Tertarik Investasi Aman? Ini Lho Tata Cara Pembelian SBN Ritel

Surat Berharga Negara atau yang biasa disebut dengan SBN, merupakan sebuah dokumen penting pemerintahan.

Meskipun berbentuk dokumen, tapi benda ini menjadi salah satu produk keuangan yang dapat dijadikan sebuah investasi. Bahkan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, SBN adalah aset investasi teraman yang cukup menjanjikan.

Tak dipungkiri lagi kalau saat ini investasi menjadi suatu usaha atau bisnis yang sedang ramai diperbincangkan.

Namun melihat kondisi ekonomi yang serba tak tentu, memilih aset investasi haruslah sangat teliti. Sebagai jawaban atas kecemasan-kecemasan itulah, SBN hadir untuk masyarakat.

Sebagai produk investasi yang diterbitkan sekaligus dijamin Pemerintah Republik Indonesia kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI), SBN menawarkan dua jenis utama yakni SUN (Surat Utang Negara) yang terdiri dari SBR (Savings Bond Ritel) dan ORI (Obligasi Negara Ritel), serta SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) yang terdiri dari ST (Sukuk Tabungan) dan SR (Sukuk Ritel).

Baca juga: Inspiratif! Inilah 10 Investor Perempuan Tersukses di Dunia

Ketika seseorang membeli salah satu seri SBN, maka artinya secara langsung berperan dalam pembangunan negara.

Di tahun 2020 ini, jika sesuai rencana maka Kemenkeu (Kementerian Keuangan) bakal menerbitkan enam seri SBN. Dimulai dari SBR009 (27 Januari), SR012 (24 Februari), ORI017 (23 Juni), SR013 (28 Agustus) dan rencananya bakal ada ST007 dan ORI018.

Khusus untuk penawaran SR013 sendiri, sudah resmi ditutup pada hari Rabu (23/9) kemarin. Namun dengan masih adanya dua seri SBN lain, ada baiknya Anda mulai mempelajari mengenai seluk-beluk SBR, supaya nanti jika sudah dimulai masa penawaran, Anda bisa langsung melakukan pembelian dan berinvestasi ke negara Indonesia.

Mengulik Secara Singkat SBN

perihal SBN © validnews
perihal SBN © validnews

Dokumen penting negara yang dapat dijadikan sebagai salah satu jenis investasi adalah SBN. Surat berharga negara ini merupakan sebuah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah pada tiap tahunnya.

Dokumen ini berguna untuk mendanai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia), tak hanya itu surat ini juga dapat memberikan keuntungan bagi para investornya.

Seluruh masyarakat Indonesia mampu dan bisa menjadi seorang pemodal atau investor dalam membantu pemerintah guna menjalankan programnya.

Dengan ikut membeli SBN sebagai bentuk investasinya, maka masyarakat Indonesia dapat mengembangkan dana yang dimilikinya. Investasi dengan surat berharga ini dapat dimulai dari angka yang terbilang minimum yakni sekitar Rp1 juta rupiah.

Oleh sebab itu, tidak heran berbagai kalangan banyak yang mencoba jenis investasi ini. Dikarenakan pembelian yang terkesan relatif murah membuat banyak kalangan minat untuk mencoba investasi ini dalam tiap tahunnya.

Berinvestasi dengan dokumen pemerintah ini dinilai telah aman dan terjamin. Dianggap investasi yang aman, SBN merupakan salah satu produk investasi yang ditawarkan langsung oleh pemerintah.

Seluruh keamanan dalam investasi ini telah dijamin dalam UU yang mengatur tentang surat berharga negara maupun otoritas jasa keuangan.

Perlu diketahui bahwa, keuntungan yang didapat dari investasi ini berasal dari pembayaran kupon yang telah Anda lakukan secara berkala. Ketika sudah jatuh tempo, maka penerbit akan langsung mengembalikan semua modal yang telah Anda berikan.

Pemerintah menerbitkan investasi ini, tentunya tidak sembarangan dan pastinya memiliki tujuan yang baik bagi negara dan rakyatnya.

Dengan diterbitkannya SBN sebagai alternatif sumber dana, yang mana digunakan untuk berbagai kebutuhan program pemerintah dalam rangka mensejahterakan rakyat-rakyatnya.

Dengan adanya dana-dana yang telah terkumpul dari SBN, akan langsung dipergunakan untuk mendanai berbagai program yang sudah direncanakan oleh pemerintah.

Biasanya, dimanfaatkan untuk pemerataan pembangunan nasional, pendidikan, kesehatan dan berbagai hal yang dapat menyejahterakan rakyat Indonesia.

Keuntungan Bila Melakukan Investasi Dengan SBN

Keuntungan Bila Melakukan Investasi Dengan SBN
keuntungan SBN ritel © katadata

Baca juga: Tips Ampuh Agar Jadi Perempuan yang Jago Investasi

Ketika terciptanya suatu investasi, tentu memiliki berbagai hal yang pastinya memberikan imbal balik yang sesuai.

Adanya layanan investasi yang diberikan pemerintah tentu menciptakan sebuah keuntungan bagi negara dan orang yang berinvestasi. Sama halnya apabila Anda melakukan investasi dengan SBN.

