telah memiliki izin OJK dan menjadi anggota di BEI sebagai manajer investasi dan penjamin emisi efek. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi masalah legalitas.

Jika Anda ingin mengunjungi kantor pusatnya, lokasi kantor pusat Indo Premier berada di Pacific Century Place, 16, SCBD Lot 10, Jalan Jenderal Sudirman, Kav 52-53, Jakarta.

Perusahaan ini sudah berdiri yakni sejak tahun 2002 dan termasuk sekuritas yang memiliki layanan keuangan yang terintegrasi seperti :

  • IPOT (Untuk transaksi saham)
  • IPOTFUND (Untuk transaksi reksadana)
  • IPOTKU (Untuk Menabung)
  • IPOTPLAN (Untuk merencanakan keuangan)
  • IPOTSTOCK (Portal online mengenai informasi dan berita saham)
  • IPOTNEWS (Portal online informasi seputar investasi)

Jadi sebenarnya, jika Indo Premier tidak hanya menyediakan jasa transaksi saham saja tapi juga Anda juga berinvetasi reksadana, menabung dengan cara yang modern, bahkan merencanakan keuangan Anda.

Indo Premier juga menyediakan layanan berita serta informasi seputar investasi dan juga portal online khusus saham yang sangat dibutuhkan oleh para investor. Nah, kali ini kita akan mengulas Indo Premier dalam layanan jasa transaksi sahamnya saja.

Review Indo Premier Sekuritas

Review Indo Premier Sekuritas

Indo Premier memiliki 2 kategori layanan yakni untuk nasabah institusi dan juga individu. Nah, di bawah ini adalah review yang di sajikan berdasarkan layanan nasabah per-individu. Selamat membaca!

Modal Minimal

Dalam memilih sekuritas, biasanya kita memperhatikan modal minimal yang harus kita setor ketika ingin mulai berinvestasi saham. Rata-rata, perusahaan sekuritas membuat aturan setoran awal minimal mulai dari Rp. 1.000.000, Rp. 5000.000, Rp. 10.000.000 dan seterusnya.

Namun jika Anda berinvestasi saham melalui Indo Premier, tidak ada minimal deposit awal. Anda hanya perlu membeli saham sesuai ketentuan perhitungan saham, yakni 1 Lot (100 lembar saham).

Jadi misalnya, harga saham ABCD adalah Rp. 3000/lembar saham. Maka Anda perlu menyiapkan setoran awal minimal Rp. 3000 x 100 (lembar) = Rp. 300.000, lalu Anda sudah bisa membeli saham sebanyak 1 lot.

Ada juga yang harga sahamnya jauh lebih rendah, maka tentunya Anda juga bisa memiliki saham dengan modal yang jauh lebih kecil dari 300 ribu-an.

Bahkan ada juga saham yang bisa Anda beli dengan Rp. 5000/ 1 lotnya. Hal ini tentu sangat memberikan keringanan, terutama bagi investor pemula yang tidak ingin langsung menanamkan modal besar ketika masa-masa awal berinvestasi.

Biaya Transaksi Saham yang Bersaing

Salah satu sumber income perusahaan sekuritas di dapatkan dari fee transaksi. Namun setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda mengenai hal ini.

Jika Anda ingin bertransaksi saham melalui aplikasi dari Indo Premier yang bernama IPOT, maka Anda aka terkena biaya transaksi pembelian saham sebesar 0,19% dan untuk menjual saham sekitar 0,29%.

Bisa katakan kalau biaya tersebut bisa cukup bersaing dengan sekuritas lainnya dan sebanding dengan fasilitas yang Anda dapatkan dalam aplikasi IPOT terbaru.

Memiliki Fitur Lengkap

Aplikasi IPOT adalah aplikasi investasi saham versi terbaru Indo Premier, dari yang sebelumnya yakni IPOTGO. Aplikasi ini resmi dirilis pada Juni 2020 kemarin dan bisa Anda gunakan pengguna Android, iPhone amaupun Windows/PC.

Saat ini aplikasi IPOT sudah lebih dari 100.000 kali di unduh oleh para pengguna android dan IPOTGO sendiri sudah di download oleh 300.000 user.

Aplikasi ini di sebut-sebut sebagai aplikasi super dari Indo Premier karena kemampuannya yang bukan hanya bisa investing tapi juga bisa melakukan aktifitas financial planning.

Aplikasi IPOT tentunya sudah di lengkapi beragam fitur yang sangat bermanfaat untuk para investor. Beberapa fitur yang paling penting dan di butuhkan seperti :

  • Tampilan interface yang simple dan menarik. Mudah di gunakan bagi pemula dan sangat kekinian.
  • Fitur data saham lengkap (charting serta tools lengkap, kalender aksi korporasi dan riwayat transaksi)
  • IPOT Journey, membantu mengedukasi pemula dengan 3 level edukasi mengenai saham. Ini sangat bermanfaat untuk pemula.
  • News yang lengkap, menyajikan berita seputar saham lengkap dengan data risetnya
  • Security sistem yang bisa kita andalkan dan memudahkan kita dalam bertransaksi dengan aman karena telah di lindungi sistem kemanan berlapis dan SSL 256 bit.
  • Robo Trading, Anda dapat bertransaksi saham secara otomatis pada harga saham, jumlah dan waktu yang telah kita tentukan sebelumnya.

Cara Mendaftar yang Mudah

Jika Anda ingin menjadi investor saham, Anda tentunya perlu membuka rekening saham terlebih dahulu.

Seiring berkembangnya teknologi digital, pembukaan rekening saham Indo Premier menjadi lebih mudah dan cepat. Anda bisa melakukannya secara offline maupun online.

Namun saat ini, layanan pendaftaran online tentunya menjadi pilihan banyak orang karena kita tidak perlu repot mengirimkan berkas fisik secara langsung ke kantor cabang/pusat dll.

Jika Anda tertarik, langkah selengkapnya dapat Anda simak pada poin selanjutnya!

Cara Mendaftar Rekening Saham Indo Premier Sekuritas

Cara mendaftar rekening saham lewat aplikasi IPOT

Seperti yang telah kita bahas, untuk membuka rekening saham melalui Indo Premier Sekuritas Anda dapat melakukan dengan 2 cara, yakni offline dan online.

Kali ini kita akan membahas keduanya. Mungkin saja sewaktu-waktu fitur pendaftaran online sedang tidak bisa kita gunakan, atau memang Anda lebih prefer memilih salah satu cara tersebut.

Cara Membuka Rekening Saham Offline

  1. Datang langsung ke kantor cabang terdekat. Kantor cabang Indo premier sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa mencarinya dengan cara browsing.
  2. Serahkan kelengkapan data seperti foto copy KTP, NPWP (Jika ada) dan halaman pertama buku rekening tabungan
  3. Mengisi form dan mengisi data yang diperlukan dan memilih akun Indo Premier.

Cara Membuka Rekening Saham Online

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda membuka rekening saham melalui aplikasi IPOT :

  • Jika Anda membuka lewat aplikasi IPOT, maka Anda secara otomatis akan mendapatkan akun regular. Jadi tidak bisa memilih akun, misalnya akun syariah.
  • RDN (Rekening Dana Nasabah) hanya melalui Bank Permata
  • Namun bisa berubah jika sudah terdaftar dengan mengajukannya ke [email protected]
  • Pastikan mendaftar rekening saham pada jam kerja senin-jum’at (09.00-16.00)

Nah, kalau Anda sudah siap Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuka rekening saham secara online melalui aplikasi IPOT dari Indo Premier Sekuritas!

  1. Download aplikasi IPOT
  2. Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil, dan berpakaian rapi
  3. Siapkan e-katp dan tanda tangan pada selembar kertas putih
  4. Masuk ke halaman awal aplikasi IPOT, dan isilah kolom alamat email serta no handphone
  5. Sistem akan meinta Anda mengetik ulang alamat email (re-type email) dan mengirimkan kode OTP melalui SMS
  6. Masukan kode OTP
  7. Masukan nomor e-KTP dan konfirmasi nama keseuaian nama Anda pada e-KTP
  8. Selanjutnya isi data-data pribadi sesuai permintaan sistem
  9. Lakukan foto selfie dengan posisi e-KTP sesuai petunjuk
  10. Upload foto e-KTP dan tanda tangan pada kertas putih yang telah Anda siapkan dengan posisi yang benar dan jelas
  11. Buatlah username dan password serta PIN akun Anda
  12. Konfirmasi ulang data yang telah Anda masukan dalam sistem sebelumnya. Jika data sudah benar, tekan “Lanjut”, lalu klik “Buka Rekening RDN), klik “Buka Rekening Efek”
  13. Rekaman video pendek dengan mengucapkan kalimat yang tersedia dalam aplikasi
  14. Registrasi selesai

Cara Setor Dana Investasi

Bagi Anda yang membuka rekening saham melalui aplikasi IPOT maka hanya tersedia RDN Bank Permata untuk Anda. Oleh karena itu Anda harus melakukan penyetoran dana melalui nomor RDN Bank Permata yang Anda miliki. Berikut Andalah langkah-langkahnya!

  1. Jika Anda merupakan nasabah Bank Permata, maka akun RDN akan menjadi Sub Account dengan otomatis. Namun jika bukan, maka lakukanlah transfer dana ke akun RDN melalui rekening pribadi Anda masing-masing. Bisa melalui m-banking, ATM dll.
  2. Jika dana sudah terkirim maka Anda akan mendapatkan notifikasi
  3. Anda bisa mengecek dana masuk dengan cara log in dan memasukan PIN yang telah Anda buat sebelumnya
  4. Pilih “Info rekening” lalu tekan “Informasi Kas”
  5. Jika dana sudah masuk, maka Anda bisa langsung membeli produk saham yang Anda inginkan dengan mengetik kode saham pada menu pencarian
  6. Tentukan harga, jumlah lot yang Anda inginkan saat membeli. Lalu total harga akan muncul secara otomatis
  7. Klik “Confirm buy”
  8. Transaksi selesai, saham yang Anda beli sudah menjadi portfolio saham Anda

Kesimpulan

Nah itulah review mengenai Indo Premier Sekuritas. Memilih perusahaan sekuritas yang dapat di percaya dan di Andalkan sangat penting, apalagi jika Anda berniat melakukan investasi secara jangka panjang. Indo Premier seperti layak Anda pertimbangkan, apalagi dengan tidak adanya minimum setoran awal dan aplikasi IPOT terbaru yang lebih bagus dan lengkap dari versi sebelunya.

Jika Anda tertarik membuka rekening melalui sekuritas yang satu ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran rekening saham hingga cara menyetorkan dana investasi Anda untuk bertransaksi saham lewat aplikasi. Sebenarnya Anda juga bisa melakukan pendaftaran lewat website resminya dengan cara yang hampir sama. Jadi, Anda tidak lagi repot dan pusing untuk memulai investasi karena kini semuanya sudah serba mudah bukan?

Bagikan ;

Tinggalkan komentar