Categories: Investasi

Mulai Dari Sekarang! Ini Dia Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Investasi merupakan salah satu ikhtiar bagi seseorang untuk bisa survive di masa depan, karena dengan melakukan investasi sedini mungkin maka harapan untuk menggapai mimpi di masa depan semakin nyata di depan mata.

Namun sayangnya masih banyak orang khususnya anak muda yang belum  sadar akan pentingnya investasi, nyatanya kebanyakan orang yang melakukan invetasi adalah orang yang sudah mapan dan tentunya berumur.

Padahal baik orang dewasa maupun anak muda perlu menyisihkan sebagian uangnya untuk investasi karena investasi diperlukan guna menata keuangan guna lebih baik dan memilih investasi yang cocok untuk anak muda juga tak kalah penting karena dengan pemilihan yang tepat maka kamu bisa mendapatkan tujuan dari investasimu.

Jangan terlela dengan pikiran kebanyakan anak muda yang mengatakan bahwa ‘masih muda kenapa harus susah-susah  berinvestasi segala’, memang masa muda identik dengan bersenang-senang dan itu tidaklah salah selama kamu tidak berlebihan dalam melakukannya.

Meski begitu kamu juga harus tetap memikirkan masa depan, jangan hanya terus-terusan mencari kesenangan belaka, pikirkan juga agar kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan.

Karena saat ini investasi merupakan bagian penting dalam perencanaan keuangan, jika jika tidak memulainya dari sekarang anak muda akan semakin sulit mengejar apa yang ia inginkan kelak.

Nyatanya masih banyak anak muda yang belum memikirkan tentang bagaimana rencana keuangan di masa depan dan belum memiliki tujuan jangka panjang yang harus diraih, anak muda masih terlalu fokus dengan apa yang ada saat ini tentunya ini akan berpengaruh dengan perilaku konsumtif.

Jika anak muda masih acuh terhadap investasi tentu hal ini akan berdampak pada hal negatif dikemduian hari dan tentunya jalan untuk mendapatkan kemakmuran di masa depan akan semakin sirna.  

Investasi terdiri dari berbagai jenis, mulai dari uang, tanah, properti, surat berharga, emas, kesehatan, pendidikan, dan mata uang asing. Berdasarkan data Schroders yang dikutip dari laman kompas menunjukkan bahwa jenis investasi yang paling diminati investor Indonesia adalah properti, saham, obligasi, dan komoditas sebanyak 21%.

Investasi memiliki banyak keuntungan yang sangat baik dimasa mendatang. Maka dari itu penting sekali untuk berinvestasi sejak dini agar dapat memetik hasilnya dimasa depan karena ada faktor nilai waktu uang yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Keuntungan berinvestasi diusia muda banyak sekali, diantaranya yaitu; pertama, Keuntungan berinvestasi  lebih besar dibandingkan menabung di bank, Hal tersebut  dikarenakan bunga yang didapatkan dari berinvestasi lebih besar daripada bunga menabung di bank.

Kedua, berinvestasi Menciptakan pr ibadi yang disiplin karena investasi akan menjadi suatu rutinitas baru yang mengharuskan kita untuk terus menyisihkan uang demi masa depan yang gemilang.

Ketiga, Jaminan Finansial dimasa depan, dengan berinvestasi kita akan memiliki aset yang nilainya akan terus bertambah dari waktu-waktu yangmana dimasa depan nilainya akan berlipat ganda,

dan terakhir yaitu dapat melatih untuk belajar hidup hemat, karena pribadi disiplin menabung dalam bentuk investasi sudah terbentuk, hal tersebut secara tidak langsung akan melatih diri kita untuk belajar hidup hemat agar uang yang kita sisihkan dapat diinvestasikan. 

Namun tentu investasi yang kamu lakukan jangan berupa investasi abal-abal atau bodong. Berikut kami raangkum 5 jenis investasi yang cocok bagi anak muda.

1.  Emas

Menyisihkan dana untuk investasi memang sulit terlebih bagi kamu yang belum membiasakan diri, namun ada beberapa bentuk investasi yang tidak terlalu sulit kok buat kamu yang masih awam salah satunya adalah investasi emas.

Ada beberapa jenis investasi emas yang bisa kamu pilih, seperti emas batangan dan emas perhiasan, keduanya sama-sama menguntungkan namun beberapa orang cenderung menyarankan untuk berinvestasi pada emas batangan.

Invetasi emas memang cocok utuk anak muda yang baru akan memulai berinvestasi, karena nilai emas itu tidak mudah naik atau turun, dan tentu saja risikonya lebih minim jika dibandingkan dengan jenis investasi lain.

Baca;

  1. Emas, Investasi Primadona di Tengah Pandemi
  2. Cermati, 7 Risiko Investasi Emas Batangan yang Perlu Anda Pahami

Emas merupakan investasi paling mudah yang dapat Anda lakukan karena kamu bisa berinvestasi disesuaikan budget Anda, emas juga dapat Anda jual kembali ketika ada kebutuhan keuangan mendadak yang Anda perlukan.

2.  Reksadana

Reksadana adalah produk investasi yang memungkinkan pengelolanya menghimpun dana dari masyarakat untuk kemudian diinvestasikan di pasar modal.

Nah, instrumen ini cocok bagi anak muda yang ingin belajar berinvestasi di pasar modal. Pada reksadana, uang yang kamu investasikan tidak dikelola oleh kamu sendiri melainkan diwakilkan oleh manajer investasi.

Hal ini tentu saja memudahkan bagi kamu yang masih awam pada dunia pasar modal karena kita tidak perlu repot-repot menganalisi pasar, pekerjaan itu sudah dilakukan oleh manajer investasi.

Selain itu investasi reksadana juga cocok bagi anak muda karena hanya dengan uang 10 ribuan kamu sudah bisa berinvestasi, karena modal merupakan salah satu alasan terbanyak mengapa anak muda tidak mau berinvestasi.

Baca yuk, Aplikasi Investasi Saham & Reksadana Terbaik Legal

Reksa dana tentu saja layak untuk kamu pilih sebagai alat investasi karena selain terjangkau Investasi reksadana juga memiliki jangka waktu yang tidak terlalu lama serta resiko yang relatif kecil sehingga menjadi salah satu alternatif investasi bagi kaum anak muda.

3.  Deposito

Beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama deposito? Ya, investasi deposito adalah salah satu jenis simpanan sejenis investasi sederhana dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap dengan jangka waktu tertentu.

Biasanya jenis simpanan ini digunakan oleh orang-orang yang ingin berinvestasi di produk keuangan dengan risiko rendah, karena itu investasi ini cocok banget untuk dipilih para anak muda yang rata-rata masih pemula dalam dunia berinvestasi.

Selain itu, menurut PT Bursa Efek Indonesia, produk investasi yang satu ini memiliki rata-rata keuntungan yang lebih stabil dibanding produk lainnya seperti saham atau emas.

Deposito yang ditawarkan berbagai perbankan saat ini dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk investasi untuk kaum anak muda. Deposito yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp. 1.000.000,- yang terjangkau oleh anak muda.

Deposito juga layak dipertimbangkan karena hasil yang diperoleh biasanya sekitar 7 – 8 % dari nilai investasi kamu dan tentunya angka tersebut jauh lebih tinggi dari bunga bank apabila kamu menabung di bank.

Jangka waktunya juga terdapat berbagai pilihan mulai dari 1 bulan, 3 bulan ataupun 1 tahun yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu.

4.  Peer to Peer Lending

Investasi yang cocok untuk anak muda berikutnya adalah peer to peer lending, yaitu kegiatan finansial dengan pendekatan menghubungkan antara pemberi modal dan peminjam.

P2P lending di Indonesia saat ini sudah sangat banyak, dan cukup menarik minat investor dalam melakukan investasi berbasis pendanaan online. Dari sisi manfaat, investor yang menanamkan modal melalui P2P lending bisa meraup return tinggi hingga 20 persen dalam setahun, bahkan melebihi bunga deposito.

Selain itu, platform P2P lending memfasilitasi aneka produk bisnis yang bebas dipilih oleh pemodal, sehingga dapat membantu investor mengetahui arah pendanaan.

Ada juga P2P lending khusus investasi bagi pendanaan Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain menjadi penyokong dana, investor pun turut membangun perekonomian negara lewat UKM.

5. Properti

Properti, Investasi Jangka Panjang Terbaik

Investasi properti memang telah menjadi sebuah investasi yang sering terdengar diperbincangkan dan dibahas. Hal ini karena memang jenis investasi ini secara tradisional sudah dilakukan sejak dahulu kala, menjadikannya salah satu jenis investasi yang populer di kalangan masyarakat.

Produk barangnya pun bentuknya konkret, sehingga memberikan rasa aman bagi investornya, ketimbang berinvestasi pada barang yang sifatnya abstrak seperti saham.

Jika Anda memiliki uang yang berlebih, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk investasi properti karena investasi ini akan menjadi investasi yang berguna bagi Anda untuk di masa mendatang karena jangka waktu investasi ini biasanya bersifat jangka panjang.

Nah itulah jenis investasi yang cocok untuk anak muda, memulai investasi memang tidak mudah khususnya bagi anak muda, namun jika kamu ingin masa depanmu cerah maka mulailah berinvestasi dari sekarang!

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

Ini 8 Investasi Modal Kecil Mulai dari 100 Ribuan, Cocok Bagi Pemula!

Jika mendengar kata investasi maka yang akan terpikirkan adalah sesuatu yang memiliki nilai keuntungan. Hal…

2 minggu ago

HERO Tutup Semua Giant, Begini Kinerja 8 Saham Emiten Ritel Modern

Kabar mengejutkan datang dari sektor ritel modern. Terbaru, PT Hero Supermarket Tbk (HERO), mengumumkan bakal…

3 minggu ago

Merger Gojek – Tokopedia, 8 Emiten Saham Teknologi Langsung Cuan?

Setelah begitu ramai berhembus sejak April kemarin, akhirnya dua raksasa startup asal Indonesia takni Gojek…

3 minggu ago

Penting! Ini Cara Membedakan Saham Likuid dan Tidak Likuid

Bagi Anda para investor pemula yang ingin memulai investasi saham, pasti sudah pernah mendapatkan saran…

4 minggu ago

Investor Wanita dan Bagaimana Perkembangannya Saat Ini ?

Pada tanggal 21 April 2021 yang lalu adalah hari peringatan nasional yang kita kenal sebagai…

1 bulan ago

Mau Investasi Saham? Pahami Dulu Apa itu Bid dan Ask Serta Istilah Lain

Sebenarnya, pada saat kita bertransaksi saham di pasar sekunder (setelah IPO) kita bukan lagi hanya…

1 bulan ago