Berikut keuntungan yang akan didapat apabila telah berinvestasi dengan surat berharga negara, yakni :

1. Investasi Mudah Dilakukan dan Didapatkan

Jika berniat untuk melakukan investasi dengan SBN ini dapat mendaftar melalui online atau offline. Dan pastinya harus disesuaikan dengan preferensi yang ada.

Apabila mendaftar secara daring, saat ini telah banyak mitra pemerintahan yang telah menawarkan pembelian SBN hanya dengan menggunakan sebuah gawai. Lain halnya, bila ingin mendaftar secara laring maka langsung saja mendatangi lembaga keuangan yang ada di sekitar Anda.

2. Tingkat Risiko yang Rendah

Berinvestasi dengan dokumen penting pemerintah ini memiliki tingkat risiko yang terbilang rendah. Dapat dibilang rendah karena investasi ini telah dijamin oleh pemerintah, sehingga tidak perlu diragukan kembali mengenai keamanannya.

Perlu diingat bahwa, ketika mendaftar Anda harus memilih lembaga keuangan legal dan pastinya telah memiliki atau mendapatkan izin dari pemerintah sebagai mitranya.

3. Menggunakan Modal yang Terjangkau

Seperti yang telah dijelaskan di awal, melakukan investasi dengan jenis ini hanya perlu mengeluarkan dana yang cukup terjangkau.

Hanya dengan Rp1 juta rupiah, Anda sudah dapat memulai sebuah investasi dan mendapatkan imbalan hasil yang sesuai. Pastinya, investasi ini sangat cocok bagi Anda yang baru ingin memulai berkecimpung di dunia ini atau bahkan tak terlalu memiliki banyak modal.

Baca juga: Sukuk Ritel, Investasi Syariah Aman untuk Muslim Indonesia

4. Pajak yang DIberikan Lebih Rendah

Saat menggunakan jasa investasi ini, Anda hanya akan dikenakan pajak sebesar 15% dari total bunga yang akan didapatkan nantinya.

Tentu saja pajak yang diberikan tersebut jauh lebih kecil atau lebih rendah dibandingkan dengan deposito yang dapat mencapai sekitar 20%.

Cara Pembelian Atau Investasi SBN

Dalam pembelian SBN ini dapat dilakukan secara daring maupun laring. Cara pertama yang akan dibahas yakni membeli SBN secara laring.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendatangi lembaga keuangan legal terdekat di sekitarmu. Yang mana sudah menjadi sebuah atau salah satu mitra Bank Indonesia dalam menjual surat berharga negara.

Daftar bank yang telah menjadi mitra distribusi untuk SBN meliputi BCA, BNI, Mandiri, Permata, BRI, BTN, Maybank Indonesia, CIMB Niaga, Panin, OCBC NISP, DBS Indonesia dan HSBC Indonesia.

Tak hanya itu, juga terdapat perusahaan efek yang menjadi mitranya juga, yakni PT Trimegah Sekuritas Indonesia, PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas dan PT Bareksa Portal Investasi.

Cara Pembelian Atau Investasi SBN
cara pembelian SBN ritel © lifepal

Tak hanya dengan menggunakan cara offline, guna mempermudah masyarakat dalam mengakses atau membeli SBN.

Saat ini telah ada sebuah aplikasi bernama E-SBN. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat membeli sebuah investasi hanya dengan jaringan internet saja.

Oleh sebab itu, tidak ada alasan lagi untuk merasakan kesulitan bila ingin melakukan sebuah investasi. Kini, pemerintah telah bekerjasama dengan beragam perusahaan finansial lainnya.

Adapun cara-cara yang harus dilakukan untuk dapat membeli investasi SBN, antara lain :

1. Hal pertama yang dilakukan adalah memilih mitra distribusi alias midis sesuai dengan keinginan dan kepercayaan. Dan tak lupa untuk memastikan bahwa mitra tersebut telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

2. Daftarkan diri pada sistem elektronik yang telah disediakan mitra distribusi. Isilah data diri, nomor SID, nomor rekening dana hingga nomor rekening surat berharga.

3. Ketika sudah mengisi data yang diminta kemudian hubungi pihak mitra untuk membantu proses pendaftaran.

Baca juga: Inilah 10 Saham Perusahaan Milik Pengusaha Terkaya di Indonesia

4. Lakukan pemesanan SBN terlebih dahulu, disarankan untuk membaca syarat dan ketentuannya yang berlaku. Tak lupa perhatikan juga masa penawarannya apakah masih berlaku atau tidak.

5. Setelah diverifikasi oleh pihak mitra distribusi, maka calon investor akan mendapatkan sebuah kode pembayaran melalui SMS ataupun email. Kemudian lakukan pembayaran menggunakan kode yang telah diberikan dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Itulah penjelasan mengenai SBN atau Surat Berharga Negara mulai dari pengertiannya hingga cara membeli investasi yang ditawarkan.

Anda dapat melakukan investasi dengan SBN ini dikarenakan memberikan banyak keuntungan mulai dari dana awal yang terjangkau hingga risiko yang ada sangat kecil. Program investasi ini langsung ditawarkan dari pemerintah, sehingga tidak perlu diragukan lagi soal keamanannya.

Bagikan ;