Saham

Begini Cara Memilih Investasi Saham Syariah Terbaik

Masih banyak orang yang bingung bagaimana cara memilih investasi saham syariah terbaik yang menjanjikan, memang informasi pasar modal syariah masih minim jika dibandingkan dengan pasar saham konvensional.

Padahal saham syariah memiliki peluang tak kalah besar dalam mendatangkan banyak keuntungan, tidak kalah dengan saham konvensional yang terlanjur sudah lebih dikenal oleh masyarakat.

Terlebih sekarang ekonomi syariah di Indonesia sedang bergeliat maju dan semakin diminati oleh banyak orang, maka tak mengherankan jika kini banyak bermunculan investasi berbasis syariah di tanah air salah satunya adalah pasar modal.

Hal ini tentu sebuah gambaran yang menarik di pasar modal syariah mengingat selama ini saham syariah selalu dibayang-bayang saham berbasis konvensional.

Meski saat ini investasi saham syariah belum memiliki pilihan sebnayak investasi konvensional namun setidaknya saham syariah telah mengalami trend pertumbuhan yang menggembirakan.

Baca juga: 5 Pilihan Investasi Syariah Terbaik, Halal, Aman dan Menguntungkan

Lalu bagaimana cara memilih saham syariah terbaik? Nah kali ini kami akan memaparkan cara memilih saham syariah terbaik serta rekomendasi saham syariah tahun ini.

Update Terus Daftar Efek Syariah (DES)

Investor pada saham syariah tidak hanya menginginkan keuntungan belaka namun tentu saja mereka menginginkan juga mendapatkan pahala pada setiap transaksi di pasar modal syariah.

Dan untuk mendapatkan itu sebagai seorang investor Anda wajib memilih emiten yang masuk pada Daftar Efek Syariah (DES) karena di daftar tersebut telah seleksi lalu kemudian disahkan oleh OJK bersama dengan Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) sebagai emiten yang memegang prinsip syariah.

Maka sebagai seorang Investor Anda patut untuk memperhatikan emiten-emiten yang masuk dalam daftar tersebut sehingga invetasi Anda tidak melanggar prinsip syariah yang Anda inginkan.

Seperti halnya investasi konvensional investasi saham syariah juga memiliki indexnya sendiri, nah dari indekx ini Anda juga bisa melihat emiten terbaik yang bisa Anda pilih dalam berinvetasi.

Anda bisa melihatnya di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang diluncurkan sejak 12 Mei 2011. Selain ISSI, ada juga Jakarta Islamic Index (JII) yang merupakan daftar 30 efek syariah terdaftar di BEI yang paling likuid. Index saham syariah selanjutnya adalah Jakarta Islamic Index 70 (JII70) dimana berisi 70 saham syariah paling likuid di BEI.

Tentukan Tujuan Investasi

Untuk memilih invetasi saham syariah terbaik langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan investasi, jika Anda memilih investasi syariah banyak pihak cenderung merekomendasikan untuk tujuan jangka panjang.

Karena sepertihalnya investasi konvensional invetasi syariah juga sangat fluktuatif dalam pergerakannya,

Menentukan tujuan invetasi juga mutlak diperlukan karena dari tujuan tersebut Anda akan lebih mudah dalam merancang strategi atau langkah dalam menjalankan suatu investasi.

Selain itu dengan tujuan investasi yang jelas dapat meminimalkan risiko yang bisa terjadi karena Anda tahu berapa lama Anda akan investasikan uang Anda.

Kenali Kinerja Perusahaan

Sebagai calon investor disebuah perusahaan maka sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk mengenali kinerja perusahaan, hal ini tentu menjadi langkah penting supaya Anda tidak salah menanamkan modal Anda pada suatu perusahaan.

Cari profil perusahaan yang akan Anda pilih lalu kemudian lakukan analisa baik sejarah maupun kondisi keuangan perusahaan tersebut.

Jadi, sebelum memutuskan berinvestasi di investasi saham syariah terbaik mana, pastikan kamu sudah menganalisa potensi imbal balik dan resiko dari setiap perusahaan.

Sesuaikan dengan Modal Dana yang Anda Miliki

Dalam memilih perusahaan yang akan dijadikan invetasi bagi Anda, pilih perusahaan yang terjangkau disesuaikan dengan dana yang Anda miliki, karena beberapa perusahaan biasanya mematok harga saham tinggi.

Pilih saja perusahaan yang bisa mengakomodir modal yang Anda miliki saat ini, jangan tergoda oleh perusahaan yang sudah besar dan mapan yang biasanya mengajukan penawaran yang tinggi.

Dalam pasar modal tidak semua perusahaan yang besar dan mapan akan selalu menguntungkan asal kita pandai dalam menganalisi perusahaan, bisa bisa saja perusahaan yang dikatakan biasa saja dapat menghasilkan cuan yang tak terduga.

Selain menganalisa perusahaa Anda juga harus mengetahui siapa pemimpin perusahaan yang Anda akan pilih karena siapa yang memimpin perusahaan juga akan sangat mempengaruhi kinerje suatu perusahaan.

Kenali Saham-Saham Syariah Potensial

Tidak hanya pengetahuan saja yang mumpuni kalau Anda ingin sukses di pasar saham syariah Anda juga harus mengetahui saham saham syariah yang potensial, saham potensial yang fundamentalnya baik biasanya tergabung dalam saham blue chip.

Dalam pasar modal syariah yang banyak menjadi acuan untuk melihat saham blue chip adalah ISSI, lewat daftar emiten yang ada di ISSI itu bisa menjadi acuan bagi Anda dalam memilih saham syariah terbaik.

Ada beberapa saham syariah terbaik yang bisa kalian pilih salah satunya adalah emiten di sub sector perdagangan atau ritel.

Dimana pada sector ini mengalami perkembangan yang menggermbirakan pada beberapa bulan ini dengan valuasi yang semakin meningkat.

Rekomendasi Saham Syariah Terbaik

Memilih investasi saham syariah terbaik akan sangat berpengaruh pada kesuksesan Anda dalam pasar modal, tentu saja untuk mengalisa sebuah perusahaan memerlukan waktu, tapi tenang saja kami sudah merekomendasikan saham syariah terbaik bisa Anda pilih.

CPIN (PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk)

Rekomendasi saham

syariah terbaik yang pertama adalah PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam pembuatan pakan hewan, termasuk pakan unggas dan jenis yang lain.

Perusahaan ini memasarkan makanan olahannya di bawah beberapa merek, antara lain Golden Fiesta, Fiesta, Champ, dan Okey. Di samping itu, saham CPIN juga masuk ke dalam daftar indeks LQ 45 dengan saham yang likuid.

TLKM (Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Saham syariah terbaik selanjutnya adalah TLKM, iya siapa yang tidak tahu perusahaan yang satu ini, perusahaan TLKM merupakan salah satu perusahaan raksasa dalam bidang telekomunikasi.

Beberapa produk TLKM mungkin sudah akrab bagi Anda seperti layanan prabayar dengan merek simPATI, Kartu As, dan Loop. Perusahaan ini juga menjalankan bisnis e-money (uang elektronik) dengan nama merek T-cash.

Dari segi saham, Telkom berhasil mencapai kapitalisasi pasar hingga Rp382,82 triliun. Ditambah saham Telkom masuk ke dalam indeks LQ45 yang artinya saham mudah dibeli serta dijual atau disebut dengan likuid.

MYOR (Saham Mayora Indah Tbk)

Saham syariah terbaiki selanjutnya adalah emiten dari PT Mayora Indah. Perusahaan dengan kode saham MYOR.

Produk produk dari MYOR juga pastinya sudah akrab dengan Anda, seperti biscuit Roma, Kopiko, beng beng, Choki-choki, Torabika, dan Energen dan masih banyak yang lainnya

MYOR mencatatkan kapitalisasi pasar sebesar Rp57,91 triliun. Tidak heran jika keuangan Mayora cukup baik dari tahun ke tahun melalui pendapatan yang dicatat mencapai Rp24 triliun di tahun 2018.

Itulah beberapa cara memilih investasi saham syariah terbaik, selain melakukan analisa secara fundamental ada beberapa cara juga yang harus kita lakukan, tentunya cara tersebut sudah kami uraikan di atas.

Baca juga: Belajar Saham: Pengetahuan Umum dan Seluk Beluk Saham Syariah

Memilih saham syariah sebagai invetasi pada saat ini sangtalah menjanjikan mengingat pertumbuhan iklim berbasis syariah yang terus tumbuh di Indonesia selain itu saham syariah juga tentunya aman dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Hal ini tentu saja semakin membuat seseorang lebih nyaman dalam berinvestasi di pasar modal selain menjanjikan invesasi syariah juga halal dalam prekpektif syariah.

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

Pahami Perbedaan Antara ETF dan Reksa Dana

Baru – baru ini Bursa Efek mengeluarkan catatan transaksi investasi ETF yang mengalami peningkatan selama…

4 hari ago

Kebangkrutan Evergrande Dan Dampaknya Bagi Pasar Saham

Pasar global kembali geger dengan fenomena Evergrande yang berpotensi gagal bayar hutang perusahaan. Evergrande hari…

2 minggu ago

Cara Beli Saham Netflix, Starbucks, Disney di Bursa Amerika

Tertarik dengan saham-saham luar negeri khususnya di Bursa Amerika? Apakah kita yang ada di Indonesia…

2 minggu ago

Mengintip Pergerakan Saham-Saham LQ45 ‘Termahal’ di BEI

Bagi Anda yang sudah terbiasa menjelajahi pasar modal seperti BEI (Bursa Efek Indonesia) misalnya, saham-saham…

3 minggu ago

Mengenal Robot Trading Yang Lagi Disoroti BAPPEBTI

Baru – baru ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengumumkan telah memblokir banyak situs…

3 minggu ago

Profil 8 Emiten Perusahaan yang Listing IPO Pada Bulan September

Pada awal September 2021, ada 8 emiten perusahaan yang baru listing IPO di Bursa Efek…

4 minggu ago