CGS CIMB Sekuritas : Review dan Cara Buka Akun Saham Disini

Untuk kita yang mau mulai mencoba untuk berinvestasi saham, biasanya ada hal yang harus di hadapi yakni kebingungan memilih perusahaan sekuritas.

Bukan karena sedikit, tapi justru karena seiring kesadaran berinvestasi masyarakat yang semakin berkembang saat ini, jumlah perusahaan sekuritas asing maupun lokal di Indonesia juga semakin banyak.

Nah, kali ini kita akan mengulas tuntas mulai dari review hingga cara membuka akun saham di salah satu perusahaan sekuritas yang menarik, yakni CGS CIMB Sekuritas Indonesia.

Banyak orang tertarik memilih sekuritas yang satu ini karena selain sudah terdaftar sudah menyediakan fasilitas yang modern untuk para investor.

Bahkan beberapa waktu lalu PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia telah meluncurkan CGS CIMB iTrade sebagai platform online tradingnya.

Hal ini tentunya bisa semakin mempermudah kita dalam berinvestasi di tengah padatnya rutinitas.

Sebab berinvestasi tentunya bukan hal yang bisa di anggap sepele, kita perlu mempertimbangkan banyak hal, salah satunya dimana kita melakukan transaksi.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk berkenalan dengan CGS CIMB Sekuritas Indonesia!

Sekilas Tentang CGS CIMB Sekuritas Indonesia

PROFIL PERUSAHAAN CGS CIMB

Seperti yang kita tahu, CIMB Niaga merupakan salah satu Bank Swasta yang cukup besar di Indonesia yang tergabung dalam CIMB Group.

Seiring bertambah pesatnya perusahaan, CIMB akhirnya melakukan pengembangan usaha pada bidang pasar modal dengan mendirikan PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia pada tahun 1990.

Perlu Anda ketahui, komposisi pemegang saham perusahaan ini dimiliki oleh CGS-CIMB Securities International Pte Ltd sebesar 85%, PT CGS Konsultan Manajemen 9,96% dan CGS-CIMB Securities Pte Ltd sebesar 5,04%.

Tentunya perusahaan ini sudah memiliki izin dari OJK dan terdaftar menjadi anggota BEI sebagai Penjamin Emisi Efek dan juga Perantara Pedagang Efek. Jadi Anda tidak perlu khkawatir soal keamanannya.

Saat ini kantor pusatnya berada di Gedung Bursa Efek Indonesia Tower 2, 20, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan.

Apakah Anda tahu mengapa sekuritas yang ini cukup menarik?

Pada tahun 2019 lalu CGS CIMB Sekuritas Indonesia telah menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbaik ke tiga berdasarkan nilai transaksinya.

Selain itu, modal awal yang terjangkau, proses pembukaan rekening sahamnya juga mudah dan cepat. Supaya lebih jelas, langsung kita bahas saja bagaimana reviewnya!

Review CGS CIMB

Review CGS CIMB Sekuritas Indonesia

Sebuah perusahaan sekuritas banyak dipilih di karenakan memiliki kelebihan-kelebihan tertentu yang sangat diperlukan nasabahnya.

Namun di samping itu mestinya perusahaan memiliki hal yang di anggap sebagai kekurangan dan terkadang di sayangkan oleh para nasabahnya. Maka dari itu, coba kita kenali kelebihan dan kekurangan CGS CIMB agar bisa menilainya lebih objektif.

Kelebihan CGS CIMB

Modal Awal Terjangkau

Untuk melakukan transaksi awal investasi saham tentunya Anda perlu menyetorkan sejumlah uang deposit dengan ketentuan tertentu yang di berlakukan perusahaan sekuritas plilihan Anda.

Begitupun dengan CGS CIMB, namun Anda tidak perlu khawatir karena jumlah setoran awalnya cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyetorkan deposit Rp. 1.000.000 untuk transaksi awal.

Bisa Menggunakan Aplikasi Trading di Berbagai Platform

Jika Anda tipe orang yang tidak selalu bisa berada di depan komputer, namun juga sewaktu-waktu melakukan aktifitas mobile Anda tetap bisa bertransaksi saham dengan CGS CIMB.

Baca juga : Pilihan Banyak Investor: Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Hal ini karena aplikasinya bisa Anda install melalui smartphone, tablet, laptop ataupun PC. Selain itu aplikasi dari CGS CIMB juga compatible bagi pengguna android, iOS dan windows.

Fitur Tradingnya Lengkap

Berbicara mengenai perusahaan sekuritas, fasilitas yang kita dapatkan sebagai nasbah pastinya selalu menjadi sorotan. Fasilitas tersebut bisa berbentuk fitur trading.

