Review Credit Suisse Sekuritas Indonesia, Broker Jawara Tahun Ini!

Credit Suisse Sekuritas Indonesia (CS) menjadi perhatian banyak investor saham pada pada awal oktober ini. Pasalnya Credit Suisse Sekuritas Indonesia telah tercatat menjadi salah satu broker yang memiliki jumlah transaksi saham terbesar sepanjang Januari hingga September 2020.

Perusahaan sekuritas yang telah menjadi anggota bursa ini, menempati posisi ketiga sebagai perusahaan sekuritas dengan transaksi terbesar, setelah Mandiri Sekuritas dan juga Mirrae Asset.

Perlu Anda ketahui, bahwa pada akhir penutupan perdagangan saham 30 September lalu, IHSG mengalami koreksi (minus) sebesar 0,19% pada posisi Rp. 4.870. Artinya sepanjang September 2020 IHSG sudah terkoreksi sebesar 8,32%.

Jika di akumulasikan dari awal tahun hingga September 2020 kemarin, IHSG terkoreksi sebesar 22,69%. Hal ini tentu saja mempengaruhi jumlah transaksi pada banyak sekuritas.

Namun ternyata jumlah transaksi Credit Suisse Sekuritas Indonesia mengalami kenaikan sebesar 20,21% per-september 2020 kemarin. Untuk Anda yang penasaran dengan Credit Suisse Sekuritas, ikuti terus ulasan lengkapnya kali ini!

Profil dan Sejarah Singkat Perusahaan

PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia termasuk perusahaan sekuritas internasional yang telah memiliki jaringan di lebih dari 50 negara di Asia pasific, Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

Ada 3 divisi khusus yang di dibentuk Credit Suisse untuk melayani nasabahnya, diantaranya ada Swiss Universal Bank, International Wealth Management dan Asia Pasifik.

Perusahaan yang memiliki kode broker CS ini merupakan perusahaan sekuritas asing asal Amerika Serikat di dirikan pada tahun 1856. Di Swiss, Credit Suisse Group merupakan salah satu bank utama yang memiliki hampir setengah total investasi uang ada di semua bank Swiss.

Perusahaan ini masuk ke Indonesia pada 6 Februari 1997 dengan nama PT Credit Suisse First Boston Indonesia dan baru mendapatkan izin dari Bapepam-LK pada bulan September 2002.

Pada 3 Oktober 2007 barulah Credit Suisse Sekuritas Indonesia menjadi anggota di BEI. Perusahaan ini sebenarnya tercatat beberapa kali berganti nama, yang pada awal pendiriannya di Indonesia bernama PT Credit Suisse First Boston Indonesia, berganti menjadi PT Credit Suisse Securities Indonesia pada tahun 205 dan terakhir menjadi PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia pada tahun 2017 silam.

Perusahaan ini memiliki ruang lingkup usaha sebagai perusahaan perdagangan efek (broker) sekaligus lembaga penjamin emisi efek (underwriter) yang telah terdaftar di BEI.

Jadi perusahaan ini bukan hanya telah dipercaya sebagai perantara transaksi jual beli efek tapi juga telah berperan sebagai lembaga penjamin efek bagi perusahaan yang ingin melakukan aktifitas perdagangan efek.

Sama seperti perusahaan pada umumnya, saham CS Indonesia juga dimiliki oleh satu pihak atau lebih. Pada tahun 2015, pemegang saham di CS Indonesia yakni Credit Suisse AG yang merupakan saham seri A sebesar 99,00% dan Dharwin Yuwono 1,00% saham seri B.

Saat ini CS di pimpin oleh Chris P. Prasertsintanah sebagai dewan komisaris, Bryant Christanto sebagai komisari independen, Rizal Gozali sebagai direktur utama, Sandri Supardi  dan Selvi Aman sebagai direktur PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia.

Review Credit Suisse Sekuritas Indonesia

REVIEW CREDIT SUISSE SEKURITAS INDONESIA
Credit Suisse Sekuritas Indonesia

Menjadi Sekuritas Dengan Jumlah Transaksi Terbesar

CS Indonesia tercatat sebagai broker paling aktif pada beberapa tahun terakhir ini. Pada tahun 2017, CS Indonesia 2019 yang lalu CS Indonesia memiliki jumlah volume perdagangan terbesar ke 6 yakni sebesar 56.561.379. 277 (shares) dengan nilai transaksi sebesar Rp. 161,879 triuliun.

Bahkan seperti yang telah kita bahas sekilas, CS telah mengalami pertumbuhan jumlah transaksi dibanding dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yakni sebesar 20,21% per-september 2020. Tepatnya dari Rp. 120,11 Triliun menjadi Rp 144,38 Triliun.

Produk dan Layanan Investasi CS

Pada awal kedatangannya di Indonesia 2008 silam, CEO dari Credit Suisse Asia Pasific mengatakan kalau CS menawarkan layanan brokarage yang menyeluruh untuk para nasabahnya, mulai dari equity research, sales, sales trading dan juga execution.

Berdasarkan layanannya perusahaan ini nampaknya membidik pasar di kalangan wirausahawan dan instutusi/perusahaan. Karena secara umum, CS Indonesia membagi layanannya dalam 2 kategori yakni untuk klien entrepreneur dan juga investor institusional (perusahaan).

Entrepreneur

Layanan ini ditujukan untuk Anda yang merupakan seorang wirausahawan yang ingin berinvestasi atas nama pribadi untuk mencapai tujuan bisnis atau keuangan Anda masing-masing.

Ada beberapa program yang di rancang untuk personal client kurang lebih seperti Platform terintegrasi.

Baca juga : Review Indo Premier Sekuritas, Cara Daftar dan Jual Beli Saham Online

Layanan ini meliputi pembiayaan, mengelola investasi pasar modal, menjadi konsultan dalam mendiversifikasi aset untuk menghasilkan uang, mengelola keuangan hingga konsultasi agar aset serta bisnis bisa diwariskan pada generasi selanjutnya.

Institusi/Perusahaan

Sedangkan jika Anda hendak mendaftar sebagai sebuah institusi atau perusahaan Anda bisa memilih layanan untuk institusi/perusahaan. Layanan ini meliputi :

  1. Riset dan solusi untuk penjualan dan perdagangan
    Apa saja yang di sediakan oleh CS Indonesia dengan layanan ini?Anda bisa mendapatkan akses penjualan sekuritas global, perdagangan dan eksekusi, penjaminan emisi, dan penelitian investasi yang komprehensif.
  2. Konsultan dan akses ke pasar modal
    Layanan ini meliputi konsultasi yang terkait dengan akuisisi, divestasi, dan strategi pertahanan pengambilalihan, serta penawaran ekuitas.

Fasilitas Menjadi Klien CS

Credit Suisse Cabang Switzerland memiliki fasilitas log in melalui website dan mobile untuk klien, baik sebagai privat client ataupun sebagai institusi.

Kita hanya tinggal memasukan User ID dan Password yang diberikan saat Anda resmi terdaftar sebagai klien CS. Ada juga fasilitas chat online melalui website.

Namun pada website khusus region Indonesia, fasilitas-fasilitas tersebut belum ada. Anda sebaiknya bertanya lebih lanjut mengenai hal ini melalui contact form yang akan dijelaskan pada poin selanjutnya.

Tapi Anda tetap bisa bergabung dengan komunitas internasional yang di selenggarakan oleh CS. Dlaam komunitas tersebut ada berbagai event seputar keuangan dan juga pengelolaan aset dan invetsasi yang bisa Anda ikuti.

Seperti The Credit Suisse Asia Investment Conference yang telah di selenggarakan selama 22 tahun, Credit Suisse China Investment Conference, Forum Pengusaha Asia, Konferensi Global Supertrends, Forum Filantropi (Forum Filantropis Credit Suisse) dll.

Cara Menjadi Klien di CS Indonesia

Sayangnya CS tidak menerangkan secara rinci tentang bagaimana cara untuk bergabung menjadi klien mereka. Hal ini memang dikarekana setiap wilayah memiliki perbedaan layanan yang dapat di sleenggarakan oleh CS.

Baca juga : CGS CIMB Sekuritas : Review dan Cara Buka Akun Saham Disini

Namun jika Anda ingin bergabung menjadi salah satu klien dari Credit Suisse Sekuritas Indonesia (CS) Anda bisa langsung menghubungi pihak Credit Suisse Sekuritas Indonesia dengan beberapa cara :

  1. Datang langsung ke kantor pusat CS di Indonesia
    Jika lokasi Anda dekat dengan kantor pusat CS Indonesia Anda bisa langsung bertanya pada customer servicenya. Kantor pusat CS Indonesia tepatnya berada di Gedung Sampoerna Strategic Square Jalan Jend. Sudirman Kav. 45 – 46 Karet Semanggi Setiabudi Jakarta Selatan
  2. Menelepon customer Service CS Indonesia
    Anda juga bisa menelepon customer service Credit Suisse Sekuritas Indonesia di nomor telepon (021) 5770762 atau (021) 25537900
  3. Mengisi contact form yang tersedia pada website resmi CS Indonesia
    Jika kontak telepon sedang sibuk, Anda bisa mengajukan permohonan detail informasi melalui link berikut ini https://www.credit-suisse.com/id/en/contact-form.html. Anda perlu mengisi beberapa kolom. Pada kolom pertanyaan terdapat beberapa pilihan topik : private banking, investement banking, credit suisse conferences/events, career, media enquiries dan general enquiries. Pilihlah topic “Investment banking” (jika Anda ingin berinvestasi) dan tulis pertanyaan Anda pada kolom “Your inquiry”.

    Selanjutnya Anda harus mengisi identitas sesuai yang tertera dalam kolom. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar karena Anda akan mendapatkan balasan melalui email maupun kontak lain yang Anda cantumkan. Jika sudah selesai mengisi semua data lalu klik “Submit”.

Penutup

Untuk berinvestasi saham, perusahaan sekuritas memegang peranan penting bagi para investor. Memilih broker yang terpercaya dan dapat di andalkan memang perlu ketelitian. Apalagi jika aset yang kita kelola dalam bentuk aset institusi atau perusahaan. Semoga review tentang Credit Suisse Sekuritas dapat menambah wawasan Anda dalam mempertimbangkan perusahaan sekuritas terbaik.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar