Categories: Investasi

Ini 8 Investasi Modal Kecil Mulai dari 100 Ribuan, Cocok Bagi Pemula!

Jika mendengar kata investasi maka yang akan terpikirkan adalah sesuatu yang memiliki nilai keuntungan. Hal ini pun beriringan dengan pemikiran yang melibatkan modal besar. Tidak bisa ditampik bahwa dulunya, jika seseorang ingin melakukan investasi maka harus melibatkan modal yang sangat besar sebab jenis investasi yang dikenal secara luas hanyalah emas batangan dan properti.

Seiring berjalannya waktu maka hadir secara meluas inovasi investasi modal kecil ala pemula dengan hanya modal 100 ribuan. Percaya atau tidaknya, faktanya investasi tersebut ada dan terbukti nyata. Hal ini dibuktikan melalui jumlah peningkatan investasi golongan milenial dan generasi Z. Begitu banyak golongan generasi tersebut yang mulai debutnya dalam berinvestasi dengan modal yang sangat kecil.

Inilah deretan rekomendasi investasi modal kecil ala pemula yang dapat kamu pilih yaitu:

1. Saham

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa saham merupakan jenis investasi yang memiliki likuiditas yang sangat tinggi. Dengan demikian saham dapat memberikan keuntungan yang besar serta resiko yang sangat tinggi pula. Sangat disarankan bagi pemula yang ingin terjun ke dunia saham untuk memperhatikan resikonya sehingga ketika mengalami kerugian saat pasar turun tidak mengalami kepanikan, namun mencari celah.

Bagi yang tertarik dengan investasi modal kecil ala pemula satu ini maka kamu sangat diharuskan untuk membuka sekuritas agar dapat melakukan transaksi jual beli saham. Terdapat begitu banyak sekuritas yang dapat dipilih, namun yang menjadi rekomendasi bagi para pemula yaitu ajaib sekuritas dan indopremier sekuritas. User interface yang begitu ramah untuk pengguna dan tidak ada minimal deposito ini sangat menguntungkan para pemula. Dengan demikian pengguna dapat bertransaksi pembelian saham dengan harga 100 ribuan.

Menariknya setiap emiten saham memiliki harga yang berbeda-beda, bagi para pemula terdapat saham murah yang menjadi rekomendasi investasimuda yaitu PWON Rp , SIDO Rp, PGAS RP, dan lain sebagainya.

Baca juga: Dear Akhi Ukhti, Inilah Daftar Investasi Syariah Halal Bebas Riba

2. Reksadana

Investasi reksadana merupakan investasi yang menyajikan sejumlah produk yang terdiri atas pendapatan tetap, IDX, uang dan lain sebagainya. Setiap produk memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda, produk yang memiliki resiko yang paling rendah dapat direkomendasikan kepada reksadana uang. Hal ini dipicu melalui grafik yang cenderung selalu naik dan jarang untuk menurun. 

Reksadana merupakan solusi bagi para pemula yang takut untuk memulai investasinya terutama pada jenis saham. Bagi yang tertarik untuk memulai investasinya dalam bentuk reksadana dapat membelinya di bank ataupun aplikasi online. Namun, saat ini banyak sekali pengguna yang lebih memilih aplikasi online sebab akses yang dimiliki sangatlah mudah. Terdapat begitu banyak aplikasi yang menjual produk reksadana, berikut aplikasi yang menjadi rekomendasi dari investasi muda yaitu Bibit, Ajaib, dan Bareksa.  

3. Tabungan Emas Digital

Emas batangan merupakan investasi terpercaya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sejak dulu ketenaran dari investasi jenis ini sama besarnya dengan properti. Hal ini dikarenakan kondisi emas yang cenderung naik dan jarang sekali untuk turun. Namun, investasi jenis hanya cocok untuk digunakan untuk jangka panjang agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kendala yang dimiliki dari investasi emas yaitu modal yang besar dan ini yang sulit untuk dicapai. Seiring berjalannya waktu beberapa perusahaan yang menjual emas batangan melakukan berbagai improvement salah satunya tabungan emas digital. Inovasi ini membuat investasi emas menjadi suatu investasi modal kecil ala pemula yang layak untuk dipilih. Hanya memerlukan uang senilai 50 ribu saja kamu sudah mendapat emas.

Cara kerja dari tabungan emas ini dimana para pengguna akan memiliki buku tabungan serta aplikasi, layaknya menabung uang di bank maka begitu pula cara menabung emas digital tersebut. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebut yaitu pegadaian, Dana, Tokopedia, dan lain sebagainya. Satu informasi yang wajib untuk diketahui bahwa emas tersebut dapat dicairkan sesuai dengan berat emas batangan yang dihasilkan perusahaan.

4. Deposito

Ingin memiliki menabung seperti pada umumnya? Deposito jawabannya. Deposito merupakan jenis layanan yang dikeluarkan oleh bank bagi nasabahnya yang ingin menabung namun juga mendapatkan keuntungan. Perbedaannya dengan menabung pada umumnya terletak pada bunga dan rentang waktu yang dimiliki.

Bunga yang akan diberikan biasanya lebih tinggi dari pada menabung pada umumnya dan juga nasabah akan dihadapkan pada rentang waktu yang telah ditentukan. Rentang waktu ini biasanya terdiri atas 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan lain sebagainya.

Peringatan! Bagi nasabah yang akan mengambil deposito sebelum waktu yang ditentukan akan mendapatkan denda. Bagi yang tertarik dengan investasi modal kecil ala pemula dalam kategori deposito ini sangat disarankan untuk mengunjungi bank yang pengguna inginkan sebab setiap bank memiliki bunga dan kebijakan yang berbeda-beda.

5. P2P Lending

Pastinya kamu bertanya-tanya mengenai keberadaan P2P Lending, bukan? Singkatnya P2P lending merupakan suatu investasi yang menyediakan jasa peminjaman. Proses yang terjadi pada P2P lending ini dimana ‘kita’ sebagai pemberi pinjaman/pemodal akan memberikan sejumlah dana kepada peminjam.

Uang pinjaman tersebut memiliki bunga yang telah ditentukan oleh perusahaan. Bunga tersebut lah yang menjadi keuntungan bagi pengguna. Bagi yang tertarik dengan jenis investasi dapat menggunakan aplikasi, seperti akulaku.

6. Obligasi Negara Retail

Adakah yang tahu dengan Obligasi Negara Retail?

Obligasi Negara Retail atau yang seringkali dikenal dengan ORI merupakan salah satu instrumen dari Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu masyarakat Indonesia. Pada dasarnya ORI ini dihadirkan untuk membantu keberlangsungan proyek-proyek yang diadakan oleh pemerintah Indonesia. Dengan demikian jika kamu berinvestasi ke dalam ORI maka kamu memiliki andil yang cukup besar dalam pembangunan negara Indonesia.

Jenis investasi ini menjadi salah satu investasi favorit dari generasi milenial dan Z. Hal ini karena investasi ini diadakan oleh pemerintah dan cukup menguntungkan melalui tingkat bunga yang cenderung tetap dan dibayarkan setiap bulannya. Modal yang perlu dikeluarkan pengguna minimal 1 juta. Bagi yang tertarik dengan ORI dapat mengunjungi situs resmi dari kementrian keuangan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

7. Barang Koleksi

Siapa sangka barang koleksi dapat dijadikan suatu investasi, nyatanya barang-barang antik yang merupakan warisan kakek nenek kita memiliki harga yang sangat fantastis. Bagi para kolektor yang mengincar maka mereka tidak akan sungkan-sungkan mengeluarkan uang yang banyak demi barang-barang tersebut. Tidak perlu barang antik, bisa saja barang limited edition dijadikan uang. Setiap barang memiliki harga yang tinggi pada orang yang tepat. 

Saran yang tepat bagi kamu yang memiliki sejumlah barang antik, tentunya, carilah barang yang ada di rumahmu dan saringlah yang menurutmu memiliki nilai tinggi, kemudian mulai cari-carilah pasaran harganya. Selain mendapatkan keuntungan maka kamu juga dapat membuat space yang cukup untuk barang dirumah.

8. Kurs Mata Uang

Investasi satu ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan deposito, perbedaan yang terjadi adalah pada kurs mata uang, rentang waktu dan keuntungan. Biasanya investasi jenis ini akan menggunakan dollar, berbeda dengan deposito yang menggunakan rupiah. Proses investasinya pun sama, layaknya menabung uang pada bank yang berbeda hanya pada mata uangnya saja. Selain itu keuntungan dari investasi kurs mata uang ini terletak dari nilai mata uang itu sendiri.

Pengguna yang memilih untuk melakukan investasi kurs mata uang ini akan mendapatkan 2 keuntungan yaitu traveling dan keuntungan nilai jual mata uang. Perlu di highlights bagian traveling. Mengapa? Seperti yang kita tahu bahwa hampir seluruh negara menggunakan dollar untuk transaksi secara internasional jika kamu tidak memiliki mata uang negara tersebut.

Dengan demikian secara tidak langsung investasi yang kamu lakukan dapat membawamu keliling dunia tanpa harus susah-susah untuk mencarinya terlebih dahulu. Bagi yang tertarik dengan investasi jenis ini dapat melakukannya secara tunai maupun di bank. 

Baca juga: 7 Keunggulan Investasi Saham Syariah yang Wajib Dipertimbangkan

Dari 8 jenis investasi modal kecil ala pemula yang direkomendasikan, apakah ada satu yang kamu sukai? 8 jenis investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti tabungan emas digital yang memiliki kecenderungan investasi aman. Namun, kekurangan dari jenis investasi ini dimana ia akan terakumulasi dengan harga emas yang berbeda-beda. Sesuaikan jenis investasi dengan portofolio yang kamu miliki!

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

HERO Tutup Semua Giant, Begini Kinerja 8 Saham Emiten Ritel Modern

Kabar mengejutkan datang dari sektor ritel modern. Terbaru, PT Hero Supermarket Tbk (HERO), mengumumkan bakal…

3 minggu ago

Merger Gojek – Tokopedia, 8 Emiten Saham Teknologi Langsung Cuan?

Setelah begitu ramai berhembus sejak April kemarin, akhirnya dua raksasa startup asal Indonesia takni Gojek…

3 minggu ago

Penting! Ini Cara Membedakan Saham Likuid dan Tidak Likuid

Bagi Anda para investor pemula yang ingin memulai investasi saham, pasti sudah pernah mendapatkan saran…

4 minggu ago

Investor Wanita dan Bagaimana Perkembangannya Saat Ini ?

Pada tanggal 21 April 2021 yang lalu adalah hari peringatan nasional yang kita kenal sebagai…

4 minggu ago

Mau Investasi Saham? Pahami Dulu Apa itu Bid dan Ask Serta Istilah Lain

Sebenarnya, pada saat kita bertransaksi saham di pasar sekunder (setelah IPO) kita bukan lagi hanya…

1 bulan ago

Daftar Saham Small Cap Cemerlang Calon Multibagger

Mengatur portofolio investasi dengan cermat adalah salah satu tugas seorang investor yang wajib di lakukan.…

2 bulan ago