Pahami! Berikut Pengertian Saham dan Jenisnya

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang terbilang sangat menjanjikan di masa sekarang. Terbukti dari banyaknya peminat yang mulai sadar akan pentingnya ‘bermain’ saham pada masa sekarang.

Kesadaran akan pentingnya saham dalam dunia investasi di Indonesia kini mulai tumbuh, didukung dengan kemajuan teknologi dan edukasi yang lebih baik tentang dunia saham.

Terlebih lagi sudah bayaknya bukti orang yang sukses dalam jenis investasi ini. Sehingga menjadi pelecut semangat yang lain untuk mengikuti jejak sukses para pelaku saham.

Dan kini banyak orang yang telah terjun dalam dunia investasi saham, tidak hanya pelaku lama. Banyak juga pendatang baru yang sudah mulai berani terjun dalam investasi ini.

Disamping menjanjikan saham merupakan jenis bisnis yang dirasa mudah untuk dijalankan, kita hanya cukup menyiapkan modal tanpa harus ikut pusing dalam mengelolanya. Kemudahan ini yang dicari oleh banyak orang khususnya para generasi muda milenial.

Karena dengan tuntutan pekerjaan yang semakin padat banyak orang yang tidak punya banyak waktu dalam berivestasi dan investasi saham memiliki tawaran yang mudah dalam menjalankan.

Dalam investasi saham kita masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa, seperti bekerja, berdagang atau melakukan bisnis yang lain. Investai ini merupakan jenis bisnis modern yang sedang merangkak tumbuh di Indonesia.

Sebelum membahas lebih jauh mari kita artikan terlebih dahulu, saham itu apa sebenarnya? Dikutip dari kompasiana.com.

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Maka dari itu, Anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan.

Itulah pengertian saham, sebelum Anda memilih terjun ke dunia saham agaknya kalian harus lebih terlebih dahulu memahami seluk beluk dunia saham khususnya bagi kalian para pemula yang akan mulai terjun dalam investasi ini.

Saham adalah

Nah kalau kita sudah paham mengenai pengertian saham. Maka selanjutnya kita beralih ke jenis jenis saham. Yuk simak penjelasan berikut, dikutip dari laman seputarpengetahuan.co.id.

Jenis-Jenis Saham

Ada dua jenis saham berdasarkan hak tagih atau kemampuan klaim yaitu sebagai berikut:

1. Saham Biasa (Common Stock)

Saham biasa merupakan saham yang sangat popular di pasar modal, karena saham jenis ini adalah saham yang dapat meneriman dividen setiap tahun jika perusahaan mengalami keuntungan/laba.

Serta kemudahan yang lain dalam jenis saham ini adalah kita memiliki hak suara pada rapat umum pemegang saham / RUPS. 

Jika dikemudian hari perusahaan mengalami masalah kita dapat memiliki hak suara dalam arah kebijakan perusahaan. Selain itu apabila perusahaan terkena masalah finansial likuiditas. Maka para pemegang saham akan mendapatkan hak hal nya seperti asset perusahaan.   

Itulah yang menjadi saham jenis ini merupakan jenis saham yang popular dipilih oleh banyak orang. Karena hak dan kewajibannya yang tidak dimiliki dalam jenis saham lainnya.  

Adapun ciri ciri jenis saham ini adalah memperoleh hak suara pemegang saham, dapat sehingga bisa memillih dewan komisaris. Hak didahulukan, bila organisasi penerbit menerbitkan saham baru dan tanggung jawab terbatas, pada jumlah yang diberikan saja.

2. Saham Preferen (Preferred Stock)                   

Saham preferen merupakan jenis saham yang memiliki hak istimewa yaitu tambahan hak melebihi saham biasa

pengertian saham

Dalam pembayaran deviden pemegang saham memperoleh hak istimewa jika dibandingkan jenis saham biasa.

Satu hal yang menarik dari saham jenis ini adalah jika dikemudian hari perusahaan mengalami kebangkrutan para pemegang saham jenis ini ini akan mendapatkan hak atas sisa aset perusahaan sebelum pemegang saham biasa dan haknya lebih tinggi dari pemegang saham biasa.

Adapun saham preferen memiliki ciri-ciri umum pada tagihan terhadap aktiva dan pendapatan, memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam hal pembagian dividen.

Jenis saham berdasarkan cara peralihannya

Ada dua jenis saham berdasarkan pada cara peralihannya, yaitu:

A. Saham Atas Unjuk (Bearer Stocks)

Saham Atas Unjuk adalah saham yang tidak mempunyai nama pemilik saham. Dengan demikian saham ini sangat mudah untuk diperalihkan. Saham ini mirip dengan uang, gampang dialihkan.

Pada saham ini tidak tertulis nama pemiliknya, supaya lebih mudah dipindahtangankan dari satu investor satu ke investor lain.

Siapa yang memegang saham tersebut secara hukum, maka dialah yang diakui sebagai pemiliknya dan berhak untuk ikut hadir dalam RUPS.

Adapun kelemahan dari jenis saham ini adalah pengalihan saham atas tunjuk sangat mudah, maka siapa saja berhak mengaku sebagai pemilik perusahaan.

Selain itu tingkat keamanan yang rentan karena nama pemegang sahamnya tidak tercantum, maka apabila lembar saham diambil dan/atau hilang, maka pihak yang mengambil /memegang fisiknya dapat diakui sebagai pemegang saham yang bersangkutan, dan pihak yang merasa kehilangan tidak dapat melakukan klaim atas saham tersebut.

Satu hal lagi dalam sisi manajemen direksi kesulitan di dalam melakukan pencatatan pemegang saham dalam daftar pemegang saham (DPS).

B. Saham Atas Nama (Registered Stocks)

Saham atas nama adalah saham yang ditulis dengan jelas siapa pemiliknya. Tidak mudah dalam peralihan kepemilikan karena harus mengikuti prosedur tertentu selain itu Cara peralihan saham ini harus melalui pencatatan dokumen peralihan.

Pada saham ini nama dari pemilik saham terdapat di sertifikat saham dan tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) perusahaan. Pemegang saham jenis ini memperoleh hak untuk menjual saham, memperoleh dividen, dan mengakhiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dengan demikian saham jenis ini dirasa lebih aman daripada jenis saham atas tunjuk namun demikian dengan segala aturan yang mengingakat saham ini tidak bisa dinamis dalam melakukan sebuah kebijakan.

Sehingga kadang kala justu menjadi boomerang karena dalam bisnis kadang memerlukan langkah yang cepat dalam menentukan arah kebijakan perusahaan.

Kendala tersebut menjadikan saham atas nama terkadang lambat dalam melakukan suatu trobosan secara cepat guna menujang kebaikan suatu perusahaan.

Itulah pengertian dan jenis saham yang harus kita ketahui jika kita akan terjun ke dunia investasi saham. Karena selain menjanjikan investasi saham juga memiliki risiko yang besar. Jadi kita harus paham betul seluk beluk dunia saham.

Baca juga : Kode Saham Perusahaan Manufaktur Indonesia

Ketika dirasa sudah paham, tunggu apalagi segeralah investasikan uang Anda dalam bentuk saham. Di zaman modern seperti sekarang investasi jenis ini merupakan salah satu jenis investasi yang bisa meraup banyak pundi pundi keuntungan.

Apa itu saham?

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan.

Jenis-Jenis Saham?

Saham Biasa (Common Stock)
Saham Preferen (Preferred Stock)

Saham berdasarkan cara peralihannya?

A. Saham Atas Unjuk (Bearer Stocks)
B. Saham Atas Nama (Registered Stocks)

Bagikan ;