Waktunya Menanam Saham di Bulan Ramadhan

Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah momentum menanam kebaikan. Namun bagi para investor ritel yang jeli, ini juga sekaligus waktunya untuk menanam saham di bulan Ramadhan.

Tentu kita semua tahu barang apa saja yang bakal mengalami kenaikan pembelian pada bulan Ramadhan?

Bumbu makanan, bahan makanan, makanan cepat saji, cemilan, sirup, dan kebutuhan konsumen lain yang masuk kategori FMGC atau Fast Moving Customer Goods.

Anda tentu sudah tidak asing dengan perusahaan seperti PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Beberapa produk mereka sudah sangat sering menghiasi dapur atau meja ruang makan kita, apalagi pada bulan Ramadhan.

Kemudian juga ada perusahaan seperti PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT FKS Food Sejahtera Tbk (AISA) yang juga memproduksi bahan makanan.

Bagi Anda yang suka belanja kebutuhan rumah pada minimarket, ini saatnya menjadi bagian dari kepemilikan perusahaan.

Anda bisa mengintip laju saham PT  Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT).

Performa Saham

Penting kiranya untuk juga mengetahui performa dari beberapa perusahan yang berhubungan dengan konsumsi kebutuhan sehari-hari.

Meski pada satu bulan belakangan ada beberapa saham yang mengalami penurunan, namun bulan Ramadhan bisa menjadi titik pendongkrak naiknya harga saham.

Misal, PT Unilever (UNVR) yang mengalami penurunan dari Rp.4.200 ke Rp. 3.400 selama kurun waktu Februari – Maret.

menanam saham di bulan Ramadhan
sumber: id.tradingview.com

Buat Anda yang sudah lama menjadi investor Unilever mungkin agak sedih telah kehilangan 800 rupiah dari lembar saham Anda.

Namun bagi Anda yang baru akan membelinya, tentu kabar bagus mengingat harganya yang sedang ada di bawah.

Produk UNVR yang langsung berkaitan dengan kebutuhan konsumen tentu tidak akan membuat grafik harga bertahan lama pada titik rendah.

Itulah mengapa beberapa kawan yang memegang saham UNVR tetap tenang-tenang saja, karena mereka tahu akan ada titik balik untuk kembali merangkak tinggi.

Begitu juga dengan PT Indofood yang sedang mengalami penurunan sentimen perusahaan akibat kenaikan bahan baku gandum.

Dengan menggunakan bahan baku gandum untuk beberapa produknya, Indofood mengimpor sebagiannya dari Ukraina dan Rusia.

Invasi dan sanksi ekonomi tentu menaikkan harga bahan baku karena jumlah stok global yang berkurang.

Selama hampir satu bulan, saham PT Indofood berada pada kisaran harga Rp. 6.200 – Rp. 5.800. Masih lebih baik dari harga UNVR.

sumber: id.tradingview.com

Bagi Anda yang masih pegang saham PT Indofood, tetap jaga dalam genggaman dan jangan lepaskan.

Sedangkan bagi Anda yang baru saja ingin membelinya, Anda harus siapkan dana yang lebih banyak atau hanya akan mendapatkan jumlah yang lebih sedikit.

Jika membandingkannya dengan saham UNVR yang bisa Anda dapat dengan jumlah uang yang Anda miliki saat ini.

Cari yang lebih murah? Anda bisa cari saham PT Garudafood, itu lho yang bikin produk kacang-kacangan. Salah satu kudapan favorit saat Idul Fitri.

Selama satu bulan ini saham PT Garudafood bergerak pada kisaran Rp. 580 – Rp. 540. Penurunannya cukup rendah tapi naiknya juga tidka signifikan.

Saham DNET dan AMRT

Saham PT Indoritel Makmur (DNET) yang menaungi minimarket dengan warna dominan biru bergerak pada harga Rp. 3.100 – Rp. 3.200.

menanam saham di bulan Ramadhan
sumber: id.tradingview.com

Sedangkan untuk minimarket kompetitornya yang berwarna merah, alias milik PT Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) harganya lebih murah. Pada kisaran Rp 1.400 – 1.380 selama bulan Maret 2022.

Baca juga: Investor Asing Semakin Melirik Indonesia

Penutup

Bulan Ramadhan adalah waktu dimana aktifitas konsumsi semakin meningkat, sehingga banyak investor berharap ada kenaikan sentiment saham pada perusahaan Consumer Goods.

Ini kesempatan baik untuk Anda menanam saham di bulan Ramadhan, siapa tahu bisa jadi tabungan untuk membuka usaha kue kering pada Ramadhan tahun depan.

Buatlah list saham dari perusahaan yang bergerak pada bidang konsumsi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, karena mereka pasti akan membuat penjualan yang berlipat.

Bagikan ;