Nah, apa saja fitur aplikasi trading dari CGS-CIMB yang paling bermanfaat bagi investor?

  1. Smart order
    Dengan fitur ini Anda bisa menjaga order match dalam 1 hari supaya saham bisa kita jual sesuai dengan asumsi kerugian yang sudah kita tentukan sebelum melalui menu Stop Loss. Selain itu ada juga fitur Take Profit untu menjual saham dengan keuntungan yang asumsinya sudah kita tentukan pada 1 hari tersebut.
  2. Advanced Chart
    Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk melihat saham dengan beberapa jenis model chart. Misalnya Barsm Candles dll
  3. Stock Screener
    Fitur ini berguna untuk memilah saham berdasarkan analisis teknikalnya
  4. Heat Map
    Yakni fitur yang berguna untuk melihat kondisi pasar secara menyeluruh seperti menilah berdasarkan market cap, volume, value ataupun frequency.

Fee Transaksi Bersaing

Biaya transaksi beli saham yang di berlakukan oleh CGS CIMB adalah sebesar 0,18% dan untuk menjual kembali saham dikenakan fee sebesar 0,28%.

Fee tersebut termasuk jumlah rata-rata tarif fee sekuritas yang ada di Indonesia. Sehingga walaupun merupakan perusahaan sekuritas besar, bisa dikatakan bahwa fee transaksinya masih wajar.

Bisa Membuka Akun Secara Kilat, Satu Hari Saja

Selain biaya transaksi, dan fitur yang lengkap, kecepatan dalam pembuatan rekening saham CGS CIMB juga bisa kita Andalkan.

Biasanya kita perlu beberapa hari untuk menunggu rekening saham kita siap digunakan. Namun jika Anda mendaftar di CGS CIMB, Anda bisa mendapatkan rekening saham dalam waktu 1 hari dengan cara pendaftaran online.

Baca juga : Review Maybank Kim Eng Sekuritas Indonesia: Broker Saham Berprestasi

Anda yang super sibuk, bisa memanfaatkan fasilitas pembukaan akun kilat ini tentunya.

Kekurangan CGS CIMB

Hanya Tersedia 1 RDN Jika Mendaftar Online

Sebenarnya, RDB CGS CIMB ada tiga yakni Bank BCA, CIMB Niaga dan juga Bank Mandiri. Namun jika Anda melakukan pendafataran secara online, RDN (Rekening Dana Nasabah) Anda hanya tersedia melalui Bank BCA saja.

Jadi Anda harus menyetor ke nomor Rekening RDN BCA terlebih dahulu untuk bisa membeli saham. Tapi jika Anda tidak masalah maka hal ini, maka Anda bisa melanjutkan pendaftaran.

Ada Fitur Menarik yang di Hilangkan

Tahukah Anda kalau sebelumnya, CGS CIMB menyediakan fasilitas transaksi cross border? Jadi sebelumnya kita bisa membeli saham-saham luar negeri di bursa efek luar negeri.

Seperti misalnya saham Apple, Facebook, Google dll. Namun sekarang sudah tidak bisa karena fitur ini dihilangkan. Kabarnya penghapusan fasilitas ini dikarenakan penyesuaian dengan ketentuan OJK.

Masih Belum Tersedia Akun Syariah

Jika Anda membuka rekening saham di CGS CIMB, Anda bisa memilih satu dari beberapa jenis akun yakni :

  • Akun Saham Regular
  • Akun Saham Margin
  • Rekening REPO (Repurchasing Agreement)
  • Rekening Obligasi

Diantara jenis akun diatas, Anda memang tidak bisa menemukan jenis akun rekening syariah.

Baca juga : Review Indo Premier Sekuritas, Cara Daftar dan Jual Beli Saham Online

Sehingga untuk Anda yang lebih minat pada akun syariah Anda harus sabar menunggu karena CGS CIMB belum memiliki layanan ini.

Cara Membuka Akun Saham

cara pendaftaran rekening saham di CGS CIMB

Sebelum mendaftar, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Ketika tidak ada portfolio ataupun cash dalam rekening edek Anda selama 3 bulan berturut-turut maka rekening Anda akan segera di non-aktifkan.
  • Jika Anda ingin melakukan transfer saham ke broker lain maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 22.000/ emiten.

Baiklah, jika Anda sudah memperhatikan 2 hal di atas untuk Anda yang tertarik membuka rekening saham di CGS CIMB langsung saja kita bahas bagaimana caranya!

Cara Mendaftar Secara Online

Saat ini rasanya sudah tidak zamannya lagi ribet dalam urusan investasi.

Kalau dulu kita perlu datang dan mengirimkan berbagai berkas fisik ke kantor cabang/pusat perusahaan sekuritas, kini kita bisa membuka akun dan bertransaksi saham hanya dalam satu genggaman.

  1. Buka website resmi CGS CIMB, Lalu Klik Menu Registrasi
    Anda bisa membuka halaman https://register.cgs-cimb.co.id/ pada browser kemudian masukan emal serta kata sandi. Setelah itu klik “link aktivasi”
  2. Isi Data-data Penting yang di Minta Sistem
    Setelah mengklik “link aktivasi” Anda akan masuk ke menu login dimana Anda harus mengisi formulir dan meng-upload beberapa dokumen terkait identitas Anda sebagai investor dalam bentuk foto seperti KTP/KITAS/Paspor, NPWP, info slip gaji/rekening koran dan tanda tangan pada selembar kertas putih.
  3. Pendaftaran Selesai
    Jika Anda memiliki rekening BCA, maka rekening saham dan RDN akan bisa siap Anda gunakan dalam 1 hari. Anda bisa log in menggunakan user ID dan password melalui aplikasi iTrade.

Cara Mendaftar Secara Offline

Jika sewaktu-waktu pendaftaran online tidak bisa lakukan, atau Anda ingin memiliki nomor RDN selain BCA maka Anda bisa mendaftar secara offline. Begini caranya!

  1. Datanglah ke Kantor Cabang CGS CIMB Terdekat
    Anda bisa mendatangi kantor cabang CGS-CIMB yang tersebar di beberapa kota seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya Semarang dan Medan. Lokasi dan nomor telepon kantor cabangnya bisa Anda lihat pada bagian akhir artikel ini.
  2. Mengisi Formulir yang Telah Disediakan
    Sesampainya di kantor cabang Anda bisa meminta formulir pendaftaran rekening efek kepada petugas dan mengisinya dengan data yang benar. Namun sebenarnya Anda juga bisa menelepon customer service CGS CIMB melalui 021-2996 1800 atau mengirim email ke [email protected] untuk meminta formulir.
  3. Serahkan/Kirimkan Fotocopy Dokumen Sesuai Persyaratan
    Seperti halnya pendaftaran online, Anda tetap harus menyerahkan dokumen-dokumen seperti fc KTP/KITAS/Paspor, rekening koran, NPWP ataupun mengirimkannya lewat jasa pengiriman ke kantor cabang.
  4. Tunggulah Beberapa Saat Hingga Permohonan Selesai Diproses
    Jika Anda sudah memastikan data formulir yang Anda isi sudah benar dan dokumennya sudah lengkap maka biasanya prosesnya tidak terlalu memerlukan waktu yang lama. Pihak CGS CIMB akan segera mengirimkan email pemberitahuan kepada Anda. Anda nantinya akan di berikan user ID dan password sehingga bisa segera log in melalui aplikasi iTrade.

Alamat Kantor Cabang CGS CIMB Sekuritas

Kantor CabangAlamatNo Telepon
Kelapa GadingKelapa Gading Permai
Jalan Kelapa Gading Boulevard Blok PA-11 No 8
Jakarta Utara, DKI Jakarta (14240)
Telp. (021) 29451590
Fax. (021) 29451098

Pluit
Jalan Pluit Sakti Raya 117 Blok B No 47
Pluit, Jakarta Utara
Telp. (021) 6630776
Fax. (021) 6630774
BSDRuko ITC BSD Blok R No 31
Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Wetan
Serpong, Tangerang Selatan
Telp. (021) 50898710, 50898712
Fax. (021) 50898711
BandungTamansari Bandung Branch
Jalan Ir. H. Juanda No 71, Tamansari, Bandung (40116)
Telp. (022) 20509290Telp. (022) 20502877
SurabayaGraha Bukopin Surabaya 10th, Unit 10.02 – 10.03
Jalan Panglima Sudirman 10 – 18 Surabaya (60271)
Telp. (031) 5467172
Fax. (031) 5467212
SemarangRuko Siranda
Jalan Diponegoro No. 2 Blok A, Semarang
Telp. (024) 76441260
Fax. (024) 76441263
MedanPlaza CIMB Niaga Lantai 1
Jl. Imam Bonjol No 9, Medan (20112)
Telp. (061) 80501633
Fax. (061) 80501677

Penutup

Setelah membaca review CGS CIMB Sekuritas Indonesia di atas, apakah Anda semakin tertarik menjadi salah satu nasabahnya?

Anda bisa memilih cara pendaftaran akun rekening saham di CGS CIMB dengan cara yang paling mudah dan cocok dengan kebutuhan Anda.

Perusahaan sekuritas manapun yang Anda pilih, pastikan Anda selalu meng-upgrade wawasan investasi Anda ya! Karena kesuksesan dalam berinvestasi pada dasarnya bergantung pada masing-masing investor.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar