Mengenal CLSA Sekuritas Indonesia : Review dan Cara Mendaftar

Bagi Anda yang sedang mencari tahu dan membandingkan berbagai sekuritas / broker saham yang ada di Indonesia, CLSA Sekuritas Indonesia mungkin bisa menjadi salah satu list Anda.

Pasalnya, broker asing ini merupakan salah satu broker yang cukup dominan dan juga tentunya sudah terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesia.

Bahkan pada Juni 2020 yang lalu, CLSA Sekuritas atau biasa kita sebut juga KZ (kode broker) ini masuk dalam 10 sekuritas yang memiliki nilai transaksi tertinggi.

Nah bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai CLSA Sekuritas Indonesia, ikuti terus ulasannya kali ini.

Sebenarnya bagaimana profil dan juga layanan KZ Indonesia? Apakah layak untuk kita pertimbangkan untuk menjadi sekuritas pilihan yang sesuai kebutuhan kita kedepannya? Yuk langsung kita mulai dengan profil serta sejarah singkat CLSA Sekuritas Indonesia!

Profil dan Sejarah Singkat Perusahaan

Profil dan Sejarah Singkat Perusahaan

Seperti yang telah kita tahu, CLSA Sekuritas (KZ) merupakan salah satu perusahaan sekuritas asing yang ada di Indonesia. Perusahaan ini termasuk perusahaan yang cukup tua jika kita melihat sejarah pendiriannya sejak awal.

Karena CLSA Sekuritas sudah berdiri sejak tahun 1986 di Hong Kong dan per-tahun 2018 sudah memiliki 20 kantor perwakilan di wilayah Asia, Australia, Eropa dan Amerika.

Baca juga : CGS CIMB Sekuritas : Review dan Cara Buka Akun Saham Disini

CLSA yang dulu di kenal sebagai Credit Lyonnais Securities Asia merupakan anak perusahaan dari CITIC Security.

Di Indonesia sendiri, KZ mulai masuk pada tanggal 23 April tahun 1990. Dulu namanya adalah PT Dian Adyasecurita, lalu kemudian berubah menjadi PT CLSA Sekuritas Indonesia (KZ).

KZ tentunya sudah memiliki izin usaha dari BEI maupun OJK sebagai perantara pedagang efek, penjamin emisi efek dan manajer investasi sejak 25 Februari 1992.

Jadi Anda tidak tidak perlu mengkhawatirkan dari segi keamanannya.

Selama menjadi lebih dari 30 tahun berkiprah di bidang sekuritas, KZ sudah mengantongi berbagai penghargaan bergengsi sebagai bukti kinerjanya selama ini. Apa saja penghargaan yang telah di raih oleh KZ?

  • Broker Terbaik: CLSA tahun 2019 versi FinanceAsia Achievement Awards
  • No.1 Best Overall Regional Combined Research & Sales 1990 – 2018 – CLSA & CITIC Securities versi Asiamoney 2019
  • No.1 Top Stock Picker in Equity Real Estate Investment Trusts (REITs)
  • No.2 Top Stock Picker in Telecom Services & Information Technology
  • Best Chinese Broker in Hong Kong dalam FinanceAsia Country Awards 2015
  • dll

Saat ini CLSA B.V merupakan pemegang saham terbesar (60 %) PT CLSA Sekuritas Indonesia. Lalu sisanya adalalah PT Kedaung Industrial (12,5 %), PT Kedawung Subur (12,5 %) dan Agus Nursalim (15 %).

Review CLSA Sekuritas Indonesia

Review CLSA Sekuritas Indonesia KZ

Layanan KZ Indonesia

Sebagai perusahaan sekuritas asing terkemuka, KZ menawarkan serangkaian layanan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Review Credit Suisse Sekuritas Indonesia, Broker Jawara Tahun Ini!

Jika dicermati, KZ cenderung membidik pasar global misalnya untuk Anda yang menginginkan akses global dan juga sebagai sebuah perusahaan. Layanan KZ terdiri dari :

  • Layanan Ekuitas Global
    Nah jika Anda tertarik melakukan investasi ekuitas (modal), layanan KZ yang satu ini mungkin bisa Anda pertimbangkan. Layanan ini meliputi penelitian dan perdagangan yang akan di tangani oleh tim layanan perdagangan yang handal, Adaptive AI Algo Trading dan tentunya tim riset CLSA yang mampu memberikan ide yang original dan independen.
  • FICC
    Yakni serangkaian layanan yang mencakup penerbitan perdana (atau yang kita kenal sebagai IPO), pembuatan pasar obligasi sekunder, menyediakan solusi kredit / suku bunga / FX yang terstruktur, hingga akuisisi / pembiayaan mezanin untuk investor dan penerbit global. KZ memanfaatkan posisi CITIC Securities yang cukup kuat dalam pasar pendapatan tetap di China dan jaringan pasar global CLSA (KZ) serta basis modal dan afiliasi CITIC Group. Jadi sudah terbayang ya, sudah sekuat apa produk/layanan KZ yang satu ini.
  • Keuangan dan Pasar Modal Perusahaan
    Layanan ini khusus menyediakan rangkaian lengkap layanan keuangan dan pasar modal yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Nah, CLSA sendiri membatasi sektor perusahaan yang ingin bergabung dalam layanan yang satu ini. Sektor tersebut meliputi konsumen dan diversifikasi, grup industri energi dan umum, lembaga keuangan, kesehatan, real estate, infrastruktur, teknologi, media dan telekomunikasi.

    Anda pasti tahu Xiaomi? Brand teknologi asal China adalah salah satu perusahaan yang berhasil melakukan IPO dan terdaftar di di bursa Hong Kong dimana CLSA (KZ) menjadi sponsornya.

Layanan KZ lainnya

Selain 3 layanan di atas, KZ memiliki layanan EQD & Prime Service. Apakah itu?

  • EQD & Prime Service
    EQD (Equity Deritivatives) adalah layanan yang melayani kebutuhan Anda dalam hal manajemen risiko, peningkatan hasil, pembiayaan, dan akses pasar lintas batas. Beberapa produk EQD dari KZ meliputi : Pertama yakni Produk yang terstruktur yang terdiri dari Flow Derivatives, Delta One Derivatives dan Exotic Derivatives. Kedua, adalah strategi investasi kuantitatif yang mencakup ekuitas, pendapatan tetap, komoditas, dan aset lainnya.

    Ketiga KZ menyediakan layanan Derivatif ekuitas perusahaan khusus untuk klien yang fokus pada ekuitas publik. Sedangkan layanan prima menyediakan serangkaian solusi seperti eksekusi, perdagangan sintetis, SBL, kustodi, kliring, pembiayaan aset, administrasi dana, dll.

KZ juga sebenarnya bergerak dalam jasa Manajemen Aset, Manajemen Kekayaan, Kebutuhan Riset dan juga Akses Korporasi. Untuk bisa mengakses semua layanan ini Anda bisa menghubungi kontak email berikut [email protected]

Akses yang Sangat Luas ke China

Perlu Anda ketahui bahwa perusahaan induk KZ adalah CITIC Securities. Saat ini CITIC Securities terkenal sebagai pialang dan bank investasi terkemuka di China.

Yang mana memiliki akses yang luar biasa dalam hal keuangan perusahaan, pasar modal dan peluang investasi ke China. Jadi jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda dengan akses global, nampaknya KZ sangat bisa Anda pertimbangkan sebagai sekuritas andalan.

Fasilitas Untuk Klien

Jika Anda sudah tergabung menjadi klien CLSA Sekuritas Indonesia maka Anda bisa mendapatkan akses log in melalui website resminya. Ada tiga akses log in yang tersedia, sesuai dengan layanan yang Anda pilih, yakni :

  1. Research log in for Clients
  2. Forum log in for delegates
  3. Forum log in for media

CLSA juga menyediakan layanan CLSA mobile, yakni aplikasi yang memfasilitasi forum dan akses terhadap riset dan laporan terbaru. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui google play (bagi pengguna android) maupun app store (bagi pengguna iphone).

Selain itu CLSA seringkali mengadakan forum pribadi investor CLSA yang tentunya terdiri dari jaringan global investor yang sangat luas. Pada tahun 2018 yang lalu CLSA mengadakan forum besar investor CLSA.

Yang mana sekitar 1500 CEO dan CFO dari 570 perusahaan telah menghadiri forum tersebut. Disana mereka bertemu dengan lebih dari 1900 investor CLSA yang lain.

Baca juga : Ini Dia, Sektor Saham Terbaik di Indonesia Tahun 2020, Blue Chip !

Namun mungkin yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menjadi salah satu klien KZ? Hal tersebut akan kita bahas pada poin selanjutnya!

Cara Menjadi Klien CLSA Sekuritas Indonesia

Pihak CLSA Sekuritas Indonesia (KZ) tidak secara detail menuliskan cara bergabung menjadi klien mereka. Namun Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar pendaftaran klien dengan cara :

  1. Mendatangi kantor perwakilan di Indonesia
    Jika lokasi Anda dekat dengan kantor CLSA Sekuritas Indonesia, Anda bisa mendatangi bagian customer service KZ yang berlokasi di ROMA Osteria & Bar, Jalan Jendral Sudirman No.Kav 71, Senayan, Jakarta Selatan.
  2. Menghubungi KZ Indonesia
    Anda juga bisa melakukan panggilan telepon ke kontak kantor KZ Indonesia melalui +62 21 5088 7888 atau +62 21 5088 7808.
  3. Mengirim email
    Selain panggilan langsung, Anda bisa mengajukan pertanyaan melalui alamat email resmi KZ Indonesia ke [email protected] Pastikan Anda mengisi bagian subject sesuai dengan tujuan Anda, misalnya menanyakan bagaimana cara pendaftaran klien untuk layanan keuangana dan pasar modal perusahaan.
  4. Menghubungi KZ region Asia
    Jika nomor telepon KZ Indonesia sedang tidak bisa Anda hubungi maka Anda bisa menelepon ke nomor telepon sesuai region, yakni asia melalui +852 2600 8924

Penutup

CLSA Sekuritas Indonesia telah menjadi perusahaan teraktif pada tahun 2019 dengan total nilai perdagagangnya yang fantastis. Nah per- 15 Oktober 2020 kemarin, KZ telah memiliki nilai transaksi sebesar Rp. 467.991.104.860 dengan volume sebesar 181.912.380. Luar biasa bukan?

Kebutuhan akan perusahaan sekuritas yang profesional bukan hanya di miliki oleh perorangan, tapi tentunya juga perusahaan. CLSA Sekuritas Indonesia mungkin bisa menjadi salah satu sekuritas yang dapat Anda pertimbangkan, mengingat aksesnya globalnya yang kuat.

Demikian ulasan mengenai CLSA Sekuritas Indonesia (KZ). Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda dalam hal mengenali karakteristik sekuritas asing yang ada di Indonesia.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar