Categories: Investasi

Aman dan Terpercaya! Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok Untuk Pemula

Kesadaran masyarakat Indonesia tentang dunia investasi kini semakin bertambah, nampaknya mulai banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya investasi guna  menciptakan keadaan finansial yang semakin baik di masa depannya.

Ditopang juga dengan kemudahan cara berinvestasi yang semakin mudah sehingga turut mendorong orang juga tertarik dalam dunia investasi.  Investasi tidak hanya untuk orang yang sudah mapan saja namun juga bagi siapa saja yang memiliki tujuan untuk hidup sejahtera di masa depan.

Telah banyak orang atau buku yang telah membahas akan pentingnya investasi di era sekarang dan itu bukti bahwa kamu tidak perlu lagi ragu dalam berinvestasi, hal tersebut juga bisa menjadi acuan bagi kamu untuk melakukan investasi sedari  sekarang. Meski nyatanya masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya investasi .

Terlebih bagi anak muda di Indonesia, investasi masih dikatakan barang mewah karena menset yang masih terbangun bahwa investasi hanyalah untuk orang-orang yang sudah mapan dan perpenghasilan besar. Oleh karenanya masih banyak anak muda yang belum mau untuk berinvestasi pada sektor apapun.

Padahal menurut Wharton Pension Research Council dalam penelitiannya mengatakan bahwa, seseorang perlu menyisihkan 40% dari penghasilannya untuk mempersiapkan masa depan. Sayangnya, rata-rata generasi muda saat ini justru hanya menyisihkan 10%, bahkan ada yang sama sekali tidak memikirkan investasi.

Hal ini tentu mengkhawatirkan dan bisa membawa anak muda pada ketidakmapanan financial dikemudian hari, beruntunglah kamu yang membaca artikel ini karena kamu mulai sadar akan pentingnya investasi sedari muda.

Karena investasi di zaman sekarang bulan lagi milik orang orang tua saja dengan kemudahan teknologi dan dana yang terjangkau kamu sebagai anak muda juga bisa memulai investasi dari sekarang, oleh karenanya kamu wajib menyisihkan pendapatanmu untuk berinvestasi dalam sektor apapun yang kamu mau. 

Terlebih sekarang kamu dimudahkan dengan hadirnya aplikasi investasi yang bisa menuntunmu untuk berinvestasi secara nyaman, platform aplikasi tersebut juga terbilang aman karena sudah terugasi oleh OJK dan pihak yang terkait, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk memilih aplikasi investasi yang dianggap cocok dengan tujuanmu.

Tingkat kesadaran berinvestasi yang sangat rendah ini berpotensi membawa generasi muda pada ketidakmapanan finansial. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mulai menyisihkan 40% penghasilan untuk dana darurat, tabungan dana cair, hingga investasi.

Dan bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi kini telah banyak hadir aplikasi investasi yang memudahkanmu dalam berinvestasi apapun itu, dan aplikasi ini sangat membantu sebagai pemula. Berikut adalah 7 aplikasi investasi terbaik untuk pemula kamu yang bisa menjadi pilihanmu dalam berinvestasi:

1. Aplikasi Investasi Bibit

Mungkin dari kalian sudah tidak asing lagi dengan jenis aplikasi investasi yang satu ini, ya aplikasi Bibit, aplikasi yang cukup popular di Indonesia yang sudah banyak digunakan baik oleh investor pemula maupun yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi.

Tidak mengherankan karena aplikasi yang satu ini dianggap mudah dalam menggunakannya, selain itu juga Bibit memberikan banyak pilihan investasi yang bisa dikatakan lengkap, mulai dari reksadana, pasar saham, hingga obligasi. Tidak hanya itu jika kamu lebih tertarik investasi berbasis syariah lewat aplikasi ini juga bisa kamu berinvestasi melalui Bibit.

 Aplikasi Bibit juga memberikan kemudahan berinvestasi bagi para penggunaanya karena bisa membayarnya dengan mudah seperti melalui gopay atau LinkAja, membayar mudah dan cara menggunakannya pun mudah maka tak jarang Bibit menjadi aplikasi yang banyak dipilih orang untuk bertransaksi investasi di Indonesia.

2.  Aplikasi investasi Tanamduit

Aplikasi yang cocok bagi pemula selanjutnya adalah Tanamduit, ada beberapa alasan mengapa aplikasi tanamduit menjadi pilihan banyak orang salah-satunya jelas kemudahan dalam menggunakannya.

Selain itu juga Tanamduit sudah teregulasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman dan kamu tidak perlu khawatir, Dari sisi keamanan, Tanamduit adalah marketplace yang paling aman, karena setiap kali masuk aplikasi harus login, sedangkan yang lainnya layaknya aplikasi social media biasa.

Ada empat jenis investasi yang diunggulkan dalam aplikasi ini yaitu reksadana, SBN, asuransi dan emas. Sehingga cocok nih bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam keempat jenis investasi itu untuk menggunakan aplikasi investasi Tanamduit.

Aplikasi Tanamduit juga menggunakan desain yang bagus sesuai dengan kesukaan anak muda maka sangat cocok bagi anak muda untuk menggunkan aplikasi Tanamduit yang lebih suka dengan corak warna yang beragam.

3. Aplikasi Investasi Stash

Stash mungkin masing asing bagi kalian namun aplikasi investasi yang satu ini ternyata tidak kalah popular jika dilihat dari orang yang telah menggunakan aplikasi yang satu ini, Stash merupakan sebuah aplikasi investasi dari perusahaan teknologi keuangan dan layanan keuangan Amerika yang berbasis di New York, NY.

Perusahaan ini mengoperasikan platform web dan aplikasi seluler, yang memungkinkan pengguna untuk berinvestasi dalam jumlah kecil secara bertahap. Pada musim panas 2017, ada sekitar 1 juta pengguna, jumlahnya kian tahun terus berkembang menjadi lebih dari 5 jutan pengguna.

Stash merupakan aplikasi investasi yang baik untuk pemula karena cara kerjanya yang mudah dipahami, dengan desain yang sederhana akan memudahkan kamu untuk menggunakan aplikasi investasi ini.

Setiap menu dalam aplikasi seperti ETF (Exchange Traded Fund, dana investasi yang diperjualbelikan di pasar modal) diatur dalam berbagai kategori sehingga mudah untuk menemukan perusahaan yang nilai valuasinya sesuai dengan minat kamu.

Dengan perlbagai kemudahan yang ditawarkan maka aplikasi investasi ini tak jarang banyak yang menyukai khususnya bagi pemula karena dengan hadirnya aplikasi stash dianggap memudahkan bertransaksi investasi khusunya bagi pemula.

4. Aplikasi Investasi LandX

Kebanyakan aplikasi investasi hadir dengan tawaran investasi seperti reksadana, emas hingga saham berbeda dengan LandX mereka memungkinkan juga untuk kamu yang ingin berinvestasi properti.

Di aplikasi LandX kamu bisa berinvestasi di sector property hanya dengan uang 3 jutaan, uang yang relatif kecil mengingat investasi properti dikenal sebagai salah-satu jenis investasi yang memerlukan modal besar.

LandX.id dikelola oleh PT Numex Teknologi Indonesia dan sudah teregulasi oleh OJK, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 37/POJK.04/2018 tentang Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding).

5.  Aplikasi Investasi Bareksa

Aplikasi investasi yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah Bareksa, bareksa merupakan salah-satu investasi yang begitu popular di Indonesia dan cocok bagi pemula karena menawarkan kemudahan dalam penggunaanya.

Selain itu juga bareksa menawarkan banyak pilihan investasi yang bisa dilakukan lewat aplikasinya seperti reksadana, surat berharga negara, emas, hingga umrah, sehingga cocok bagi pemula yang ingin mencoba berinvestasi.

Keunggulan dari aplikasi yang satu ini juga memberikan informasi akan seluruh produk dijelaskan secara detail baik keunggulan maupun risikonya, termsuk juga pergerakan harganya sehingga sangat membantu bagi pemula dalam bertransaksi.  

6. Aplikasi Investasi Ajaib

Lewat aplikasi investasi Ajaib kamu bisa memulai investasi hanya dengan 10 ribuan lewat perlbagai pilihan jenis investasi yang kamu inginkan seperti reksadana atau pasar saham. Sehingga cocok bagi pemula yang masih terkendala modal dalam berinvestasi.

Dari segi cara menggunakan aplikasi investasi ini juga termasuk salah-satu yang termudah, karena terdapat banyak informasi serta panduan serta rekomendasi investasi sehinga sangat membantu pemula yang baru mulai berinvestasi.

Selain itu aplikasi ajaib juga menyediakan pelbagai fitur yang dibutuhkan seperti adanya fitur notifikasi waktu terbaik mengenai jual beli saham, fitur tersebut jelas sangat membantu bagi pemula yang akan bertransaksi saham guna memaksimalkan pendapatan dan tentunya menekan risiko kerugian.  

7. Aplikasi Investasi KoinWorks

KoinWorks adalah merk dari PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks), yang merupakan penyelenggara layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi, atau Peer to Peer (P2P) Fintech Lending Indonesia, yang terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor registrasi S-1862/NB.111/2017, 27 April 2017.

Secara sederhana aplikasi Koinworks mempertemukan antara pemodal dan pencari modal yang mebutuhkan pinjaman dengan sistem peer to peer. Untuk besaran investasi pada setiap sektor beragam tergantung dari bidang bisnis yang kamu pilih.

Invetasi peer to peer ini (P2P) ini belakang mulai popolar khusunya bagi pemula yang baru terjun pada dunia investasi, maka tak mengherankan jika yang memilih investasi ini semakin hari semakin bertambah.

Baca juga: Mulai Dari Sekarang! Ini Dia Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Itulah 7 aplikasi investasi yang cocok bagi pemula, selain aman dan terpercaya serta memudahkan bagi penggunanya hadirnya aplikasi investasi ini juga menarik banyak orang untuk berinvestasi dengan pelbagai kemudahan dan tawaran yang diberikan untuk penggunanya.

Selain mudah aplikasi investasi  ini juga sangat membantu bagi pemula karena juga memberikan informasi serta bimbingan dalam berinvestasi secara tepat. Ingat investasi penting, jadi mulai berinvestasilah sekarang juga!.

Bagikan ;
Share
Published by
Prasetio

Recent Posts

Ini 8 Investasi Modal Kecil Mulai dari 100 Ribuan, Cocok Bagi Pemula!

Jika mendengar kata investasi maka yang akan terpikirkan adalah sesuatu yang memiliki nilai keuntungan. Hal…

2 minggu ago

HERO Tutup Semua Giant, Begini Kinerja 8 Saham Emiten Ritel Modern

Kabar mengejutkan datang dari sektor ritel modern. Terbaru, PT Hero Supermarket Tbk (HERO), mengumumkan bakal…

3 minggu ago

Merger Gojek – Tokopedia, 8 Emiten Saham Teknologi Langsung Cuan?

Setelah begitu ramai berhembus sejak April kemarin, akhirnya dua raksasa startup asal Indonesia takni Gojek…

3 minggu ago

Penting! Ini Cara Membedakan Saham Likuid dan Tidak Likuid

Bagi Anda para investor pemula yang ingin memulai investasi saham, pasti sudah pernah mendapatkan saran…

4 minggu ago

Investor Wanita dan Bagaimana Perkembangannya Saat Ini ?

Pada tanggal 21 April 2021 yang lalu adalah hari peringatan nasional yang kita kenal sebagai…

4 minggu ago

Mau Investasi Saham? Pahami Dulu Apa itu Bid dan Ask Serta Istilah Lain

Sebenarnya, pada saat kita bertransaksi saham di pasar sekunder (setelah IPO) kita bukan lagi hanya…

1 bulan ago